Menelusuri Indahnya Pantai Ngeden Gunungkidul

Bicara tentang Gunung Kidul Yogyakarta pasti identik dengan jajaran pantai yang beragam dan luas. Salah satunya Pantai Ngeden, lokasi wisata ini sangat alami dan asri. Kesunyiannya yang hadir menambah kesan eksotis untuk setiap pengunjung yang datang.

Warna sekitar menyebut pantai ini dengan sebutan Ngedan atau dalam bahasa jawa adalah “gila”. Selanjutnya oleh pemerintah Yogyakarta diganti dengan pantai Ngeden. Objek wisata ini mempunyai garis pantai menyerupai bentuk teluk kecil. Bagaimana keindahan pantai ini? Inilah penjelasannya untuk Anda! 

Baca Juga : Indahnya Pantai Parangendog, Wisata Bahari Asri Di Gunungkidul

Lokasi Pantai Ngeden 

pantai ngeden gunungkidul

Pantai Ngeden adalah salah satu wisata alam yang berlokasi di Gunungkidul. Pantai ini jadi buruan baru wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. Lokasi tepatnya

pantai ini sendiri secara administratif berada di Pedukuhan Bedalo Desa Krambilsawit, kecamatan saptosari gunung kidul , Yogyakarta .

Jarak pantai dari Ibu kota Kabupaten Gunungkidul kurang lebih 36 Km. Jarak dari Kantor Kecamatan Saptosari berjarak 15 Km. Lokasinya cukup mudah dikunjungi. 

Tips Menuju Lokasi

Jika Anda datang dari jalur Yogyakarta. Anda dapat mengikuti rute berikut ini: Dari Jogja menuju Jalan Wonosari, Anda akan melewati Bukit Bintang, lanjut menuju Sambipitu dan akan sampai di Bangjo timur Lanud TNI AU Gading ambil ke kanan kemudian akan bertemu Pertigaan Pasar Playen. 

Anda ambil jalur belok ke kanan, kemudian belok lagi ke kiri atau ke arah Paliyan. Selanjutnya anda akan bertemu Pertigaan Pasar Paliyan ke kiri. Setelah bertemu Pertigaan Polsek Paliyan belok ke kanan. 

Ketika sudah ketemu Pertigaan setelah Telaga Namberan ambil arah ke kanan. Anda akan bertemu Pertigaan sesudah Komplek Kantor Camat Saptosari ambil kanan. 

Sampai di Lapangan Saptosari, lanjut menuju SDN 1 Jetis. Anda akan bertemu Pertigaan depan Balai Desa Jetis ambil jalur kiri. Anda akan sampai di Lapangan Ngloro, ambil Pertigaan ke kanan. Setelah bertemu dengan Pertigaan Ngejaman Ngondel ambil jalur kiri. 

Kemudian Anda akan sampai di SMPN 2 Saptosari, lanjut ikuti jalur sampai ke SDN Negeri Bibis. Selanjutnya setelah sampai Pertigaan belok ke kanan dan silahkan ikuti papan petunjuk menuju Pantai Ngedan.

Rute Pantai Ngeden Gunungkidul

Jika Anda masih bingung mengikuti rute ini, Anda bisa membuka maps. Namun terpenting Hp Anda ada sinyalnya, jika sulit maka bisa membuat kesulitan mencari jalan. 

Akses menuju Pantai Ngedan ini tidak sulit tapi juga tidak mudah. Tenang saja, sebelum memasuki Padukuhan Bedalo pengunjung biasanya melalui aspal yang telah rusak kurang lebih 1.5 Km. Sesudah jalan aspal terakhir, Anda akan melalui jalan cor beton yang belum lama ini selesai dibangun.

Jalan tersebut bisa dilewati sepeda motor dan mobil berukuran kecil namun tidak bisa dilewati oleh kendaraan dengan ukuran besar. Jadi secara otomatis dari segi jalur lumayan mudah dilalui, sebab tidak ada tanjakan curam, tinggi maupun turunan curam.

Namun setelah melewati jalan cor beton, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa. Di sepanjang jalan wisatawan bisa menikmati pemandangan alam seperti ladang, pegunungan, hingga rumput yang sangat hijau.

Tidak ada salahnya sambil menikmati suasana sekeliling, sambil sesekali menyapa petani dan warga sekitar.

Jam Buka & Harga Tiket Masuk Pantai Ngeden

pantai ngeden gunungkidul

Bagi Anda yang mau berkunjung ke Pantai ini, tenang saja pantai ini jam bukanya hingga 24 jam setiap harinya. Namun, akan lebih asyik jika Anda dapat bertepatan dengan sunset. Lebih disarankan ketika berkunjung ke pantai ini, sebaiknya pas mau sore hari. Jadi, hari pas untuk hunting foto instagramable. 

