Indahnya Pantai Parangendog, Wisata Bahari Asri Di Gunungkidul

Gunungkidul menjadi salah satu Kabupaten Yogyakarta, dimana Kabupaten ini mempunyai berbagai pantai yang indah dan pada setiap pantai mempunyai ciri khas masing-masing. Salah satunya Pantai Parangendog. Pantai ini memang namanya belum cukup familiar, namun banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah. 

Penyebutan nama “Parangendog” dari kata “Parang” yang dalam bahasa Jawa artinya batu karang dan endog alias endok yang artinya telur. Konon banyak di sekitaran pantai ini ditemukan berbagai bebatuan mirip telur. Seperti apa keindahan wisata bahari satu ini? Inilah penjelasannya! 

Baca Juga : Akses Transportasi Jogja ke Borobudur, Wisatawan Wajib Tahu

Lokasi Pantai Parangendog Jogja

Pantai Parangendog Yogyakarta

Banyak orang yang berkunjung ke pantai ini setelah mereka berkunjung ke Pantai Parangtritis. Kalau Anda berkunjung ke Pantai Parangtritis pasti akan menengok ke bagian timur dan Anda akan menemukan pantai yang tepat bersebelahan dengan nuansa perbukitan yang hijau menjorok ke laut. 

Memang belum banyak yang tahu bahwa pantai tersebut namanya Pantai Parangendog dan lokasinya bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini secara administratif masuk wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Lokasi tepatnya ada di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55872, Indonesia. 

Harga Tiket Masuk Pantai Parangendog

Kalau Anda ingin berkunjung ke lokasi rekreasi Pantai ini. Tiket masuk yang harus Anda keluarkan cukup bersahabat sekali, yakni Rp 5.000 per-orangnya. Retribusi parkir kendaraan dibandrol pengurus kurang lebih Rp 2.000 per sepeda motor.

Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan ketentuan dari pengelola. Oleh karena itu, harga tidak bisa dijadikan patokan resmi. Namun, tenang saja harga tiket yang ditawarkan cukup bersahabat. 

Rute Pantai Parangendog Yogyakarta

Pantai Parangendog Yogyakarta

Bagi Anda yang ingin berkunjung kesini, cukup berjalan ke bagian timur dari Pantai Parangtritis. Lokasinya memang cukup jauh dari tempat parkir kendaraan menjadikan pantai ini relative masih sepi dibandingkan Parangtritis.

Anda dapat mengunjungi pantai ini lewat desa Parangrejo, dusun Girijati, kecamatan Purwosari, kabupaten Gunungkidul. Biasanya Anda memerlukan waktu tempuh menuju salah satu Pantai di Yogyakarta ini kurang lebih hanya 1-1,5 jam.

Agar semakin mudah, Anda bisa mengawali perjalanan menuju arah lokasi dari terminal Giwangan. Selanjutnya, ambil arah ke arah ke bagian jalan Parangtritis lempeng lanjut sampai kecamatan Panggang.

Sesudah itu Anda akan sampai di Panggang, kemudian turunkan sedikit demi sedikit kecepatan kendaraan anda dan Anda akan menemukan plang petunjuk arah ke “Parangendog”. Tenang saja, akses menuju lokasi ini sudah bagus tapi banyak yang berupa tanjakan, turunan hingga kelokan membuat semua pengunjung harus sangat waspada.

Baca Juga : Beberapa Alternatif Tempat Liburan di Jogja yang Hemat

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Parangendog

Tidak seperti Pantai Parangtritis, Anda tidak akan menemui banyak warung-warung makanan. Hanya ada beberapa kursi yang beratap rumbia. 

Banyak yang mengira kursi ini adalah fasilitas gratis, sayangnya kalau Anda ingin duduk, pemilik kursi akan mendatangi wisatawan dan akan meminta uang sewa kurang lebih 15ribu – 20ribu per-kursinya.

Karakteristik Pantai ini memang sedikit berbeda dengan Pantai Parangtritis. Kalau berkunjung ke lokasi ini Anda akan disuguhkan batu-batu karang dengan ukuran besar yang bentuknya telur. 

Bukan hanya itu saja, Anda juga akan disuguhi deretan perbukitan hijau yang masuk dalam bagian dataran tinggi dari Pegunungan Seribu dan tebing tinggi di pinggir pantai yang sering disebut Tebing Watugupit. 

Namun tebing ini lebih dikenal dengan nama Tebing Pantai Parangendog. Arus laut sekitaran Pantai ini tidaklah seganas ombak di Pantai Parangtritis. Debur ombaknya relatif tenang dan sangat mendukung kegiatan melaut para nelayan. 

