Info Lengkap & Harga Tiket Masuk Lembah Tumpang

Jika kalian adalah warga Malang, tentu tidak asing dengan salah satu tempat wisata bernama Lembah Tumpang. Lembah Tumpang ini merupakan tempat wisata yang memiliki konsep unik dan cocok dijadikan destinasi wisata saat ada di Kota Malang. Sebagai salah satu rekomendasi wisata, tentu kalian ingin tahu berapa harga tiket masuk Lembah Tumpang.

Baca Juga : Bukit Pantai Pandawa Jogja : Harga Tiket, Spot Foto

Pesona Wisata Lembah Tumpang

Selain akan membahas terkait harga tiket masuk Lembah Tumpang, artikel ini juga akan membahas keunikan dan pesona destinasi wisata ini. Salah satu pesona yang disajikan oleh tempat wisata ini adalah banyaknya arca-arca yang menghiasi hampir di setiap sisi wisata ini.

Atas dasar itulah, Kementerian Pariwisata menyebut Lembah Tumpang ini sebagai salah satu tempat wisata edukasi karena sangat tepat untuk pembelajaran sejarah. Dibangun dengan mengusung konsep sebuah kerajaan, membuat Lembah Tumpang memiliki keindahan budaya Jawa yang terasa di dalamnya.

Tak hanya sebagai wisata edukasi sejarah, Lembah Tumpang juga dijadikan sebagai tempat wisata untuk berenang karena di dalam taman ini juga disediakan kolam renang. Tak cukup satu, wisata Lembah Tumpang ini menyediakan empat jenis kolam renang yang masing-masingnya memiliki nama yang indah.

Ke empat kolam tersebut adalah, kolam Maheswara, kolam Aryadita, kolam Aurelian, dan kolam Sagita yang mana sumbernya langsung dari mata air pegunungan dengan view pemandangan alam yang sangat indah.

Keindahan alam yang disajikan oleh Lembah Tumpang ini sangatlah terbayarkan dari patokan harga tiket masuk Lembah Tumpang. Kalian tidak akan kecewa mengunjungi Lembah Tumpang sebagai salah satu destinasi wisata liburan kalian dan menghilangkan penat di sana.

Selain itu, yang paling penting dari sebuah tempat wisata adalah aman dan nyaman untuk anak-anak. Di kolam renang Aurelia Lembah Tumpang ini sangatlah cocok untuk anak-anak karena dibangun dengan kedalaman 80 cm saja. Tak hanya itu, kolam renang ini juga dilengkapi dengan Cafe yang menyediakan beragam menu.

Rute Menuju Destinasi Wisata Lembah Tumpang

harga tiket masuk lembah tumpang

Untuk menuju ke wisata Lembah Tumpang, kalian dapat menempuh dari pusat Kota Malang. Dari pusat kota ini, kalian dapat langsung menuju ke Sawojajar dan menuju ke arah selatan, yakni Cemorokandang. Nah dari arah ini, kalian hanya perlu lurus saja sampai melewati daerah Pakis hingga sampai di daerah Tumpang.

Setelah itu, tak lama dari arah kalian tersebut, kalian akan menemukan tempat pangkalan ojek. Dari pangkalan ojek tersebut, kalian dapat mengambil arah kiri dan lurus sampai bertemu pertigaan. Ketika sudah sampai di pertigaan tersebut, kalian dapat berbelok ke arah kanan dan tak lama lagi kalian akan sampai di wisata Lembah Tumpang.

Baca Juga : Pilihan Wisata Bali Selain Pantai

Fasilitas yang Disediakan Wisata Lembah Tumpang

Dari harga tiket masuk Lembah Tumpang yang telah kalian bayarkan, kalian akan mendapatkan beragam fasilitas yang telah disediakan. Tak hanya satu atau dua, destinasi wisata Kota Malang ini memiliki delapan fasilitas yang sangat melengkapi kebutuhan kalian.

Ke delapan fasilitas yang disediakan tersebut adalah tempat untuk parkir kendaraan, toilet, mushola, gazebo yang teduh, kolam renang, taman-taman yang indah dan sejuk, wahana outbond, dan penginapan untuk kalian yang ingin menikmati suasana keindahan Lembah Tumpang di malam hari.

