Pantai Sendiki Malang : Harga Tiket, Lokasi, Daya Tarik

Pantai Sendiki – Indonesia memang terkenal mempunyai beragam objek wisata yang bisa di kunjungi baik siang hari ataupun malam hari. Objek wisata yang di hadirkan mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata edukasi, sampai wisata mistik sekalipun. Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan tempat wisatanya adalah kota Malang.

Kota Malang selain terkenal dengan tempat wisata edukasi dan wisata sejarahnya, juga memiliki wisata alam yang tak kalah populer di kalangan wisatawan. Seperti wisata alam Pantai Sendiki.

Baca Juga : Bukit Pengilon Yogyakarta : Harga Tiket, Lokasi

Pesona Pantai Sendiki Malang

Pantai Sendiki Malang

Pantai merupakan salah satu wisata alam yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di kota Malang. Sebab, kota Malang terkenal dengan banyaknya pantai-pantai antik dan eksotis dan memiliki garis pantai yang mempunyai panjang sampai 77 km. 

Hal ini juga sejalan dengan data Pemerintah Daerah Kabupaten Malang yang menyatakan setidaknya teerdapat 14 Pantai yang berada di kota Malang dn dikelola oleh masyarakat maupun pemerintahnya.

Salah satu objek wisata Pantai yang harus kamu kunjungi ketika berada di kota Malang adalah Pantai Sendiki. Pantai ini memiliki suasana alam yang asri dan pasir berwarna putih. Selain itu, pantai ini juga masih sepi pengunjung, sehingga masih terjaga kealamiannya.

Jika kamu mencari pantai yang masih sepi pengunjung, maka kamu bisa mencoba mengunjungi pantai sendiki Malang. 

Harga Tiket Masuk Pantai Sendiki

Pantai Sendiki Malang

Tiket masuk Pantai Sendiki ini terbilang sangat terjangkau, yaitu kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000,- saja per orang. Sengan tiket masuk yang sangat ramah kantong itupun, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai  yang masih jarang terjamah itu.

Namun jika kamu ingin menginap, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- saja. Adapun fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola pantai sendiki ialah toilet/kamar mandi, tempat camping, mushola, dan warung makan. 

Pastinya semua fasilitas-fasilitas tersebut selalu dirawat oleh pengelola tempat wisata itu demi kenyamanan para pengunjungnya.

Baca Juga : Air Terjun Munduk Buleleng : Lokasi, Harga Tiket, Spot Foto

Rute Menuju Lokasi Pantai Sendiki

Jika kamu ingin berkunjung di Pantai Sendiki, lokasinya terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Selain pantai ini, di desa Tambakrejo ini juga memiliki satu pantai lagi yang bisa kamu kunjungi juga, yaitu dua Pantai Tamban.

Jarak antara pantai ini dengan pantai tamban yaitu sekitar 2 km. Jika kamu ingin pergi ke kawasan pantai sendiki dari kot Malang, kamu bisa menempuh perjalanan sejauh 68 km. Dan waktu yang kamu butuhkan selama perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam lamanya.

Sebaiknya jika kamu ingin mengunjungi pantai ini agar membawa kendaran pribadi, sebab di daerah sekitar masih belum ditemui adanya kendaraan umum yang bisa dinaiki. Dari kota malang, dilanjutkan menuju Pakishaji dan lanjut ke Kapanjen dan Gondanglegi.

Kemudian kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Turen dan akan tiba di Sumbermanjing Wetan. Di daersan sana kamu tinggal mengikuti jalur menuju pantai Tamban yang berada di daerah Tambakrejo. Lalu, kamu akan bertemu jalanan menurun dan tiba di pertigaan.

Di pertigaan jalan inilah kamu diarahkan untuk belok ke kiri sampai bertemu pos kamling, dan beloklah ke arah kanan. Nah, sayangnya setibanya di pos kamling ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda sua saja, sebab jalanan yang sempit.

