Puncak 2000 Siosar Sumatera Utara :

Banyak dari wistawan yang mungkin kurang menyukai ketika berwisata di sebuah puncak, padahal kenyataannya berlibur di puncak tidaklah menjadi sesuatu yaang buruk dan membosankan. Seperti halnya ketika berlibur ke Puncak 2000 Siosar. 

Puncak ini tidak hanya menyajikan pemandangan berupa pegunungan saja, tetapi juga terdapat kealamian pemandangan yang akan menjadikan para pengunjungnya kagum saat menyaksikannya. 

Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui ulasan lebih lanjut mengenai tempat ini, makasimak ulasan pada artikel berikut.

Baca Juga : Wisata Olahraga BSD Xtreme Park Pemicu Adrenalin

Seputar Puncak 2000 Siosar

Puncak 2000 Siosar Sumatera Utara

Puncak 2000 Siosar ini merupakan wisata puncak yang dulunya sempat dijadikan sebagai tempat relokasi untuk beberapa pengungsi yang terkena musibah erupsi Gunung Sinabung kala itu. 

Tetapi sebelum dijadikan sebagai tempat relokasi, puncak 2000 siosar ini dulu berbentuk teritori rimba yang sangat luas. Teritori ini bisa dibilang dataran tinggi yang terletak di Kabupaten Koro. 

Deretan tempat tinggal yang berada di sekitar puncak 2000 siosar ini kebanyakan digunakan untuk beberapa pengungsi yang terdampak musibah erupsi. 

Namun saat ini, puncak 2000 siosar sudah dijadikan sebagai salah satu objek wisata dan tempat rekreasi yang hits dan kekinian, lho!

Lokasi puncak yang berada pada ketinggian 1.75o Mdpl ini tidak jarang dijadikan sebagai sasaran para pelancong lokal maupun luar kota.

Daya Tarik Puncak 2000 Siosar

Puncak 2000 Siosar Sumatera Utara

Tidak jauh berbeda seperti Puncak yang berada di kota Bogor, Puncak 2000 Siosar ini juga dijadikan sebagai spot untuk menikmati sunset di kota Medan pada sore hari. Selain menikmati sunset, pengunjung jiga bisa menikmati beberapa aktivitas di puncak ini, seperti:

1. Zia Coffee

Zia Coffee merupakan salah satu kafe yang menyajikan spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini sangat cocok bagi kaum muda yang suka nongkorng sambil ngobrol ditamani dengan segelas kopi. 

Selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat favorit para pelancong untuk ngopi dan menyukai minuman pahit ini. Vibes yang dimunculkan pada kafe ini ialah suasana yang homey dan hangat. 

Didukung dengan desain bangunan yang unik, yaitu berbentuk segitiga dengan dinding yang terbuat dari gabungan kaca dan kayu. Lokasi kafe ini sangat strategis, yaitu di samping jalan tepat ke arah tempat wisata puncak 2000 siosar.

Suasana sejuk di puncak turut serta memberikan kenyamanan bagi pengunjung agar betah berlama-lama di tempat wisata ini. Tak jauh dari tempat ini, didapati objek wisata lain yang mirip dengan lingkungan yang ada pada film Teletubbies. 

Tidak sedikit pengunjung yang menjadikan tempat tersebut sebagai spot foto yang kekinian dan instagramable untuk selfie. Tidak sedikit pula yang berebut spot foto di bangunan unik dengan hiasan kicir angin yang menjadi salah satu ikon dari tempat tersebut.

2. Wisata Kuliner

Tidak jauh dari lokasi kafe, kamu akan menemukan wisata kuliner yang menyuguhkan beberapa hidangan khas daerah sana yang pasti akan nikmat ketika dinikmati di atas puncak 2000 siosar.

Ketika kamu berwisata kuliner di sana, kamu hanya tinggal memilih hidangan atau masakan apa yang ingin kamu cicipi dan kamu pesan. Pasti kamu akan kebingungan menentukan makanan mana yang akan kamu coba, sebab semua hidangan yang tersaji sangat lezat dan menggoda.

3. Wahana Permainan

Tak hanya menghadirkan makanan dan minuman saja, ternyata ketika kamu berwisata ke puncak 2000 siosar ini kamu juga tetap akan menemukan wahana permainan yang menyenangkan.

