Bukit Pengilon Yogyakarta : Harga Tiket, Lokasi

Bukit Pengilon – Jika kamu ingin berwisata di kota Jogja tapi budget minim, jangan khawatir. Sebab kamu akan bisa menikmati destinasi wisata murah dengan pemandangan yang tak kalah  memukau dan spektakuler. 

Untuk destinasi wisata murah  ini bernama Bukit pengilon. Tempat ini masih belum banyak diketahui oleh para wisatawan , tapi tak sedikit pula foto-foto yang berasal dari tempat wisata ini sudah mejeng di banyak media sosial. 

Kalau kamu penasaran seperti apa gambaran tempat wisata Bukit ini, kamu bisa simak ulasan pada artikel berikut.

Baca Juga : Pantai Siung Yogyakarta : Harga Tiket, Lokasi, Daya Tarik

Mengenal Destinasi Wisata Bukit Pengilon

Bukit Pengilon Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal kota Jogja. Kota yang terkenal dengan banyaknya tempat-tempat wisata kekinian dan bersejarah. Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kali ini adalah Bukit Pengilon. 

Bukit ini meruakan destinasi wisata yang berdekatan dengan Pantai Siung Yogyakarta. Bukit ini memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri yang berbeda dari bukit-bukit lainnya. Jika kamu mengunjungi bukit ini, kamu akan terpukau dengan keindahan laut lepas yang bisa kamu lhat dari atas puncak bukit. 

Selain itu, pemandangan disekeliling bukit membentang padang rumput hijau yang masih terjaga kealamiannya dan pepohonan rindang yang menambah kesejukan dan keasrian tempat wisata Bukit ini. 

Disana kamu juga akan melihat beberapa hewan ternah milik warga sekitar yang sedang merumput di kawasan Bukit ini. Kondisi alamnya masih sangat bersih dan terjaga. Sebab, masih banyak orang yang belum tahu keberadaan tempat wisata Bukit Pengilon yang didalamnya menyimpan banyak pemandangan yang bisa disaksikan. 

Dijamin ketika kamu datang ke Bukit Pengilon ini suasananya seperti bukit yang tak terjamah manusia, alias masih sangat terjaga kealamiannya. 

Lokasi Bukit Pengilon Jogja

Bukit Pengilon Yogyakarta

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Bukit Pengilon ini, kamu bisa dengan mudah menemukan lokasinya. Adapun lokasi Bukit Pengilon terletak di Dusun Wates. Dusun ini berada di salah satu dusun yang ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y). 

Letak Bukit ini tidak terlalu jauh dari Pantai Siung yang ada di bagian timur. Jadi sebelum kamu naik ke bukit pengilon, kamu juga bisa mampir terlebih dulu untuk menikmati keindahan pantai yang terletak di kaki bukit ini. 

Ketika berlibur kesini, kamu bisa mendapat dua destinasi wisata sekaligus, yaitu Bukit Pengilon dan Pantai Siung. Sangat menyenangkan, bukan?

Baca Juga : Wisata Malam Taman Lampion Jogja

Rute Menuju Ke Bukit Pantai Pengilon

Untuk menuju ke lokasi Bukit ini dirasa cukup mudah untuk dijangkau. Ketika kamu dari arah Jogja, kamu akan menumpuh perjalanan sekitar 80 kilometer. Jika menggunakan kendaraan umum, diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 jam. Tapi, jika kamu ingin cepat sampai, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil.

Jika kamu berangkat dari Jogja naik Bus, kamu harus berangkat dengan bus jurusan Jogjaa-Wonosari. Kemudian kamu akan diberhentikan di terminal. Lalu dilanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot dengan jurusan Wonosari-Tepus. 

Setelah Sampai di daerah Tepus, kamu harus lanjut lagi perjalanan dengan menggunakan jasa ojek menuju ke arah pantai siung. Jangan lupa untuk menawar harga agar bisa lebih hemat, ya!

Namun jika kamu berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa langsung mengambil rute ke arah Pantai Wediombo. Kemudian kamu akan melewati portal retribusi dan kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke kanan menuju Pantai Lumbung. 

