Teras Malioboro Jogja, Kawasan Baru Berburu Kulineran
image source: unplash.com

Teras Malioboro Jogja, Kawasan Baru Berburu Kulineran

Pada awal tahun 2022 kemarin, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X meresmikan Teras Malioboro Jogja. Tempat ini dibuat secara khusus untuk mempercantik tata letak di area Malioboro.

Sebelumnya, di sepanjang trotoar Malioboro dipenuhi dengan penjual kaki lima yang menjajakan dagangannya. Kemudian pedagang tersebut dipindah tempatkan di lokasi khusus yang baru. Terdapat dua lokasi yang dijadikan tempat untuk pedagang di Malioboro. Yakni teras Malioboro 1 dan teras Malioboro 2.

Perbedaan Teras Malioboro Jogja 1 & 2

Teras Malioboro 1 berbeda dengan teras Malioboro 2. Teras 1 berlokasi di jl margo mulyo, Ngupasan, Gendomanan. Sedangkan teras 2 memiliki dua pintu masuk. Pertama berada di Suryamajan dan pintu masuk lain berada di selatan Hotel Grand Inna.

Teras Malioboro 1 menempati bangunan bekas gedung bioskop Indra. Sedangkan teras 2 gedungnya berada di bekas kantor Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kedua teras di Malioboro ini meski sama-sama diperuntukan bagi pedagang kaki lima, tetapi punya karakteristik yang berbeda. Teras Malioboro Jogja1 mempunyai tiga lantai pada bangunannya.

Lantai paling bawah dijadikan sebagai lokasi parkiran. Lantai dua dan tiga ditata sedemikian rupa untuk wisatawan berbelanja oleh-oleh khas Jogja. Kamu bisa membeli pernak-pernik khas Jogja yang wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Mulai dari baju, gantungan kunci, gelang dan lain sebagainya. Bisa dibilang tata letak dari teras Malioboro 1 ini rapi dengan menempatkan pedagang sesuai kategori. Jadi satu tempat khusus untuk jenis dagangan atau oleh-oleh tertentu saja.

Sedangkan Teras Malioboro Jogja 2 ini diperuntukan bagi pedagang kuliner lesehan. Kamu bisa menikmati berbagai sajian makanan lesehan di teras 2 ini.

👉 BACA JUGA  5 Gunung untuk 17 Agustus dan Banyak Dicari Para Pendaki

Selain itu di pintu masuk lain dari teras 2 ini kamu juga bisa berburu oleh-oleh. Penempatan pkl di teras Malioboro 2 tidak jauh berbeda seperti saat sebelum ada lokasi ini.

Secara tata letak lokasi, bisa dikatakan bahwa teras 2 Malioboro ini jauh lebih sederhana dibanding teras 1. Kesan sederhana ini justru membuat teras 2 tidak kalah diminati oleh pengunjung yang datang.

Berburu Kuliner di Teras Malioboro Jogja

Jika kamu datang bersama pasangan dan ingin menikmati sajian kuliner yang khas dengan vibe kota Jogja, tentu teras Malioboro 2 wajib kamu kunjungi. Karena di teras 2 inilah berjejer rapi pedagang kuliner yang menyajikan dagangan secara lesehan.

Ada banyak varian menu makanan yang bisa kamu pesan di kawasan teras 2 ini. Mulai dari gudeg, baceman, nasi pecel, dan aneka minuman. Selain itu harga kuliner di Teras Malioboro Jogja 2 ini juga tidak terlalu menguras budget.

Harga untuk tiap makanan bervariasi tergantung apa yang kamu pesan. Tetapi umumnya makanan dan minuman di teras Malioboro dibandrol dengan harga mulai dari 8 ribu sampai 30 ribu rupiah.

Kamu tinggal memilih lokasi tempat duduk lesehan setelah memesan makanan. Nantinya kamu bisa menikmati kulineran bersama pasangan di teras Malioboro 2 ini. Terkadang jika kamu beruntung saat menikmati makanan bisa sekalian menikmati live musik.

Suasana yang akan kamu rasakan di kawasan teras 2 ini sederhana tapi romantis. Mengunjungi teras Malioboro tidak ada tarif masuknya. Tapi tentu saja kamu diharuskan untuk biaya retribusi parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk motor.

Jam operasional dari teras Malioboro baik 1 atau 2 dibuka sekitar pukul 8 pagi. Jika datang ke Teras Malioboro Jogja, sebaiknya pilih waktu sore atau malam hari.

👉 BACA JUGA  Deretan Line up JogjaRockarta 2022 Siap Ramaikan Acara

Karena saat sore dan malam suasana yang ditawarkan jauh lebih menarik. Terlebih jika datang bersama pacar, tentu akan memberikan pengalaman berkesan di waktu malam.

Spot Foto Menarik Teras Malioboro

Di lokasi yang dikhususkan untuk pedagang kaki lima ini, juga disediakan spot foto yang sering menjadi incaran pengunjung. Kamu wajib mengabadikan momen dengan berfoto di spot foto tersebut.

Adapun spot foto yang dimaksud adalah latar belakang bebatuan dengan terdapat kutipan puisi dari penyair legendaris Joko Pinurbo. Puisi tersebut berbunyi, ‘Jogja terbuat dari pulang, rindu dan Angkringan’.

Dengan berfoto di spot tersebut, kamu bisa mengunggahnya di instagram. Tentu tidak lengkap rasanya datang ke Teras Malioboro Jogja tanpa berfoto dengan background puisinya pak Joko Pinurbo.

Originally posted 2022-08-10 15:26:56.