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Pantai Parangendog Yogyakarta

Bagi Anda yang hobinya mancing, Anda banyak pengunjung yang dapat melakukan kegiatan memancing sepuasnya di pinggir pantai ini, Anda bisa duduk di atas batu-batu pecahan karang. Bukan hanya memancing, Anda dapat langsung membakar ikan dan menyantapnya bersama sahabat, pasangan, maupun keluarga.

Bukan hanya itu saja, Anda bisa menjadikan pantai ini lokasi favorit sepak bola pantai. Biasanya anak-anak muda banyak yang datang mengadakan kegiatan menyenangkan tersebut. 

Bahkan Pantai ini juga menjadi lokasi event tahunan pada olahraga Paralayang yang diadakan setiap tahunnya. Apalagi kecepatan angin di sekitar pantai ini relatif stabil. Jadi aman bagi pengunjung yang mau melakukan paralayang disini. 

Ketika menjalankan aktivitas ini pengunjung wajib memastikan perlengkapan peralatan standar dan harus didampingi oleh ahlinya. Lokasi spot foto juga banyak sekali, Anda bisa berswafoto sepuasnya. Jadi, bukan hanya sekedar rekreasi namun juga bisa dijadikan lokasi hunting foto instagramable yang bagus. 

Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan ketika sunset datang. Anda bisa mendokumentasikan fenomena cantik ini dengan lensa kamera dan handphone. Spot paling bagus untuk memperoleh photo Sunset di Pantai ini ada di tebing Watugupit. Supaya hasil foto semakin estetik tidak ada salahnya juga mendaki ke atas tebing ini. 

Bagi Ada yang hobinya berenang ketika berkunjung ke pantai ini dan ingin berenang, harus berhati-hati. Alasannya air laut di pantai ini sangat dingin, meski deburan ombak rata-rata tenang. 

Namun, ada baiknya Anda bisa berenang saja di tepi pantai. Usahakan tidak berenang hingga ke tengah pantai, sebab dapat membahayakan keselamatan diri. Bukan hanya itu saja, di Pantai Parangendog terkenal dengan berbagai keanekaragaman biota laut. Diantaranya beragam jenis ikan cantik, kerang hingga rumput laut.

Tips Wisata Hemat Ke Pantai 

Wisata Pantai Parangendog

Saat liburan ke pantai Anda harus memperhatikan tips berikut ini, agar bisa menghemat biaya dan liburan tetap aman, yakni : 

1. Browsing dahulu Paket Tour 

Sebelum Anda liburan, lebih baik manfaatkan waktu mencari pilihan paket Tour yang banyak disediakan oleh agen travel. Anda bisa menyesuaikan budget dengan lokasi wisata yang Anda pilih.

2. Pilihlah wisata yang tidak populer 

Trik ideal saat Anda ingin liburan ke pantai dengan lebih hemat adalah mencari tempat baru yang kurang begitu populer. Selain tidak terlalu ramai pengunjung, ternyata tempat seperti ini biasanya masih mematok harga tiket masuk murah. Seperti ke Pantai Parangendog

3. Bertanya dulu Warga Setempat

Jika Anda masih merasa bingung dengan lokasinya, bisa Anda tanyakan ke warga setempat. Namun pastikan orang tersebut tahu dengan detail wisata tersebut. Tidak ada salahnya juga menanyakan tentang tempat penginapan yang ramah budget

4. Mengutamakan Keselamatan

Ketika berlibur Anda harus memasang tenda untuk menginap di pantai, sebaiknya Anda harus membawa peralatan outdoor yang lengkap. 

Bukan hanya itu saja, utamakan keselamatan ketika mengeksplor pantai yang tampak eksotis. Tetap patuhi aturan juga jaga batas aman demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Gunakan Sunscreen

Hal ini sangat penting, jangan lupa memakai sunscreen! memang terkesan sepele, namun ini sangat amat penting. Sunscreen menjaga kulit terlihat gosong, sebab paparan sinar UV ketika berenang di pantai. 

Ada banyak rekomendasi sunscreen yang cocok untuk Anda, bisa dibeli dengan online atau offline. 

Baca Juga : Tips Hemat Budget Liburan ke Jogja yang Perlu Diketahui

Itulah informasi tentang lokasi hingga tips berwisata yang hemat ketika berkunjung ke Pantai Parangendog. Bagaimana apakah Anda siap liburan dengan aman dan menyenangkan? Selamat liburan dan semoga bermanfaat.