Air Terjun Way Lalaan Lampung : Daya Tarik, Harga Tiket

Air Terjun Way Lalaan merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat populer di daerah Lampung. Nah, di artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan terkait review wisata alam Air Terjun sebagai salah satu rekomendasi destinasi wisata alam yang wajib kalian kunjungi saat berlibur.

Wisata alam Air Terjun Way Lalaan ini harus menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi saat berada di daerah Lampung karena keindahan pesona pemandangannya. Wisata ini terletak di Kaki Gunung Tanggamus yang ada di Lampung dengan keistimewaanya yang memiliki fasad bertingkat.

Alamat lengkap wisata alam ini terletak di daerah Desa Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur, tepatnya di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Uniknya, konon adanya Air Terjun ini telah ditemukan sejak zaman dahulu kala, yaitu saat masa penjajahan Belanda.

Daya Tarik Dan Pesona Wisata Alam Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan

Wisata alam Air Terjun Way Lalaan ini memiliki nama yang berasal dari daerahnya, yaitu Lampung yang memiliki makna sebagai berikut. Kata ‘waya’ diartikan sebagai sebuah sungai, sedangkan kata ‘lalaan’ berarti bermuara, tepatnya bermuara ke Teluk Semangka.

Berbeda dengan air terjun kebanyakan, Air Terjun ini memiliki tumpahan air terjun dengan ketinggian sekitar 11 meter. Tak hanya itu, air terjun ini juga tak hanya memiliki satu lokasi air terjun saja, melainkan dua lokasi yaitu Air Terjun Way Lalaan 1 dan Air Terjun Way Lalaan 2.

Di kawasan Air Terjun Way Lalaan 1 ini, kalian akan menjumpai adanya batu – batu yang memiliki ukuran cukup besar. Tak hanya itu, air yang mengalir dari air terjun ini menuju ke arah sungai kecil dan sungai tersebut dapat dijadikan sebagai tempat berenang untuk para pengunjung karena tidak cukup dalam.

Di sungai kecil tersebutlah, biasanya para pengunjung sering menghabiskan waktu di sana untuk berendam dan menyegarkan badannya. Nah, uniknya air dari sungai kecil ini nantinya akan menuju ke Air Terjun Way Lalaan 2.

Selain dari keindahan yang disajikan oleh wisata alam ini, Air Terjun Way Lalaan ternyata juga memiliki beberapa mitos yang dipercaya oleh warga setempat. Beberapa dari mitos tersebut adalah terdapatnya air mata bidadari yang ada di celah bebatuan air terjun ini.

Meskipun kurang diketahui bidadari mana yang dimaksud, namun orang – orang mempercayai bahwa jika membasuh wajah dengan air tersebut nanti wajah kalian akan menjadi tambah cantik dan tampan.

Rute Dan Jarak Tempuh Menuju Lokasi

Air Terjun Way Lalaan

Letak wisata alam Air Terjun Way Lalaan yang tidak jauh dari pusat kota, maka kalian hanya perlu menempuh sekitar 8 km saja dari Kota Agung, atau kurang lebih selama 1,5 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Namun, setelah sampai di lokasi wisata ini, kalian juga masih memerlukan tambahan waktu sekitar 15 menit jika ditempuh dengan sepeda motor untuk bisa sampai di air terjunnya.

Spot Foto Terbaik

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke wisata alam ini, kalian tidak perlu khawatir akan spot foto yang kurang mendukung untuk diunggah ke sosial media. Hal ini dikarenakan hampir di semua sisi yang ada di wisata alam ini semuanya dapat kalian jadikan sebagai latar belakang foto kalian karena memiliki keindahannya sendiri.

Kalian dapat mencoba mengeksplor beragam sudut pandang dalam gaya foto kalian atau mencoba untuk berfoto di kedua lokasi air terjun tersebut. Tak hanya berfoto menikmati keindahan air terjunnya aja, kalian juga dapat mengeksplor perkebunan yang ada di sekitarnya dan mengambil foto terbaik kalian.

Jam Operasional

Air Terjun Way Lalaan

Kalian dapat mulai berkunjung ke wisata Air Terjun Way Lalaan Lampung ini mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00. Namun, untuk info jam operasional wisata ini kalian juga harus lebih sigap untuk mencari kabar terbarunya jika sewaktu – waktu jam bukanya berubah.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata ini, kami menyarankan untuk dikunjungi saat weekday yakni di hari Senin hingga hari Jumat karena di weekend atau di hari Sabtu dan Minggu wisata alam ini selalu ramai pengunjung. Kalian juga bisa memilih untuk datang di waktu pagi hari karena pengunjung yang masih sepi dibandingkan di siang atau sore harinya.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Yang Tersedia

Harga tiket masuk atau HTM wisata alam Air Terjun Way Lalaan ini sangatlah ramah dikantong. Kalian hanya perlu membayar Rp 10.000 saja untuk bisa memasuki dan menikmati wisata ini sepuas hati kalian. Bahkan di harga tersebut juga sudah termasuk biaya untuk parkir, lho!

Dengan harga yang sangat affordable tersebut, berkunjung ke wisata alam Air Terjun ini menjadi wajib bagi kalian yang sedang berada di daerah Lampung. Tak hanya itu, hanya dengan membayar Rp 10.000 saja kalian juga sudah dapat menggunakan seluruh fasilitas yang telah disediakan.

Tak hanya satu dua saja, wisata alam ini juga telah menyediakan banyak ragam fasilitas yang ditujukan untuk menunjang kenyamanan kalian sebagai pengunjung wisata. Selain tempat parkirnya yang cukup luas, wisata ini juga menyediakan kamar mandi, mushola, bahkan warung – warung yang sangat berguna bagi kalian saat ingin menyantap makanan.

Selain itu, fasilitas yang juga tak kalah pentingnya ada di sebuah wisata juga telah disediakan, yakni gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk berteduh dan beristirahat atau sekedar duduk dan mengobrol bersama rombongannya.

Aktivitas Yang Dapat Kalian Lakukan Di Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan Lampung

Selain berfoto ria dengan spot – spot foto terbaik yang ada di wisata alam ini, kalian juga dapat berendam bahkan berenang di air terjun ini. Kalian juga tidak perlu khawatir berenang di sana berbahaya karena sudah dijamin aman dan telah diberikan pembatas berupa tali agar pengunjung diharapkan untuk tidak melewati garis tersebut.

Selain berenang, kalian juga dapat menyusuri perkebunan durian yang ada di sekitar lokasi wisata ini. Menariknya, bagi kalian yang menyusuri kebun durian ini kalian juga dapat berburu buah durian dan menikmatinya secara gratis. Lumayan, bukan?

Itulah penjelasan tentang wisata alam ini yang ada di daerah Lampung. Bagi kalian yang ingin pergi atau berada di Lampung, kalian dapat mencoba untuk berkunjung ke wisata ini sebagai rekomendasi tempat untuk healing dan menyegarkan pikiran kembali. Cukup sekian review Air Terjun Way Lalaan. Semoga penjelasan artikel ini dapat berguna. Selamat liburan!