Setelah itu, kamu tinggal mengikut jalan sampai di parkiran Pantai Watu Lumbung, dan kamu bisa memarkirkan kendaraanmu disana. Sebab akses untuk kendaraan hanya bisa sampai sana saja. Untuk menuju ke Bukit Pengilon, kamu harus berjalan kaki.

Keindahan Alam di Bukit Pengilon 

Bukit Pengilon Yogyakarta

Selama berjalan kaki menuju ke bukit ini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat menyegarkan mata dan menakjubkan dari arak kiri dan kanan. Terdapat hamparan padang rumput yang hijau segar cukup untk menemani sepanjang jalan menuju ke puncak bukit pengilon.

Pemandangan di sebelah Barat adalah hamparan Pantai Siung dan Pantai Banyu Nibo yang tampak memukau dengan air laut yang biru. Di sebelah selatah terdapat pemandangan berupa hamparan pantai pasir putih yang sngat terlihat jelas selama berjalan menuju puncak bukit ini.

Tak hanya itu saja, kamu masih disuguhi dengan pemandangan berupa laut lepas Samudera Hindia, dan apabila kamu beruntung maka kamu akan dapat melihat kapal-kapal yang melintas sepanjang perairan itu, loh! 

Keindahan alam yang tersaji membuat lelah yang kamu rasakan selama berjalan kaki menuju puncak bukit akan hilang dan terbayarkan. Sebab kamu tidak akan merasa sia-sia berkunjung disini. Jangan lupakan kameramu untuk merekam semua momen yang sangat seru selama di bukit ini, ya! 

Kamu juga sangat bisa untuk mengeksplor dan menjelajah spot-spot foto yang instagramable dan kekinian untuk di unggak ke sosial mediamu. Pasti liburanmu kali ini di Bukit Pengilon Jogja akan sangat berkesan. 

Bukit ini juga sangat cocok dikunjungi jika kamu sudah suntuk dan jenuh dengan pekerjaanmu, kamu bisa menenangkan diri dan menyegarkan mata di bukit pengilon ini. Bahkan agar liburanmu lebih seru dan menyenangkan, kamu bisa mengajak teman-temanmu atau pasanganmu untuk naik ke bukit ini bersama-sama dan menikmati pemandangan dari atas bukit sambil mengobrol santai.

Harga Tiket Masuk Bukit Pengilon

Bukit Pengilon Yogyakarta

Ketika kamu ingin naik ke Bukit Pengilon ini, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 5.000,- saja, loh! Yang terpenting, kamu harus menyiapkan perbekalan sebelum naik ke bukit ini, seperti makanan dan minuman, atau kebutuhan lain yang dirasa perlu kamu bawa. 

Sebab pada tempat wisata bukit pengulon ini belum tersedia fasilitas apapun, jadi kamu harus berjaga-jaga untuk membawa barang-barang yang sekiranya kamu butuhkan selama di atas bukit.

Adapun waktu terbaik bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Bukit Pengilon ini ialah pada saat pagi atau sore hari. Disarankan jangan naik ke bukit waktu matahari sedang terik-teriknya. Sebab akan sangat mlelahkan dan menjadikan kulit gosong. Namun jika terpaksa naik pada waktu siang hari, maka disarankan untuk memakai jaket untuk melindungi kulit dari paparan matahari di siang hari yang sangat terik. Kamu juga sebaiknya pakai sunblock sebelum naik, kecuali jika kamu sengaja menghitamkan kulitmu.

Baca Juga : Air Terjun Munduk Buleleng : Lokasi, Harga Tiket, Spot Foto

Selain dijadikan sebagai tempat memanjakan mata oleh para wisatawan, Ternyata pmcak bukit ini juga seing dipakai untuk area Camping Ground. Kegiatan ini kedengarannya sangat menarik untuk kamu coba jika kamu memiliki banyak waktu. Ketika berkemah di tempat ini, kamu akan mendapatkan pmandangan dua kali lipat lebih bagus di bukit pengilon ini, sebab kamu akan mengetahui pemandangan dari pagi sampai malam hari.

Itulah ulasan mengenai wisata Bukit Pengilon yang bisa kamu datangi untuk mengisi weekend mu. Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?