Pantai Jungwok Gunung Kidul : Lokasi, Harga Tiket & Spot Foto

Apakah kalian pernah mendengar Pantai Jungwok? Mungkin sekilas mirip dengan nama seorang idol K-Pop, namun ternyata lokasi pantai ini bukanlah di Korea, lho! Jika kalian sedang berlibur di daerah Yogyakarta, maka Pantai ini adalah salah satu rekomendasi obyek wisata alam Yogyakarta yang wajib kalian kunjungi sebelum ke pantai lainnyaa!

Memiliki nama yang cukup unik dan berbau negara Korea, Pantai Jungwok ini ternyata sama sekali tidak memiliki kaitan dengan negeri tersebut. Terletak di daerah Gunung Kidul, pantai ini memiliki pemandangan yang indah tak jauh dengan pantai – pantai yang ada di Gunung Kidul lainnya.

Karena banyaknya pantai yang indah, Kabupaten Gunung Kidul dijuluki sebagai Kota 1001 pantai. Namun, dari banyaknya pantai yang membentang di daerah ini, Pantai Jungwok merupakan pantai pilihan yang wajib kalian kunjungi karena ciri khas keindahan pantainya.

Baca Juga : Air Terjun Way Lalaan Lampung : Daya Tarik, Harga Tiket

Sekilas Tentang Asal Mula Pantai Jungwok Gunung Kidul

Pantai Jungwok Gunung Kidul

Nama pantai ini diambil dari fenomena letusan Gunung Manjung ratusan juta tahun lalu yang menyebabkan gunung tersebut menjadi krowok atau berlubang. Nah, dari fenomena inilah muncul kata Jungwok yang dijadikan sebagai nama pantai ini.

Akan tetapi, ternyata ada pendapat dari cerita warga setempat yang menyebutkan bahwa asal dari nama Pantai Jungwok ini berawal dari sebuah kapal yang biasa disebut dengan Jung di sekitaran pantai. Sayangnya, informasi terkait pendapat ini kurang rinci dan masih tidak jelas kapan tepatnya peristiwa tersebut terjadi.

Selain unik namanya, ada juga cerita misteri terkait Pantai Jungwok yang masih dipercaya oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan beberapa kali kerap terjadi pada pengunjung yang datang ke pantai tersebut sebuah peristiwa yang di luar nalar mereka.

Adanya kisah mistis ini tentu di setiap tempat akan selalu ada. Oleh karena itulah, kita perlu selalu menjaga perilaku dan sikap kita agar tidak merugikan diri kita sendiri dan juga orang lain serta mencegah hal – hal yang tidak diinginkan terjadi. Akan tetapi, di luar dari sisi mistis ini, masih banyak pengunjung yang berbondong – bondong datang untuk menikmati keindahan Pantai Jungwok ini.

Karakteristik dan Daya Tarik Wisata

Pantai ini dikenal dengan daya tarik pemandangan lautnya yang memikat banyak wisatawan. Memiliki garis pantai yang melengkung sehingga membentuk sebuah cekungan, menjadikan pantai ini disebut dengan jungwok.

Pantai ini sangatlah unik karena memiliki tak hanya satu aliran air tawar saja melainkan tiga aliran air tawar sekaligus. Aliran air tawar inilah yang nantinya bermuara ke laut sehingga menyebabkan pantai ini terbelah menjadi tiga bagian.

Tak hanya itu, di Pantai Jungwok ini juga terdapat sebuah pulau kecil yang menghiasi pantainya. Salah satu icon utama dari pantai ini adalah bebatuan karang yang besar dan indah yang terletak hanya beberapa meter dari pesisir pantai. Uniknya bebatuan karang ini juga memiliki julukan, yaitu Watu Topi.

Karena uniknya batu karang tersebut, tak jarang banyak wisatawan yang suka menjadikan tempat tersebut menjadi spot untuk berfoto bahkan juga memancing. Pulau kecil yang menghiasi pantai ini juga sering kali dijadikan sebagai latar untuk berfoto pengunjung karena membuat pemandangan Pantai Jungwok menjadi lebih indah.

