Wisata Bukit Klangon Sleman : Harga Tiket & Daya Tarik

Mungkin bagi sebagian orang masih asing ketika mendengar nama Bukit Klangon. Bisa jadi orang-orang lebih mengenal Bukit Indah Glagahrejo, sebab bertempat di Desa Glgarhrejo. Bukit ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata untuk menikmaati pemandangan dari atas bukit.

Meskipun bukit ini masih sepi pengunjung, namun keindahannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang suka mendaki.Bukit ini merupakan kawasan tertinggi yang dihuni oleh warga di daerah tersebut. 

Bila kamu tertarik mengunjunginya, simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan informsi lebih lengkap seputar Harga tiket masuk, rute,dan lokasi Bukit Klangon.

Baca Juga : Pantai Sendiki Malang : Harga Tiket, Lokasi, Daya Tarik

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Wisata Bukit Klangon Sleman

Agar kamu bisa menikmati keindahan pemandangan dan kesejukan udara dari atas bukit, kamu hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau. Begitupun jika kamu ingin berkemah di bukit ini, kamu juga tidak akan dikenakan tarif yang mahal, kok! Harga tiket masuk Bukit Klangon, yaitu:

  • Tiket Masuk untuk Kunjungan Umum : Rp. 4.000,-/orang
  • Tiket Masuk Camping : Rp. 15.000,-/orang

Tetapi untuk hari biasa kamu bisa masuk secara gratis. Harga tiket yang tercantum berlaku bagi pengunjung yang datang di akhir pekan atau hari libur.

Jika kamu ingin camping di bukit ini, terdapat beberapa syarat yang harus kamu patuhi, diantaranya : 

  • Sebelum camping kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu 
  • Ketika kamu tiba di tempat lokasi bukit wilangon, kamu harus melakukan pendaftaran ulang
  • Camping hanya bisa kamu lakukan di area Bukit 
  • Pengunjung yang camping dilarang mengambil kayu bakar sembarangan
  • Tidak diperbolehkan untuk membunyikan suara peluit, klakson, sirine, dan sejenisnya ketika sedang camping
  • Tidak boleh membuang sampah sembarangan dn merusak fasilitas yang ada di bukit
  • Pengunjung yang melakukan camping tidak boleh memicu atau menimbulkan keributan

Itulah syarat-syarat yang harus dipatuhi bagi pengunjung yang ingin melakukan kegiatan camping di Bukit Klangon. Jika melanggar persyaratan yang sudah ditentukan, maka akan mendapatkan sanksi.

Jam Operasional Bukit Klangon

Wisata Bukit Klangon Sleman

Ketika berkunjung kesini tidak memiliki jam operasional. Sebab wisata Bukit Klangon ini akan buka dari pagi sampai malam hari. Sehingga bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini akan bisa datang kapanpun. 

Baca Juga : Bukit Pengilon Yogyakarta : Harga Tiket, Lokasi

Kegiatan Wisata Bukit Klangon

Sangat hampa dan membosankan jika kamu berkunjung ke suatu tempat tetapi tidak melakukan kegiatan apapun. Tapi tenang saja, sebab ketika kamu mengunjungi tempat wisata bukit ini kamu dapat melakukan beberapa aktivitas atau kegiatan yang menyenangkan dan seru. 

Terdapat beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Bukit Klangon, diantaranya: 

1. Menikmati Keindahan Bukit Klangon

Bukit ini terletah di ketinggian kurang lebih 1.100 meter yang berada dipermukaan laut. Kondisi inilah yang mengakibatkan daerah bukit ini memiliki udara yang sejuk dan cenderung cukup dingin. Jika kamu berkunjung kesana, sebaiknya kamu harus mengenakan pakaian yang tebal jika tidak ingin kedinginan selama di atas bukit.

Dari puncak bukit, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan pekebunan warga dan banyak tanaman yang subur. Didukung dengan keberadaan pepohonan yang rindang seolah menjadi pagar alam di bukit klangon.

Selain itu, kamu juga bisa melihat puncak Gunung Merapi yang berdiri dengan kokoh seakan menjadi objek terindah di balik puncak bukit.