Permainan yang paling sering diminati salah satunya adalah prmainan motor ATV. Bagi kamu yang ingin memainkannya juga, kamu bisa menyewa motor ATV terlebih dulu di tempat sewa yang sudah disediakan. 

Jangan khawatir terkait keamanan pada permainan ini, sebab jalur untuk dilewati sudah diatur dan dipilihkan oleh pengelola wisata, sehingga sudah pasti aman.

4. Staycation

Jika kamu ingin berlama-lama menikmati suasana puncak dan menikmati segala objek wisata yang disajikannya, maka kamu tidak akan cukup bila berlibur setengah hari saja. Keputusan untuk staycation di villa tampaknya menjadi ide yang bagus.

Di Tempat ini ini juga menyediakan penyewaan villa bagi kamu yang ingin menginap. Villa yang disewakan pun tidak biasa, bentuknya unik dan di style langsung oleh arsitektur Belanda. Jadi bangunan villa sangat estetik di setiap sudutnya.

Fasilitas yang Tersedia

Puncak 2000 Siosar Sumatera Utara

Setiap tempat wisata pasti tidak akan lupa untuk menyediakan beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung. Tak terkecuali Puncak 2000 Siosar ini. 

Pada puncak ini juga disediakan fasilitas umum seperti kamar mandi, parkir yang luas, tempat beribadah, dan beberapa warung yang akan menemani pengunjung jika ingin jajan sembari menikmati pemandangan di puncak tersebut. Sayangnya, masih belum tersedia toko oleh-oleh khas kota Medan di sekitar puncak ini.

Baca Juga : Wisata Bukit Klangon Sleman : Harga Tiket & Daya Tarik

Harga Tiket Masuk

Tidak jauh berbeda dengan tempat rekreasi yang berada di Gunung Merapi dan tempat yang terimbas erupsi bisa dijadikan sebagai tempat wisata. 

Sama halnya dengan tempat rekreasi di kota Medan ini. Pemerintah Daerah Sumut berencana menjadikan bekas erupsi gunung sinabung menjadi tempat rekreasi yang bisa dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota. Tempat wisata ini diberi nama puncak 2000 siosar.

Untuk masalah harga tiket masuknya,bagi pelancong tidak perlu untuk membayar tiket masuk kawasan puncak ini, sebab tempat ini masih tebilang tempat untuk rekreasi Medan yang gratis. 

Tetapi ketika pelancong ingin berkunjung di beberapa spot wisata di tempat ini, maka baru akan dikenakan biaya. Adapun biaya yang harus kamu ketahui ketika akan menikmati spot di puncak 2000 siosar.

  • Tiket Masuk : Gratis
  • Tiket Masuk Zia Coffee : Mulai dari Rp. 15.000,-/ orang
  • Parkir Mobil : Rp. 10.000,-/ unit
  • Parkir Motor:  Rp. 5.000,-/ unit
  • Parkir Bus : Rp. 20.000,-/ unit

Lokasi Rute Menuju Puncak 2000 Siosar

Puncak 2000 Siosar Sumatera Utara

Jika kamu ingin berkunjung ke Puncak 2000 Siosar kamu bisa menuju ke lokasinya yang terletak di Pertibi Lama, Kecamatan Merk, Kabupaten Karo. Tapi jika kamu ingin lebih dekat, kamu bisa lewat Kabanjahe, yaitu sekitar 20.3 km atau selama 40 menit perjalanan.

Tempat ini bisa kamu datangi lewat beberapa jalur. Tapi hanya ada dua jalur yang dirasa memiliki akses yang mudah, yaitu Kabanjahe dan Merk dengan lajur yang bernama Pertibi Tembe.

Jika kamu lewat jalur tersebut, kamu bisa menggunakan alternatif dengan menyewa mobil sekaligus spirnya yang sudah familiar dengan jalur tersebut.

Jam Operasional

  • Rekreasi : Buka Setiap Hari 
  • Zia Coffee : 09.00 – 21.00 WIB  
  • Villa : check-in 14.00 WIB dan check-out jam 11.00 WIB.

Baca Juga : Pantai Sendiki Malang : Harga Tiket, Lokasi, Daya Tarik

Itulah ulasan seputar Puncak 2000 Siosar. Jangan lupa untuk memasukkan tempat ini ke dalam daftar liburanmu tahun ini, ya!