Air Terjun Munduk Buleleng : Lokasi, Harga Tiket, Spot Foto

Wisata alam merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi saat ingin menenangkan pikiran. Dari banyaknya pulau di Indonesia, Bali adalah destinasi terbaik untuk dijadikan tempat tujuan

wahidila

Air Terjun Munduk Buleleng

Wisata alam merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi saat ingin menenangkan pikiran. Dari banyaknya pulau di Indonesia, Bali adalah destinasi terbaik untuk dijadikan tempat tujuan wisata terutama saat liburan. Nah, kali ini, artikel ini akan memberikan rekomendasi wisata Air Terjun Munduk yang wajib kalian kunjungi saat berada di daerah Bali.

Air Terjun Munduk Buleleng ini adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Pulau Bali dengan ciri khas keindahannya. Objek wisata ini berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, tepatnya di Kabupaten Buleleng, Bali. Karena letak wisata ini yang berada di daerah Desa Munduk inilah yang menyebabkan wisata ini dinamakan Air Terjun Munduk.

Baca Juga : Itinerary Bali untuk Keluarga yang Pertama Kali Berkunjung

Keunikan Dan Pesona Wisata Alam Air Terjun Munduk Buleleng Bali

Air Terjun Munduk Buleleng

Saat mengunjungi wisata alam ini kalian tidak hanya menemukan satu lokasi air terjun saja melainkan tiga tempat air terjun. Ketiga air terjun tersebut, antara lain Air Terjun Golden Valley, Air Terjun Munduk, dan Air Terjung Laangan atau yang biasa dikenal dengan Air Terjun Melanting.

Adanya beberapa spot air terjun tersebut disebabkan jarak lokasi dari ketiga air terjun tersebut sangat berdekatan. Hal inilah yang membuat kalian harus mengunjungi Air Terjun Munduk dan mencoba melihat di beberapa spot air terjun sekitarnya.

Selain adanya tiga buat air terjun, pesona yang ditawarkan oleh air terjun ini adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah perkebunan kopi dan cengkeh yang sangat luas. Sehingga, kalian juga secara langsung dapat menikmati peandangan indah dari perkebunan tersebut.

Tak hanya itu, kalian juga dapat mandi dan berendam di air terjun ini karena ketinggiannya hanyalah sekitar 20 meter sehingga masih aman jika digunakan untuk mandi. Hal ini dikarenakan tempat di bawah air terjun tersebut tidak berbatu dan cukup luas yang didukung dengan kontur tanah yang landau.

Uniknya, air yang mengalir dari Air Terjun Munduk Buleleng ini memiliki kandungan mineral layaknya belerang atau yang disebut sulfur. Oleh karena itulah, air yang ada di wisata alam ini dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit bahkan juga untuk menjaga kulit kita agar tetap awet muda.

Spot Foto Terbaik Di Wisata Alam Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk Buleleng

Spot atau tempat terbaik untuk berfoto ria di wisata alam ini cukup banyak. Bahkan, hampir di setiap sudut objek wisata alam ini dapat dijadikan sebagai spot foto yang mendukung apalagi untuk diunggah di akun sosial media kalian. Selain itu, posisi air terjun yang diapit oleh tebing tinggi ini membuat banyak tumbuhan hijau yang tumbuh sehingga menambah indah pemandangan wisata alam ini.

Baca Juga : Butuh Transportasi Liburan di Bali? Sewa Mobil Saja

Akses Dan Jarak Tempuh Lokasi Wisata Air Terjun Munduk

Letak wisata alam Air Terjun Munduk ini berada di kawasan Kabupate Bulelng yang ada di daerah Bali Utara. Biasanya, para pengunjung atau wisatawan yang ingin berkunjung menginap terlebih dahulu di kawasan wisata Bali Selatan seperti Canggu, Seminyak, Kuta, dan sebagainya sehingga biasanya jarak ke Air Terjun Munduk ditempuh selama 3 jam.