Selain daya tarik yang memikat ini, kalian juga harus tetap wapada dengan derasnya ombak pantai. Tak hanya itu, kalian juga harus dapat menjaga sikap dan tingkah laku kalian saat berada di pantai ini untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan.

Rute dan Akses Menuju Lokasi Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Gunung Kidul

Pantai ini terletak di daerah Gunung Kidul, tepatnya di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Kota Yogyakarta. Karena letaknya yang berada di kawasan Gunung Kidul inilah yang membuat pantai ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah dari pantai Gunung Kidul lainnya.

Untuk menuju wisata pantai ini, kalian dapat menempuh jarak kurang lebih sekitar 78 km dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu sekitar 120 menit menggunakan kendaraan baik roda dua atau roda empat. Sebenarnya, ada banyak rute menuju pantai ini, namun di artikel kali ini kami akan memberikan panduan rute dari arah Yogyakarta.

Saat kalian memulai perjalanan dari arah Yogyakarta, kalian dapat menuju ke arah jalan Bausasran dan terus lurus hingga sampai di SMA Negeri 8 Jogja. Dari SMAN ini, kalian dapat terus lurus sampai bertemu PLN Jogja. Selanjutnya, kalian dapat mulai berjalan mengikuti Jalan Nasional III dan II kemudian Jalan Yogyakarta – Wonosari.

Setelah melewati jalan tersebut, kalian dapat menuju ke Jalan Kiyai Legi lalu terus melaju hingga sampai di jalan yang menuju ke arah Pantai Selatan dan Pantai Wediombo serta Pantai Jungwok. Tak jauh dari jalan tersebut, kalian akan menemukan papan penunjuk yang akan membantu mengarahkan kalian untuk sampai di kawasan Pantai ini.

Jika kalian masih bingung mengikuti arahan tersebut, kalian tidak perlu merasa khawatir karena kalian dapat mengikuti petunjuk melalui Google Maps. Namun, jika masih kurang paham terkait arah jalannya, kalian juga bisa bertanya kepada masyarakat sekitar untuk arah menuju Pantai Jungwok.

Baca Juga : Wisata Bukit Klangon Sleman : Harga Tiket & Daya Tarik

Fasilitas yang Disediakan

Pantai Jungwok Gunung Kidul

Karena pantai ini yang sudah cukup dikenal banyak wisatawan, fasilitas yang disediakan oleh pantai ini cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut antara lain, kamar mandi, warung – warung, tempat duduk yang cukup banyak untuk pengunjung, dan juga tempat untuk parkir kendaraan.

Meskipun fasilitas yang disediakan masih sangat apa adanya, kalian tidak akan menyesal saat mengunjungi pantai ini karena keindahannya. Walaupun pantai ini sudah dikenal banyak orang, suasana di pantai ini masih sangat alami karena pantai ini tidak ramai pengunjung.

Spot Foto Terbaik di Pantai Jungwok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Jungwok ini memiliki keindahan pemandangan laut yang sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto kalian. Tak hanya dari satu sudut pandang saja, pantai ini tetap terlihat indah dari sudut pandang mana saja.

Apalagi, adanya pulau kecil yang berdiri di tengah pantai namun tak jauh dari pesisir itu membuat pemandangan pantai jadi lebih cantik dan menawan. Kalian juga dapat berfoto ria di batu – batu karang tebing yang ada di sisi pantai bahkan juga berfoto di tempat duduk yang terjajar rapi di tepi pantai.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk 

Pantai Jungwok Gunung Kidul

Baca Juga : Bukit Pengilon Yogyakarta : Harga Tiket, Lokasi

Pantai Jungwok ini beroperasi setiap hari, yakni dari hari Senin hingga hari Minggu selama 24 jam. Oleh karena itu kalian bisa berkunjung ke pantai ini kapan saja. Sementara itu, untuk HTM pantai ini kalian hanya perlu membayar Rp 5.000 saja tapi belum termasuk biaya parkir, ya!