Jika kamu membawa mobil atau kendaraan roda empat lainnya, kamu bisa menitipkannya di warga sekitar. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika melewati jalanan yang sempit ini, sebab jalanan tersebut sedang dalam kondisi rusak dan licin ketika selesai diguyur hujan. Untuk menuju ke pantai ini, kamu bisa berjalan kaki sejauh 3 km.

Objek Wisata di Pantai Sendiki

Pantai Sendiki Malang

Terdapat beberapa objek wisata yang bisa kamu dapatkan selama berkunjung di Pantai Sendiki, yaitu:

1. Menikmati Pesona yang Masih Asri

Pantai sendiki yang terletak di pesisir selatan Jawa dengan ombak yang cukup besar, kurang tepat jika dijadikan tempat untuk berenang meskipun memiliki air yang jernih. 

Meski begitu, selama kamu berada di pantai ini kamu bisa dengan leluasa menikmati pesona alam yang dihadiahkan pantai sendiki untuk para pengunjungnya. Kamu juga masih bisa bermain air di tepian pantai. 

Selain itu, disekeliling pantai terdapat hutan yang lebat yang menjadikan pantai sendiki ini tidak terlalu panas di siang hari, sehingga bisa menjadikan kamu betah berlama-lama disana.

2. Pasir Putih

Meski memiliki akses lokasi yang dirasa lumayan sulit bagi sebagian pengunjung, pantai sendiki menyimpan banyak objek yang cukup memukau. Karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, otomatis kondisi pantai sendiki ini masih sangat alami dan asri. 

Pasir pantai yang dimilikinya pun berwarna putih cantik. Ditambah dengan bebatuan yang menjadikan tempat ini semakin layak untuk dikunjungi untuk berlibur.

3. Mengetahui Mitos Menarik

Menurut mitosnya, konon yang menemukan pantai ini ialah empat orang sahabat. Kemudian mereka saling berbagi lahan yang ditandai dengan tancapan patok kayu sebagai lahan mereka masing-masing. 

Kabarnya, Mbah Singo Lelono menjadi orang terakhir yang menancapkan patok kayu sebagai penanda lahan pantai miliknya. Namun, karena Mbah Singo Lelono ini masih bingung yang mana lahannya, ia pun bertanya kepada para sahabatnya dengan menggunakan bahasa Jawa “Punyaku seng ndi ki?

Pertanyaan Mbah Singo Lelono itupun disebut-sebut sebagai asal mula penamaan Pantai ini. Kamu juga bisa menemukan makam dengan nama “Singo Lelono’ yang berada di sebelah kiri pantai sendiki. Pastinya mitos ini semakin menarik jika kamu mencaritahunya lebih dalam.

4. Berkemah

Salah satu pantai yang masih sepi pengunjung, pasti akan sangat seru jika kamu mengadkan perkemahan disana. Sebab akan terdapat banyak titik yang terletak cukup jauh dari bibir pantai sendiki yang bisa kamu jadikan untuk tempat mendirikan tenda.

Jika kamu tidak ingin ribet membawa tenda dari rumah, di pantai ini juga sudah menyediakan tempat penyewaan tenda bagi yang memerlukan. 

Kamu bisa menyewa tenda disana dengan harga Rp. 75.000,- yang bisa muat 4 sampai 5 orang didalam tenda. Namun jika kamu membawa tenda sendiri dari rumah, kamu akan dikenakan biaya Rp. 20.000,- untuk biaya menginap di pantai.

5. Homestay

Ketika kamu yang tidak suka berkemah tetapi ingin menikmati keindahan pantai sendiki lebih lama lagi, kamu bisa menggunakan homestay yang telah disediakan di pantai tersebut.

Baca Juga : Itinerary Jogja untuk Keluarga 3 Hari 2 Malam yang Menyenangkan

Tentu dengan tinggal di homestay setempat akan menjadi salah satu pengalaman yang sulit untuk dilupakan dan pastinya akan berkesan.

Demikian ulasan yang bisa kamu baca seputar tempat wisata Pantai Sendiki. Ketika sendang berada di kota Malang, sempatkan untuk mengunjunginpantai ini karena kamu akan disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan yang cukup epic dan menyegarkan mata.