Akan tetapi, jika kalian ingin berkunjung dan menempuhnya dari Kota Singaraja, kemungkinan kalian akan menempuh sekitar 34 kilometer dengan kisaran waktu tempuh selama 1 jam tentunya lebih dekat daripada kalian berangkat dari beberapa tempat di wilayah Bali Selatan.

Untuk menuju ke objek wisata alam ini, kalian juga dapat memilih untuk naik dua transportasi, yaitu sepeda motor dan mobil. Tidak perlu khawatir jika kalian berasal dari luar Pulau Bali, kalian dapat menyewa kendaraan karena di sana banyak yang membuka jasa penyewaan kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil.

Tak hanya itu, kalian juga bisa mengunjungi wisata alam lain yang lokasinya berdekatan dengan Air Terjun Munduk ini, seperti Kebun Raya Bedugul Tabanan, Danau Beratan Bedugul, dan wisata lainnya yang juga sangat recommended untuk kalian kunjungi.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung Dan Jam Operasional

Agar mendapat pengalaman terbaik, kalian perlu memperhatikan jam – jam terbaik kapan mengunjungi wisata alam Air Terjun Munduk. Karena lokasi wisata alam ini berada di daerah pegunungan yang ketinggiannya kurang lebih 900 meter dari permukaan laut, membuat objek wisata alam ini memiliki curah hujan yang tinggi meskipun di musim kemarau.

Untuk menghindari kehujanan saat berlibur ke Air Terjun Munduk, kalian dapat memilih bulan yang tepat, yakni di sekitar bulan Juni hingga bulan Oktober tepatnya di pagi hari di sekitaran pukul 07.00 WITA karena peluang hujan cukup rendah di pagi hari.

Setelah menemukan bulan terbaik untuk mengunjungi wisata alam ini, kalian juga perlu mengetahui jam operasional wisata Air Terjun Munduk ini. Wisata ini buka setiap hari mulai dari pagi hari pukul 07.00 WITA hingga malam hari di pukul 22.00 WITA.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Yang Tersedia

Air Terjun Munduk Buleleng

Jika kalian pergi berlibur ke Pulau Bali, maka tentu wajib hukumnya untuk menyempatkan berkunjung ke wisata alam ini. Karena selain harga tiket masuknya yang sangat murah, wisata alam ini juga masih sangat alami karena masih sepi pengunjung. Oleh karena itulah, wisata alam ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mencari ketenangan.

Untuk memasuki objek wisata alam Air Terjun Munduk ini, kalian hanya perlu membayar sejumlah 3000 rupiah saja per orangnya, khususnya untuk yang dewasa. Sedangkan, untuk anak – anak, wisata alam ini hanya mematok harga tiket masuknya sejumlah 1500 rupiah saja. Dengan harga tiket masuk yang sangat affordable ini, pemandangan air terjunnya sangat layak untuk dinikmati.

Meskipun harga tiket masuknya yang sangat murah, kalian juga tidak perlu khawatir akan tidak adanya fasilitas yang dapat kalian akses. Di wisata alam ini, tentu juga telah menyediakan beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan dan kebutuhan para pengunjungnya, meskipun beberapa dari fasilitasnya saat ini mungkin masih dalam tahap pembangunan.

Baca Juga : Pesona Pantai Kuta yang Menjadi Wisata Favorit Wisatawan

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh wisata alam ini, antara lain warung – warung, kamar mandi, tempat parkir, dan beberapa yang lain. Jika kalian ingin benar – benar menikmati keindahan wisata alam ini maka kalian bisa berkunjung di selain hari weekend untuk mengatasi ramainya pengunjung agar kalian juga dapat menikmati kedamaian di wisata alam ini.

Nah, cukup sampai di sini penjelasan review wisata alam Air Terjun Munduk yang ada di Buleleng, Bali. Semoga penjelasan dalam artikel ini dapat membantu kalian yang ingin berlibur di Bali, terutama ingin menjelajahi pemandangan alam yang ada di Pulau Bali.

Originally posted 2023-01-07 23:45:23.

Tags

Related Post