Pantai Batu Bengkung Malang : Harga Tiket, Lokasi

Bagi pecinta wisata ke pantai, sangat disayangkan jika belum pernah mengunjungi pantai batu bengkung ini. Pantai yang berlokasi di Malang ini harus kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan pantai tahun ini, loh! Pantai Batu Bengkung cocok bagi kamu yang sedang mencari pemandangan pantai yang masih asri, indah, dan eksotis.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pantai batu bengkung, kamu bisa simak informasinya pada artikel ini.

Baca Juga : Wisata Malam Taman Lampion Jogja

Harga Tiket dan Fasilitas Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai bengkung ialah salah satu pantai di kota Malang yang menawarkan pemandangan khas batuan karang. Pada pantai ini, batuan karang secara alami menjadi kolam-kilam yang unik dan menarik, sehingga menambah daya tarik dari pantai ini.

Ketika berlibur di pantai ini, kamu bisa menikmati sensasi bermain air segar di kolam alami yang dikelilingi birunya air samudera Indonesia. Tapi, kamu bisa bermain air di kolam itu ketika air surut, ya! 

Jika kamu berencana berlibur di pantai batu bengkung, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 7.500,- saja loh sebagai tiket masuk. Murah banget, kan? Dengan begitu kamu sudah bisa menikmati pemandangan asri pantai dan bermain air sepuasnya di kolam alami dari batuan karang yang dihasilkan dari pantai ini.

Namun, jika kamu berlibur kesini dengan membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- dan Rp. 10.000,-.

Tidak hanya tiket dan biaya parkir yang murah, pada pantai batu bengkung ini sudah disediakan fasilitas umum berupa toilet, mushola, dan warung tempat makan. Tentunya dengan beberapa fasilitas ini cukup untuk menjadikan pengunjung merasa nyaman ketika berlibur di Pantai Batu Bengkung ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung Malang

Ketika kamu ingin mengajar keluarga, rekan kerja, atau pasanganmu berlibur di pantai ini, kamu tidak perlu kesulitan mencari lokasinya, loh! Sebab pantai batu bengkung masih terbilang cukup mudah ditemukan.

Pantai Batu Bengkung berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini tepatnya berada di pesisir Selatan Pulau Jawa dan mempunyai rute yang bisa dibilang hampir sama dengan Pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati.

Jika arah datangmu dari kota malang, kamu bisa mengambil arah ke Turen lalu menuju ke arah selatan sampai ke Sumbermanjing wetan, kemudian dilanjutkan menuju ke arah pantai Sendang Biru.

Kemudian nantinya kamu akan bertemu di pertigaan jalan dan disana akan ada petunjuk arah. Kamu bisa belok ke arah kanan yang nantinya akan menuju ke pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati. 

Dilanjutkan dengan perjalanan sejauh 3 km dari pantai tersebut ke arah Pantai Batu Bengkung. Sepanjang jalan, kamu akan ditemani dengan pemandangan indah dan sejuknya pegunungan yang cukup menyejukkan mata. 

Selain itu kamu juga akan didampingi dengan jalanan yang sudah beraspal mulus dan berkelok-kelok. Pasti perjalananmu menuju Pantai Batu Bengkung Malang akan sangat menyenangkan. 

Rute Alternatif

Tidak hanya bisa melewati rute itu saja, kamu juga bisa mengambil rute altenatif yang nantinya akan melewati jalur ke arah Pantai Balekambang. Rute yang akan kamu lewati jika mengambil jalur ini adalah dari kota Malang kamu bisa pergi ke Kapanjen, kemudian ke Pagak lalu ke arah Bantur. 

Setelah itu, dari arah Bantur kamu bisa mengambil jalan yang nantinya akan mengarah ke Pantai Balekambang sampai kamu bertemu dengan perempatan jalan. Kemudian kamu bisa belok kiri untuk sampai ke Pantau Batu Bangkung. 

Dari adanya dua rute ini, rute yang melewati jalur Pantai Bajul Mati dan Goa Cina bisa dikatakan sebagai rute yang efektif, sebab jalan yang dilaluinya lebih bagus sehingga perjalanan bisa menjai lebih cepat. 

Namun, jika kamu warga asli malang tentu kamu tidak terlalu kesulitan dalam menuju ke arah Pantai Batu Bangkung. Tapi yang paling penting selama perjalanan adalah kamu harus memastikan bahwa badan kamu fit selama berkendara dan harus menyetir kendaraan dengan hati-hati.

Baca Juga : 10 Wisata Alam di Malang Paling Direkomendasikan

Objek Wisata di Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung Malang

Ketika kamu sudah sampai di lokai Pantai, saatnya liburanmu dimulai. Ada banyak keseruan dan kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai ini, sehingga liburanmu akan jauh semakin berkesan. Berikut ini ada beberapa objek wisata yang bisa kamu nikmati di Pantai Batu Bengkung.

1. Mengenal Asal Penamaan Pantai Batu Bengkung

Setiap nama pantai yang dinobatkan, pasti memiliki sejarah dibelakangnya. Seperti halnya pada Pantai  ini. Penamaan pantai ini diambil dari keterkaitan bebatuan yang berada mengelilingi pantai. 

Bebatuan itupun yang menjadi pelindung sehingga memunculkan kolam air alami yang terbentuk dari bebatuan karang. Bebatuan ini memiliki bentuk yang lengkunang. Uniknya, jika kamu melihat dengan saksama, bebatuan itu mirip dengan wanita yang dibengkung. 

Dari situlah asal nama Pantai Batu Bengkung tercipta. Jika kamu penasaran dengan bebatuan itu, kamu boleh langsung datang dan membuktikannya sendiri.

2. Bermain Air di Kolam Alami dari Batu Karang

Ciri khas dari Pantai Batu Bengkung ialah kolam air alami yang terbentuk dari bebatuan karang yang indah. Kamu dapat bermain di kolam air tersebut dengan disuguhi air laut yang jernih.

Tapi tidak disarankan bagi kamu yang tidak bisa berenang untuk berenang di pantai ini. Namun, jika kondisi memungkinkan untuk berenang, pengunjung akan diperbolehkan berenang.

3. Menikmati Panorama Pantai dari Atas Tebing

Berlibur di pantai merupakan alah satu hal yang cukup mengasyikkan. Apalagi ditemani dengan keluarga, teman, atau pasangan. Karena ketika berlibur dipantai ini, kamu akan bisa melihat paranoma pantai dari atas tebing, loh! 

Ketika kamu ingin menikmati pemandangan yang syahdu dan sejuk, kamu bisa memanjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat. Tidak usah takut, sebab sudah disediakan tali pengaman bagi pengunjung yang ingin memanjat tebing.

4. Berkemah di Bukit

Pantai ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat berkemah kamu, loh! Ketika kamu berkemah di panta ini, pastinya kamu bisa lama menikmati pemandangan pantai, bahkah bisa melihat indahnya matahari terbenam.

Jika kamu pecinta sunset, telah disediakan spot yang sangat bagus di pantai ini untuk menikmati sunset. Pastinya kamu tidak bisa melewatkan hal ini, kan? 

Kalau kamu tertarik, kamu bisa mendirikan tenda di bukit yang terletak di arah Barat Daya untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan kameramu, ya!

5. Kuliner Seafood

Pantai Batu Bengkung Malang

Kurang lengkap rasanya jika berlibur tanpa kulineran. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba kulineran seafood ketika berlibur di pantai ini. Tersedia beberapa warung makanan yang ada di lokasi pantai, dan direkomendasikan agar kamu mencoba menu seafood saat datang ke pantai ini.

Baca Juga : Transportasi Perjalanan Wisata ke Bromo, Ini Rute yang Dilalui

Itulah ulasan seputar Pantai Batu Bengkung terkait rute, harga tiket masuk, daya tarik, dan hal-hal unik lainnya yang membantu kamu untuk merekomendasikan pantai di Malang Jawa Timur.