Berbeda dari harga tiket masuk Lembah Tumpang, khusus untuk penginapan atau resort yang disediakan di tempat wisata ini memiliki harga yang berbeda.  Untuk penginapan di resort Lembah Tumpang ini, kalian perlu membayar dengan harga mulai dari Rp 400.000 per malamnya.

Namun, berbeda dari tempat wisatanya, resort atau penginapan Lembah Tumpang ini biasanya hanya dibuka pada hari Jumat hingga hari Minggu. Meskipun hanya dibuka saat weekend atau akhir pekan, penginapan yang ada di Lembah Tumpang ini juga ramai pengunjung karena area penginapannya yang cantik dan estetik.

Spot Foto Terbaik di Wisata Lembah Tumpang

Jika dilihat dari sesi estetiknya, wisata Lembah Tumpang ini memiliki banyak sudut estetik hampir di setiap sisinya. Hal ini dikarenakan wisata ini dibangun dengan konsep taman kerajaan yang membuat seluruh sajian pemandangannya indah. Banyak patung candi dan arca-arca yang menghiasi di kanan kiri sisi taman.

Kalian dapat berfoto ria dengan latar belakang candi dengan arca yang membuat foto kalian jadi terlihat lebih estetik karena berlatarkan seperti di kerajaan. Ada salah satu candi yang selalu banyak disorot oleh para pengunjung, yakni Candi Gito. Candi ini terletak di tengah-tengah kolam yang terletak di salah satu sudut tebing Lembah Tumpang.

Selain itu, kalian juga akan menemukan patung putri dan ukiran-ukiran yang ada di tepi-tepi kolam. Berdirinya patung itu, juga makin membuat kolam renang tersebut terlihat lebih estetik dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.

Karena maskot utama dari Lembah Tumpang adalah patung-patung candi dan arca, kalian juga dapat mengambil foto dengan latar belakang deretan patung yang saling berjajar rapi. Banyak dari pengunjung yang sering berswafoto di latar tersebut karena mendapat view yang unik di latar fotonya.

Dari beragam spot foto tersebut, kalian tidak perlu merasa khawatir lagi untuk berfoto di mana karena di Lembah Tumpang, kalian akan disajikan banyak spot dengan latar belakang yang indah untuk foto kalian.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Lembah Tumpang

harga tiket masuk lembah tumpang

Agar tidak zonk saat mengunjungi wisata Lembah Tumpang, hal utama yang harus kalian tahu adalah jam operasional wisata ini. Lembah Tumpang ini dapat kalian kunjungi mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Untuk menjaga keamanan di masa pandemi ini, pengunjung tetap diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Jadi, kalian harus tetap memakai masker dan memperlihatkan sertifikat vaksin atau melakukan pemindaian melalui aplikasi PeduliLindungi. Hal ini ditujukan agar pengunjung dapat menikmati wisata Lembah Tumpang ini dengan nyaman dan aman.

Selanjutnya, untuk dapat menikmati bagaimana keindahan wisata ini, kalian juga perlu membayar harga tiket masuk Lembah Tumpang yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk Lembah Tumpang ini dibandrol dengan harga Rp 60.000 per pengunjung yang dewasa saat weekend dan Rp 40.000 untuk harga tiket masuk Lembah Tumpang khusus anak-anak.

Baca Juga : 10 Wisata Alam di Malang Paling Direkomendasikan

Sementara itu, jika kalian mengunjungi wisata Lembah Tumpang di hari biasa atau weekdays, kalian cukup membayar harga tiket masuk Lembah Tumpang seharga Rp 30.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 20.000 untuk pengunjung anak-anak. Harga tiket masuk Lembah Tumpang yang dibayarkan di awal tersebut merupakan harga untuk semua wahana yang ada di dalamnya.

Adapun wahana-wahana tersebut antara lain air terjun, kolam ikan, taman outbound atau Dino Park, candi-candi, dan beberapa spot untuk berswafoto. Akan tetapi, harga tiket masuk Lembah Tumpang yang dipaparkan tersebut, tentu dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola wisata tersebut.

Originally posted 2022-12-01 21:19:55.