5 Pemandian Air Hangat Ungaran. Bikin Ketagihan Datang Lagi

Ungaran terkenal sebagai salah satu daerah penghasil belerang sejak dulu. Sumber belerang berasal dari air panas akibat proses vulkanik yang berlangsung ribuan tahun yang lalu. Air panas ini banyak di manfaatkan oleh orang. Salah satunya, jadi objek pemandian air hangat Ungaran.

Ternyata, air panas yang berasal dari gunung Ungaran ini menghasilkan banyak objek wisata air hangat yang bertumbuh dan menjamur. Wisata iar ini menawakan sesuatu yang berbeda dari objek wisata lainnya, yaitu berendam air hangat, menghilangkan capek dan lelah, terapi alami dengan berendam  dalam air panas. Asyik dan menarik, bukan?

Apa itu pemandian air panas? Pemandian air panas adalah pemandian uyang airnya hangat atau panas. Air ini bersumber dari pegunungan penghasil belerang atau bersumber dari sumur yang airnya memang asli panas.

Ada banyak wisata air yang terdapat di Ungaran. Pemandian air panas apa namanya? Simak pembahasannya dalam artikel yang penulis sajikan berikut ini.

Pemandian Air Panas Derekan

Pemandian air hangat Ungaran yang pertama itu adalah pemandian air panas Derekan. Tempat pemandian air panas kuno yang lestari hingga sekarang adalah pemandian air panas Derekan. Pemandian ini berlokasi di Jl. Ke desa Derekan, Derekan Timur, Pringapus, kec. Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa tengah, Kode Pos 50214.

Menurut sejarahnya, pemandian ini sudah berumur ribuan tahun, tepatnya sejak masa pemerintahan dinasti Sanjaya. Pembangunan pemandian ini bersamaan dengan pembangunan candi Ngempon, yaitu tempat ibadah umat Hindu yang lokasinya dekat dengan petirtaan Derekan.

Awal-awal, pemandian ini tempat khusus untuk mandi bangsawan. Mulai dari raja, ratu, putri raja serta pejabat negara. Seiring dengan berjalannya waktu, pemandian ini menjadi wisata umum yang menarik karena memiliki nilai-nilai sejarah.

Baca juga: 12 Kolam Renang Mewah Di Dunia. Nomor 7 Ada di Indonesia

Fasilitas Kolam Renang

Terdapat 2 kolam pemandian, kolam khusus perempuan dan khusus laki-laki:

Kolam Perempuan

Untuk mencapai kolam ini, Anda perlu turun melalui anak tangga yang nampak curam.  Ukuran kolam ini tak terlalu luas, hanya mampu menampung beberapa orang saja. Terdapat wadah penampungan air kolam kecil untuk merendam kaki.

Para pengunjung hanya diperkenankan menikmati sensasi kolam ini satu jam saja. Salah satu alasannya karena kolam ini menghasilkan uap belerang yang baunya tajam dan menyengat. Bila terlalu lama berendam, berefek pusing dan sakit kepala.

Kolam Laki-laki

Letak kolam khusus laki-laki ini ada di sebelah kanan kolam perempuan. Pada kolam khusus laki-laki ini tidak terdapat kolam yang khusus untuk merendam kaki.  Sama seperti kolam perempuan, pengunjung laki-laki yang ingin sampai ke kolam ini perlu turun melalui beberapa tangga.

Terdapat dua kolam yang memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Kolam bagian atas kedalamannya mencapai pinggang orang laki-laki. Sedangkan kolam bagian bawah kedalamannya mencapai dada orang dewasa. Pada bagian sisi kolam ini terdapat dinding beton yang bermanfaat untuk bersandar saat mandi dan berendam.

Air kolam ini bersumber dari gunung Ungaran yang hangat dan cenderung panas. Air ini dipercaya banyak orang sebagai wasilah untuk penyembuhan, terapi dan mengatasi berbagai macam penyakit.

Pemandian Air Panas Diwak

Lokasi permainan air panas Diwak ini terletak di Diwak RT.6/RW.1 Kalisari, Kalisari, Karangjati, kec. Bergas, kabupaten Semarang, Jawa Tengah Kode Pos 50552. Sebenarnya pemandian ini tak terlalu besar, hanya mampu menampung beberapa orang saja.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke pemandian ini, Anda cukup membayar Rp3.000 dan bisa menikmati mandi air hangat. Lokasi pemandian ini dihiasi tanaman bunga yang indah. Air kolamnya memiliki kadar belerang yang tinggi, suhu hangat dan nyaris panas.

Kondisi air ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati sensasi air hangat untuk meregangkan otot dan menghilangkan rasa lelah, letih setelah beraktivitas sehari-hari.

