Pantai Siung Yogyakarta : Harga Tiket, Lokasi, Daya Tarik

Mungkin banyak orang yang belum tahu mengenai keberadan Pantai Siung di kota Yogyakarta. Jika membicarakan pantai yang berkarang indah dan memiliki air biru, pastilah pantai siung jawabannya. 

Pantai siung yang menyuguhkan surga tersembunyi di kota Yogyakarta ini wajib dikunjungi wisatawan yang berlibur ke Jogja. Keasrian dan keindahan alam yang disuguhkannya benar-benar menawan hati bagi para pecinta pantai.

Baca Juga : Pantai Batu Bengkung Malang : Harga Tiket, Lokasi

Seputar Pantai Siung

Pantai Siung Yogyakarta

Memiliki bibir pantai yang tidak terlalu luas, tidak menjadikan pantai ini minim keistimewaan. Justru di pantai ini mampu menghadirkan keistimewaan tersendiri daripada pantai-pantai pada umumnya. Hal ini seolah-olah sudah dipersiapkan sebagai salah satu ikon pantai yang tidak boleh terlewatkan ketika kamu berkunjung ke kota Jogja.

Penamaan Pantai Siung diambil warga dari bentuk pantainya. Ketika pantai siung ini dilihat dari atas menggunakan drone, pasti kamu akan menemukan bentuk pantai yang seperti gigi siung wanara atau biasa dikenal dengan gigi hewan kera.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Jika kamu ingin menikmati pemandangan indah pantai siung, kamu cukup membayar Rp. 10.000,-  sebagai biaya tiket masuknya.

Sementara biaya parkir, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda empat, dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua. 

Tapi tiket masuk ini juga bisa berubah sewaktu-waktu dan pastinya tidak sampai menguras kantong kamu, kok! 

Kamu bisa berlibur dengan mengajak keluarga, sahabat, rekan kerja, atau pasanganmu agar liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Siung Yogyakarta

Bagi kamu yang tertarik ingin mengunjungi Pantai Siung ini, kamu misa menuju ke alamat Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika kamu datang dari kota Yogyakarta, kamu akan menempuh perjalanan sepanjang 70 kilometer. 

Jangan lupa agar terus berhati-hati selama berkendara dan jangan lupa untuk menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Baca Juga : Wisata Malam Taman Lampion Jogja

Objek Wisata Pantai Siung

Pantai Siung Yogyakarta

Jika kamu sudah sampai di pantai ini, terdapat beberapa objek wisata yang bisa kamu nikmati dan beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menambah keseruan liburan kamu.

1. Camping

Masih banyak orang yang belum tahu sensasi camping di pantai. Di pantai Siung, kamu bisa melakukan kegiatan Camping yang terletak di sebelah timur pantai. 

Kamu bisa mendirikan tenda di sana dan menikmati keindahan pantai di malam hari dan ditemani nyanyian ombak yang merdu dari pantai . Dijamin, liburanmu kali ini akan sangat berkesan dan terkenang.

Selain itu, di area sekitar pantai juga terdapat rumah punggung yang bisa menampung sekitar 15 orang didalamnya. Kamu bisa menikmati senja dan sunset di rumah panggung ini, lho!

2. Naik Ke Atas Bukit

Karang menjadi salah satu pesona yang ditonjolkan pada Pantai Siung ini. Jadi, ketika kamu berlibur kesini jangan melewatkan kesempatan untuk naik ke atas bukit dan menikmati keindahan karang yang tersaji dari atas bukit.

Namun, tidak semua orang bisa menuju bukit. Hanya orang-orang berjiwa petualang yang tampaknya berniat naik ke bukit. Sebab ketika ingin menuju bukit, kamu harus melewati jalan yang sempit dan naik turun. Kamu juga harus ekstra hati-hati saat melewatinya agar tidak jatuh.

Tapi setelah kamu berhasil naik ke bukit, kamu akan disuguhkan pemandangan yang tidak mengecewakan dan kamu juga bisa melihat kera-kera berekor panjang yang berkeliaran di sekitar sana. 

Kamu akan dikenakan biaya Rp. 5.000,- ketika ingin naik ke atas bukit. Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang lengkap sebelum naik ke atas, ya.

Daya Tarik  Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung Yogyakarta

Setelah mengetahui beberapa objek dan kegiatan yang bisa dilakukan selama di Pantai Siung, kamu juga harus tahu apa saja daya tarik yang diberikan oleh pantai siung ini. 

1. Berenang

Ketika kamu berkunjung di pantai ini, kamu akan disuguhkan juga dengan kolam alami yang terbentuk dari gugusan karang yang diterjang ombak pantai. Kolam yang ada di pantai ini bisa dikatakan cukup dalam sekitar 1 meter. Namun airnya sedikit kehijauan yang disebabkan karena banyaknya lumut yang menempel di kolam karang tersebut.

2. Spot Fotogenic

Setiap berlibur, tidak afdol rasanya jika tidak mengabadikan momen selama liburan. Di pantai siung ini telah menyediakan beberapa spot foto estetik yang alami dari panorama alam. Sangat sayang dilewatkan jika kamu tidak berfoto-foto di pantai ini. 

Spot foto di area sekitar pantai cukup menawan, karena ombak yang terkena jepretan kamera menghasilkan foto yang estetik. Selain itu, kamu juga bisa berfoto dari atas bukit, yang menampilkan pemandangan alam dari atas bukit dan tentunya banyak hewan jinak disana.

Selain itu, dari atas bukit kamu bisa melihat perpaduan antara air laut dan karang. Apalagi jika kamu menikmati pemandangannya waktu matahari hendak tenggelam. Sungguh akan hadir keindahan pantai siung yang tiada tara.

3. Memancing

Jika kamu hobi memancing, di sekitar pantai siung juga menyediakan spot memancing yang biasa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Apalagi banyak ikan-ikan yang bisa kamu dapatkan disana. 

Sangat seru jika kamu memancing pada saat kamu mendirikan tenda untuk berkemah dengan teman-teman atau keluarga. Pasti kamu bisa memancing ikan dan langsung membakarnya di sekitar tenda.

4. Panjat Tebing

Kegiatan yang satu ini sering dilakukan oleh pengunjung yang menyukai aktivitas panjat tebing. Selain seru, aktivitas ini juga cukup mengesankan saat dilakukan. Bagi kamu yang menyukai tantangan, jangan lewatkan aktivitas panjat tebing di pantai siung ini, ya!

Kabarnya, pantai ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan jepang pada tahun 1989. Wisatawan Jepang itupun berkunjung ke tempat ini hanya untuk melakukan aktivitas yang penuh dengan tantangan ini, yaitu panjat tebing.

Menurutnya, bentuk yang dihasilkan dari karang-karang ini terlihat cukup menawan dan sayang untuk dilewatkan. Hal inilah yang mendasari para wisatawan jepang tertarik untuk melakukan kegiatan panjat tebing pada Pantai ini.

Selain itu, Pantai ini cukup membanggakan karena pernah digunakan sebagai tempat untuk lomba di ajang ASEAN Climbing Gathering. Dan peserta yang mengikuti perlombaan ini mencapai 250 orang.

Tak hanya itu saja, ada pula warga Asia dan Eropa yang turut serta menikmati tempat ini, loh! Oleh sebab itulah, tak heran jika tempat ini memiliki julukan khusus yaitu The Best Rock Climbing in the world.

Baca Juga : Menelusuri Indahnya Pantai Ngeden Gunungkidul

Pantai Siung merupakan salah satu ikon wisata terkenal di kota Yogyakarta. Sehingga banyak dari wisatawan yang rela meluangkan waktu liburannya untuk datang dan menikmati tempat wisata ini. Jika kamu adalah salah satu orang yang tertarik ingin mengunjungi tempat ini, maka kamu berada di pilihan yang tepat. 

Itulah ulasan mengenai Pantai Siung yang terletak di kota Yogyakarta. Bagi kamu yang ingin kesana, jangan tunda-tunda lagi. Dan jangan lupa ajak keluarga, sahabat, rekan kerja, atau pasanganmu agar liburanmu menjadi sangat menyenangkan. Selamat berlibur!