Wisata Malam Taman Lampion Jogja

Jogja memang terkenal kaya akan tempat wisata, bahkan Jogja layak dijadikan sebagai destinasi wisata nasional. Tidak hanya menghadirkan banyak tempat wisata yang bisa dinikmati pada siang hari, Jogja juga menyuguhkan tempat wisata malam yang diberi nama Taman Lampion Jogja.

Tidak heran jika Jogja sangat banyak menghadirkan tempat-tempat wisata yang selalu berkembang seiring berjalannya waktu, mulai dari menghadirkan objek wisata yang bertemakan sejarah, objek wisata bertemakan alam, hingga wisata kuliner bisa kamu jumpai lengkap di kota Jogja.

Baca Juga : Wisata Taman Batu Hanjuang : Spot, Lokasi, Harga Tiket

Mengenal Asal-Usul Taman Lampion Jogja

Wisata Malam Taman Lampion Jogja

Jika kebanyakan tempat wisata akan buka pada pagi sampai sore hari, kini kota Jogja juga menghadirkan wisata yang bisa dinikmati pada malam hari, loh! Bagi kamu yang tinggal di Jogja, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata malam ini.

Taman Lampion Jogja merupakan salah satu destinasi wisata malam yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin menikmati pemandangan malam hari di kota Jogja dan wisata kuliner di malam hari. 

Tidak hanya tempat wisata keluarga, nyatanya banyak juga kaula muda yang turut serta meramaikan tempat wisata itu pada malam hari. Hal ini menunjukkan bahwa destinasi wisata malam di kota Jogja akan cocok dinikmati oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dan orang tua sekalipun. 

Setiap tempat wisata yang dimunculkan atau di hadirkan di setiap kota, pasti diikuti dengan sejarah yang meyertainya. Seperti tempat wisata malam yang hadir di kota jogja dan diberi nama Taman Lampion Jogja ini. 

Hadirnya Taman lampion Jogja ini memiliki sejarah yang merujuk pada pemandangan yang dihadirkan pada lokasi wisata tersebut. Tempat tersebut dipenuhi dengan banyak lampu-lampu dan lampion yang berwarna-warni yang menyebabkan munculnya nama Taman Lampion Jogja.

Tak hanya lampu dan lampion saja, ternyata patung-patung yang ada di area tempat wisata tersebut juga bsia menyala, loh!

Namun, munculnya penamaan taman lampion bukan hanya di kota Jogja saja, namun ada di beberapa kota lainnya. seperti Surabaya, Sentul, Bogor, dan Pangalengan.

Tapi kali ini yang akan kita bahas adalah Taman lampion yang berada di kota Jogja, tepatnya di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lokasi & Alamat Taman Lampion Jogja

Jika kamu tertarik atau berniat mengunjungi tempat wisata malam di kota Jogja ini, kamu bisa menemukan lokasinya di dalam kawasan Monumen Jogja Kembali. Lokasi ini tepatnya terletak di Jl. Ring Road Utara, Sariharjo, Ngagklik, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta.

Bagi kamu yang bukan warga asli kota Jogja, kamu bisa mencari alamatnya di Google Maps agar kamu bisa sampai ke taman ini dengan lancar.

Baca Juga : 10 Wisata Alam di Malang Paling Direkomendasikan

Rute Menuju Lokasi

taman lampion jogja

Untuk memudahkan perjalananmu menuju ke tempat wisata Taman Lampion Jogja, kamu bisa mengikuti rute berikut:

Rute untuk menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan umum yaitu ketika kamu bergerak dari Stasiun Tugu menuju Halte Malioboro 1, maka kamu bisa naik bus Trans Jogja dengan rute 2A dan kamu bisa turun di Halte Ring Road Utara.

Sedangkan jika kamu datang dari arah Terminal Jombor dengan menggunakan bus Trans Jogja rute 2B, maka kamu juga bisa turun di Halte Ring Road Utara.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Taman Lampion Jogja

taman lampion jogja

Jika kamu ingin berkunjung di wisata malam Taman lampion Jogja, kamu bisa mengunjunginya mulai pukul 16.30 hingga pukul 22.00. Tetapi jikaa hari weekend, taman lampion jogja akan tutup lebih malam.