Pemandian Air Hangat Umbul Roso

Kolam ini berlokasi di dusun Kasuran – desa Sumber Arum – kecamatan Tempuran – Magelang. Datang ke lokasi ini menimbulkan sensasi yang luar biasa. Betapa tidak, kolam ini menghasilkan tekanan air yang kuat sehingga mampu menghasilkan sensasi pijat-pijat pada kaki dan tubuh Anda.

Banyak orang yang datang ke pemandian ini hanya untuk melakukan terapi pijat-pijat tadi itu.

Awal mula kolam pemandian ini berasal dari sumur yang dibuat oleh warga sekitar. Ternyata, sumurnya mengeluarkan air yang hangat dan cenderung panas. Maka, air ini dimanfaatkan untuk mengaliri dan mengisi kolam renang dan bisa ramai seperti sekarang ini.

Tiket Masuk

Untuk bisa masuk dan menikmati sesnsai air hangat umbul roso anda perlu merogoh kocek 10.000 tiap orang.

Pemain Pemandian Air Panas Guci

Guci termasuk salah satu pemandian air panas yang menarik. Terletak di kaki gunung Slamet. Suhunya mencapai 410 derajat celcius. Berada pada ketinggian 1300 mdpl. Suhu panas air di sini mampu menghalau suhu dingin yang mendominasi.

Terletak di jalan objek wisata guci Kalengan Guci Bumijaya Tegal Jawa Tengah Indonesia Jam Buka Operasional

Objek wisata pemandian air panas Guci buka 24 jam. Sehingga kapanpun anda sampai, Anda bisa langsung masuk dan melakukan reservasi.

Tiket Masuk

Untuk bisa masuk dan menikmati sensasi air hangtnya, Anda perlu membayar Rp8.500 sampai 9.500. Parkir kendaraan 5000 parkir motor  2000

Kelebihan

Salah satu kelebihan kolam ini, yaitu banyak dikunjungi orang sehingga Anda tak merasa sendirian. Bukan hanya itu, saat Anda mandi, Anda akan merasakan sensasi air hangat layaknya terapi air di rumah sendiri.

Saat mandi, Anda akan merasakan relaksasi pikiran tenang, damai dan bahagia. Banyak yang membuktikan bahwa mandi dan berendam di sana mampu menghilangkan pusing kepala dan badan terasa berat. Semua akan segar kembali saat perjalanan pulang.

Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti

Pemandian air panas ini terletak di desa Sidomukti – Jimbaran – Kecamatan Bandungan – Kabupaten Semarang – Jawa Tengah.

Berendam di sini akan membuat Anda ketagihan karena setelah berendam tubuh Anda akan terasa nyaman, pegal-pegal mulai hilang. Bukan hanya itu, ada suguhan alam yang indah yang membuat siapa pun datang ke sana akan merasa betah untuk berlama-lama.

Tiket Masuk

Untuk bisa masuk dan menikmati sensasi air hangat di sini, Anda perlu merogoh kocek Rp5000 hingga Rp10.000.

Terdapat juga wahana wisata yang menyenangkan dan Anda perlu menambah biaya Rp130.000 hingga Rp470.000. Sajian wahana wisata ini antara lain adalah flying fox, ATV dan marie Bridge.

Penutup

Pemandian air hangat ungaran menjadi primadona banyak wisatawan domestic. Mereka tak hanya datang dari Semarang saja tetapi banyak juga yang datang dari luar daerah. Kedatangan mereka karena merasa penasaran dengan objek wisata air panas yang popular ini.

Mereka membayangkan, betapa asyiknya bisa berendam air hangat dan menikmati sensasi air hangat ini bersama pasangannya. Tentu, rasanya seperti mandi sauna dan ada sensasi seperti dipijat pada bagian kaki dan tubuh Anda.

F&Q Tentang Pemandian Air Panas

Ada orang yang merasa takut mandi di pemandian air panas. Ini pertanyaan yang sering muncul terkait dengan pemandian air panas. Antara lain:

Berapa waktu ideal untuk mandi dan berendam dalam air panas ini?

Waktu ideal mandi air panas hanya 10 sampai 20 menit saja. Sangat tidak dianjurkan berendam melebihi waktu itu karena bisa berakibat buruk bagi tubuh.

Mengapa pusing setelah berendam air panas?

Saat mandi air panas, tekanan darah menjadi turun sebab panas air kolam bisa melebarkan pembuluh darah sehingga terkadang bisa membuat Anda merasa pusing.

Apa fungsi berendam air hangat?

Berendam air panas mampu membuat tubuh Anda lebih rileks dan menghilangkan beban pikiran. Hal tersebut juga membantu membuat tidur Anda lebih nyenyak. Air panas juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi.