10 Wisata Kuliner Banyumas, Tempat Makan Populer yang Harus Kamu Coba

Apakah dalam waktu dekat anda akan berkunjung ke Kota Banyumas? Atau, apakah anda ingin tahu tentang wisata kuliner paling populer di banyumas? Bila jawaban anda adalah iya, anda berada di halaman yang tepat. Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tentang wisata Kuliner Banyumas – 10 tempat makan popular layak untuk dicoba.

Banyumas adalah sebuah kota kabupaten di Jawa Tengah yang  memiliki banyak objek wisata. Kondisi alamnya yang indah menarik banyak wisatawan dari luar daerah untuk berlibur dan menikmati berbagai jenis objek wisata. Para pengunjung juga bisa menikmati aneka jenis hidangan yang tersedia di banyak tempat wisata kuliner banyumas yang terkenal.

Obyek wisata Kuliner Kabupaten Banyumas Paling Populer

Mengunjungi suatu daerah belum terasa lengkap jika tidak mencicipi aneka jenis makanan yang disediakan oleh daerah tersebut. Banyumas sebagai kota budaya dan kota wisata menawarkan banyak jenis kuliner yang layak untuk dicoba. Nah, jika anda berkesempatan berkunjung ke kota ini, ada baiknya mencoba beberapa tempat wisata kuliner Banyumas di bawah ini:

1. Andhang Pamgrenan

Kabupaten Banyumas memiliki banyak tempat wisata kuliner yang menarik. Andhang Pangrenan adalah suatu kawasan yang menjadi rujukan para wisatawan yang ingin mencoba berbagai jenis makanan khas kota Banyumas. Di Andhang Pangrenan, pengunjung bisa menikmati aneka sajian makanan tradisional maupun modern yang semuanya enak dan lezat dan mengundang selera.

Berlokasi di jalan Gerilya Purwokerto, Andhang Pangrenan adalah salah satu obyek wisata kuliner Banyumas yang wajib untuk dikunjungi. Obyek wisata kuliner yang satu ini memiliki berbagai macam fasilitas penunjang yang sangat memadai. Perlu diketahui bahwa Andhang Pangrenan dulunya adalah bekas terminal Purwokerto yang sudah tidak dipakai.

2. Ambalika Resto

Jika anda ingin bersantap di tempat makan yang elegan dan berkelas, anda bisa datang ke Ambalika Resto. Rumah makan mewah ini berada di dalam Hotel Java Heritage yang berlokasi di jalan Dr. Anka, Nomor 71 Purwokerto. Ambalika adalah sebuah resto mewah yang cocok untuk semua anggota keluarga maupun rekan bisnis anda.

Ambalika Resto menyajikan hidangan lezat oriental dengan sentuhan rasa Indonesia yang khas. Restoran ini juga menyediakan paket Banquet pada hari-hari yang telah ditentukan. Biasanya pengunjung bisa bersantap aneka makanan mewah diselingi dengan pertunjukan musik secara live. Ambalika Resto adalah tempat makan sekaligus tempat nongkrong yang menyenangkan.

3. D’ Java Steak

Steak adalah salah satu makanan khas barat yang biasanya dijual di restoran-restoran Eropa. Lalu bagaimana rasanya jika steak Eropa diberi sentuhan rasa Jawa? Jika penasaran, langsung saja datang ke D’Java Steak yang berada di jalan Kranji No. 28 Purwokerto. Berdiri sejak tahun 2008, D’Java Steak adalah salah satu tempat makan favorit yang selalu ramai dengan pengunjung.

Hidangan steak jawa sangat menggoda. Dilengkapi dengan kentang tumbuk, rempah-rempah kental, sayur rebus dan steak jawa yang bisa menggugah selera siapa saja. D’Java Steak juga menyediakan berbagai jenis kuliner lainnya seperti sosis gulung dan juga berbagai jenis pasta dengan rasa yang menggoda selera.

4. Djago Jowo

Mereka yang suka dengan ayam goreng harus datang ke Djago Jowo. Seperti namanya rumah makan Djago Jowo menyediakan ayam goreng kampung yang empuk. Berbeda dengan ayam goreng di tempat lain, ayam goreng di Djago Jowo dimasak secara khusus sehingga rasanya yang khas sampai merasuk ke dalam tulang.

5. Eco 21

Makanan khas Banyumas yang paling popular adalah tempe mendoan. Ini adalah tempe yang dibalut dengan tepung yang sudah dicampur dengan rempah-rempah lalu digoreng  Mendoan sangat populer di Banyumas dan sekitarnya. Untuk menikmati tempe mendoan yang paling enak di Banyumas, anda bisa datang ke Eco 21 yang berada di Jl. Jendral Sutoyo no 21 Purwakarta.

6. Kitchen Chef

Salah satu obyek wisata kuliner Banyumas yang tidak pernah sepi pengunjung adalah Kitchen Chef. Spesialisasi dari restoran modern yang satu ini adalah makanan oriental dan barat. Suasana rumah makan yang modern rapih dan mewah membuat anda dan keluarga merasa nyaman menikmati aneka kuliner lezat disediakan.

7. Lombok Idjo

Jika anda suka dengan ayam penyet, anda harus datang ke restoran Lombok Idjo. Rumah makan yang berada di Jalan Gelora Indah 2 no. 27 ini menyajikan hidangan ayam penyet dengan sambalnya yang sangat khas. Dengan perabotan yang terbuat dari kayu, restoran Lombok Idjo menawarkan suasana yang tenang dan nyaman bagi pengunjungnya.

8. Warung Ndeso

Warung Ndeso adalah salah satu obyek wisata kuliner Banyumas yang menghidangkan aneka jenis kuliner tradisional khas Banyumas. Rumah makan yang berada di jalan Baturaden KM 10. Rempoah Purwokerto ini merupakan rumah makan favorit masyarakat Purwakarta dan sekitarnya.

Warung Ndeso menyediakan aneka jenis hidangan seperti Ceker Kecap Lada Hitam, Ayam Panggang Spesial, singkong goreng rasa dll. Sajian khas Warung Ndeso adalah Wedang Ublek dan Oseng Legit Numani. Meski namanya Warung Ndeso, restoran ini juga menyediakan Spaghetti, steak, daging panggang dan lain sebagainya.

9. Waroeng PiSa

Dari namanya mungkin orang akan mengira tempat ini menjual berbagai jenis pizza. Ternyata bukan, PiSa adalah singkatan dari Pinggir Sawah. Waroeng PiSa adalah salah satu obyek wisata kuliner Banyumas yang menyediakan berbagai hidangan enak dan lezat. Menu popular waroeng PiSa adalah menu diet ketogenik. Meski menu diet, hidangan satu ini menawarkan rasa yang sangat istimewa.

Selain menu diatas pengunjung juga bisa memesan hidangan menarik lainnya seperti Mie Ayam Keto. Mie ayam yang satu ini sangat istimewa karena kadar kalorinya yang sangat minim. Mie yang dihidangkan adalah mie Saritake berasal dari umbi iles-iles. Texture dan rasanya sama persis mie kebanyakan tetapi terasa sangat lembut di lidah.

10. Waroeng Joglo Thetehna

Waroeng Joglo Thetehna memiliki bentuk bangunan khas Jawa Tengah yaitu rumah Joglo. Menu utama rumah makan yang berada di Jalan Kelurahan Arcawinangun no 23 purwakarta ini adalah ayam goreng dengan sambal dan sayur segar. Yang unik dari rumah makan ini adalah cara menyajikan hidangannya. Semua makanan dihidangkan dalam tempat tradisional disebut tempeh.

Rumah makan yang satu ini memiliki suasana yang tenang dengan taman yang teratur rapi. Waroeng Joglo Thetehna juga sering dijadikan tempat pertemuan. Waroeng Joglo Thetehna juga menyediakan aneka camilan tradisional seperti jagung rebus, singkong goreng, kacang rebus, dan mendoan dam masih banyak lagi lainnya.

Bagi anda yang berencana untuk liburan dalam waktu dekat, Banyumas bisa dijadikan prioritas utama. Kota ini bukan saja menawarkan banyak atraksi wisata yang menarik. Selain beragam atraksi wisata yang tersedia, anda juga bisa menikmati aneka wisata kuliner Banyumas yang terkenal unik dan lezat

Tag: , ,