Bukit Klangon ini mulai menjadi objek wisata pada tahun 2011 dengan menawarkan spot foto yang tak kalah indah dengan backgorund alami. Pemandangan Gunung Merapi juga terlihat jelas di mata para pengunjung dari atas bukit klangon. 

Namun jika cuaca sedang berkabut pada siang hari, kamu tidak bisa maksimal dalam menikmati panorama keindahan gunung merapi yang sungguh menakjubkan.

Spot foto lainnya yang bisa kamu dapatkan yaitu pemandangan lembah yang ada di bukit tersebut yang membuat fotomu tampak memukau.

Selain itu juga terdapat objek wisata di kawasan bukit klangon yang dijadikan sebagai hutan konservasi. Objek ini juga biasanya digunakan untuk sebuah penelitian.

2. Bersepeda Downhill

Selain menikmati pemandangan yang bisa dilihat dari atas bukit, kamu juga bisa bersepeda downhill di bukit tersebut. Ketika bersepeda dikawasan ini, kamu bisa puas adu ketangkasan dengan sepeda yang cukup menantang ini. 

Didukung dengan kondisi tanah yang naik turun yang menjadikan tantangan tersendiri bagi para pengunjung yang bersepeda di bukit klangon. Ada juga di beberapa tempat yang memiliki lintasan menukik dan tajam. Hal ini membuat adrenalimu akan sangat terpacu.

Seringkali di tempat ini juga diadakan event bersepeda dari kota Jogja menuju ke arah bukit klangon. Peserta event tersebut tentu saya mereka yang memiliki hobi bersepeda downhill. 

Tampaknya sangat seru jika kamu mencoba hal-hal baru di bukit ini. Pasti akan menjadikan pengalaman yang sangat berharga yang tercipta selama berkunjung di bukit ini.

3. Mendaki Bukit dan Tracking

Ketika ingin menuju ke arah bukit, otomatis pengunjung harus mendaki agar bisa sampai ke puncak. Tidak membutuhkan waktu yang lama, mendaki disini bisa ditempuh dalam waktu singkat saja. Bahkan bisa ditempuh oleh anak-anak sekalipun.

Terdapat beberapa satwa langka yang hidup di kawasan hutan konservasi yang ada di sekitar area bukit klangon. Satwa yang bisa ditemui disana adalah burung madu gunung, burung kepondang, burung alap-alap jawa, musang, bahkan monyet sekalipun.

Sambil mendaki untuk menuju puncak bukit, pengunjung akan ditemani oleh pemandangan di sekeliling bukit berupa aktivitas gunung merapi. Karena jarak bukit ini dengan gunung merapi hanya 4 sampai 5 kilometer saja.

4. Berkemah/Camping di Bukit Klangon

Selain bersepeda dan mendaki, kamu bisa melakukan kegiatan berkemah di atas bukit. Disana kamu bisa menemukan tempat yang landai dan cocok digunakan untuk mendirikan tenda dan bermalam di bukit klangon. 

Ketika pagi hari kamu bisa melihat pemandangan dari puncak bukit dan merasakan sensasi suasana pagi hari yang dingin, ditambah lagi alunan suara burung-burung berkicau dan hewan ternak warga cukup untuk menyambut suasana pagi hari di bukit klangon. 

Sedangkan untuk suasana di malam hari, kamu bisa menikmati pemandangan berupa suasana langit malam bertabur bintang dan kelap kelip lampu-lampu yang berasal dari rumah penduduk yang ada di bawah bukit. 

Suasana berkemah itupun pastinya akan sangat berkesan dan tidak akan terlupakan. Apalagi jika kamu melakukan kegiatan berkemah bersama dengan teman-teman, sahabat, atau rekan kerja pasti akan sangat seru dan menyenangkan.

Lokasi Bukit Klangon

Wisata Bukit Klangon Sleman

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi bukit ini, kamu bisa menuju ke lokasi Kawasan wisata di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Lokasi ini cukup mudah untuk di temukan. Dan apabila kamu masih kebingungan arah menuju kesana, kamu bisa menanyakannya kepada warga sekitar. 

Baca Juga : Air Terjun Munduk Buleleng : Lokasi, Harga Tiket, Spot Foto

Itulah ulasan mengenai wisata Bukit Klangon. Untuk kamu yang ingin berkunjung kesana, sebaiknya persiapkan semuanya dengan baik, ya!