Para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di tempat wisata kota Jogja, akan dikenakan biaya tiket masuk Taman sebagai berikut:

  • Senin—Jumat  =  Rp. 15.000,- per orang
  • Sabtu ,  Minggu dan hari libur lainnya = Rp. 20.000,- per orang

Fasilitas yang Tersedia

Setiap destinasi wisata, baik di pagi hari ataupun malam hari pasti akan menyediakan fasilitas untuk kenyamanan para pengunjungnya. Seperti  halnya pada Tman Lampion Jogja ini juga menyediakan beberapa fasilitas, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Foud Court
  • Toilet/Kamar Mandi
  • Wahana permainan

Daya Tarik Taman Lampion Jogja

taman lampion jogja

Setiap tempat wisata akan memiliki ciri khas atau daya tarik tersendri yang mampu memanjakan mata para pengunjungnya. Berikut ini daya tarik yang disuguhkan oleh Taman lampion Jogja.

1. Lampu, Atau Lampion

Daya tari yang pasti dirasakan pengunjung adalah hiasan timpat wisata yang dipenuhi dengan lampion dan aneka lampu yang berwarna-warni, tak heran jika banyak spot foto yang Instagramable.

Sebab, tempat wisata akan kurang diminati jika tidak adanya spot foto yang unik. Sehingga Taman ini hadir dengan nuansa alam yang dipadukan dengan lampion  dan lampu yang akan menghasilkan jepretan foto dengan pencahayaan baik dan estetik.

2. Patung Yang Menyala

Tak hanya dihiasi dengan lampu-lampu dan lampion biasa, naum taman ini juga menjadi daya tarik tersendiri dengan dipajangnya patung yang menyala. Patung yang menyala tersebut menjadi salah satu spot foto yang baling banyak diminati oleh para pengunjung. Pasalnya, selain dirasa unik patung menyala tersebut juga sangat bagus ketika dijadikan spot foto.

Selain itu, tidak lupa peneglola tempat wisata ini turut menghadirkan wahana permainan anak yang bisa dimainkan dengan menyenngkan. Jadi, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata malam yang cocok bagi keluarga.

3. Dekat Dengan Museum Monumen Yogya Kembali

Seperti yang sudah dibahas bahwa taman ini akan buka mulai sore sampai malam hari. Meskipun begitu, kamu tidak perlu menunggu sore hari agar bisa kesana. Sebab tempat wisata ini masih satu kawasan dengan Monumen Yogya Kembali.

Sehingga bagi kamu yang tidak sabar menunggu bukanya Taman Lampion Jogja di sore hari, kamu bisa terlebih dahulu mengunjungi Monumenn Yogya Kembali, loh! Kamu bisa melakukan wisata sejarah di Museum sebelum nantinya menuju ke taman ini. Pasti sangat seru.

4. Wisata Kuliner

Kurang puas dan tidak lengkap rasanya bila berwisata tapi tidak berkuliner. Karena wisata dan kuliner merupaka satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan ketika liburan. 

Baca Juga : Transportasi Perjalanan Wisata Lampung, Kamu Harus Tahu

Bagi kamu yang mengunjungi taman ini, kamu tidak usah khawatir masalah makanan. Sebab,terdapat banyak sekali stand kuliner yang ada pada tempat wisata malam tersebut. Sehingga kamu bisa menikmati wisata malam sambil berkuliner, deh! Untuk masalah harga tenang saja, karena harga makanan yang ditawarkan sangat bersahaban dan ramah dikantong. Sehingga tidk usah takut jika isi dompetmu habis. Meski hrga makanan yang ditawarkan cenderung murah, tapi tetap tidak akan mengurangi cita rasa masakan khas jogja, loh!

Jadi jangan ragu untuk menjadikan Taman lampion Jogja ini sebagai salah satu daftar tempat wisata malam yang harus kamu kunjungi nanti, ya!