Retribusi tiket masuk untuk setiap wisatawan ketika berkunjung ke Pantai ini mulai dari Rp5.000-Rp10.000 per orang. Dengan retribusi parkir sepeda motor Rp3.000 dan mobilnya Rp5.000. 

Harga tiket tersebut terbilang cukup bersahabat. Apalagi dengan pemandangan yang indah dan mempesona. Harga segitu bukanlah harga yang mahal untuk seluruh kalangan masyarakat. 

Baca Juga : Akses Transportasi Jogja ke Borobudur, Wisatawan Wajib Tahu

Daya Tarik Wisata

Pantai ini menawarkan lokasi wisata dengan ombak yang tidak ganas. Cenderung tenang dan sedang-sedang saja.  Pantai Ngedan selain masih terjaga kebersihannya, juga masih alami dan sunyi karena belum banyak wisatawan yang tahu tempat ini. 

Pantai Ngedan lokasinya ada di antara jajaran pantai Gunungkidul lainnya dan berada di sebelah timur Pantai Ngedan. Terdapat pantai yang sudah terkenal sebelumnya yakni Pantai Ngobaran dan di bagian baratnya ada Pantai Butuh.

Pantai Ngeden mempunyai pesona keindahan alam yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya. Karena, tidak padat wisatawan alhasil anda bakal bisa lebih menikmati keindahan pantai dengan leluasa. 

Dari segi pembangunan pantai ini memang dapat dibilang baru meski sebenarnya sudah ada sejak lama. Daya tarik pantai ini ada di bagian lingkungan yang masih cukup bersih dengan pasir putih yang indah.

Bahkan Anda bisa menemukan berbagai tebing karang unik dan kamu dapat berimajinasi menentramkan pikiran atau sekedar berfoto selfie ria. Lebih menyenangkan lagi di bukit pinggir pantai ini sudah dilengkapi dengan gardu pandangnya. 

Hamparan luas rumput hijau di bukit ini semakin memanjakan mata. Anda juga dapat bermain air di pinggir pantai. Namun perlu diperhatikan bahwa dimanapun Anda berada selalu nomor satunya keamanan. 

Bagi yang hobinya mancing, pantai ini juga cocok digunakan buat mancing. Pengunjung bisa mancing dari tebing yang mengelilingi pantai Ngedan. Sudah ada jalan setapak yang telah disemen sebagai akses menuju ke pantai-pantai lain di sekitar pantai Ngedan ini. 

Apalagi bagian batu karang adalah sarang lobster dan berbagai ikan lain. Jika, Anda ingin memancing pastikan membawa peralatan mancing sekaligus umpannya supaya lebih hemat. 

Kalau Anda naik ke atas bukti bagian barat, Anda dapat menyaksikan landscape Pantai Ngedan yang super indah dengan pasir putih serta ombak yang silih berganti mencapai pantai. 

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngeden

pantai ngeden gunungkidul

Di pantai ini sudah tersedia fasilitas toilet, mushola, dan tempat makan. Tersedianya tempat parkir yang cukup luas di pantai ini dapat menampung beberapa motor dan mobil.

Lokasi tempat makan menawarkan aneka makanan laut dan makanan lainnya yang lezat, dan enak. Soal harga rata-rata sama dengan di pantai GunungKidul yang lainnya. Namun, dengan makan sambil menikmati lautan yang indah, tentu jadi momen yang menyenangkan. 

Pantai ini memang tidak jauh berbeda dengan pantai lain yang ada di GunungKidul. Yakni keindahan pasir putihnya serta dilengkapi dengan berbagai karang pada bibir pantai. Namun, ada hal istimewa yang ada di Pantai Ngeden ini, yakni pantai ini masih sangat alami. 

Baca Juga : Beberapa Alternatif Tempat Liburan di Jogja yang Hemat

Anda bahkan hampir tidak menemukan sampah yang berserakan dan juga terdapat beberapa gazebo yang masih baru. Gazebo ini bisa Anda buat istirahat dan tidak diwajibkan untuk membayar. 

Bagi Anda yang ingin liburan ke pantai, jangan lupa untuk membawa sunscreen, kata mata hitam, dan pakaian yang sopan. Jaga keselamatan dengan mematuhi peraturan yang sudah ada dan jangan seenaknya sendiri. 

Sebab, dimanapun Anda berada harus ikuti aturan dimana kaki berpijak, termasuk ketika berlibur ke Pantai Ngeden ini. Selamat berlibur dan semoga membantu.