Wisata Pantai Bletok Situbondo : Lokasi, Rute, Tiket Masuk

Belum banyak orang tahu, jika di Kota Situbondo, Jawa Timur mempunyai segudang lokasi wisata sangat elok untuk dikunjungi dan dinikmati. Salah satu lokasinya adalah bahari Pantai Bletok.

Pantai ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga besar, pasangan, maupun sahabat. Memang pantai ini terbilang tidak cukup luas, jadi sering disebut juga sebagai wisata mini. Meski demikian, panoramanya sangat indah dan menawan. Seperti apa keindahan pantai ini? Inilah uraiannya untuk Anda. 

Lokasi Pantai Bletok

pantai bletok situbondo 

Pantai yang terkenal dengan wisata mini ini berlokasi di jalur Besuki-Situbondo. Tepatnya di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Berjarak sekitar 12 km dari Besuki atau sekitar 27 km dari pusat kota dan sekitar 160 km dari pusat Kota Surabaya.

Baca juga : Pantai Cacalan : Lokasi, Rute, Tiket Masuk, Hingga Fasilitas

Rute Menuju Pantai

Bagi pengendara yang sedang melintasi jalan pantura Situbondo, tidak ada salahnya transit terlebih dahulu ke Pantai Bletok, Bungatan, Kabupaten Situbondo ini. Anda dapat memakai transportasi umum berupa bus dari arah Kota Situbondo dan sebaliknya kemudian turun tepat di Pantai mini ini.

Untuk pengunjung yang datang dari arah Surabaya ke Pulau Dewata Bali bisa singgah di rest area bletok untuk sejenak melepas kepenatan. Bahkan Anda juga bisa melihat pantai dengan background Gunung Ringgit. 

Udara yang segar semakin cocok dinikmati sambil makan kuliner seafood atau ikan bakar khas Situbondo plus es kelapa muda.

Harga Tiket Masuk Pantai Bletok

pantai bletok situbondo

Harga tiket Pantai Bletok yang lokasinya dekat dengan jalan raya ini, Anda tidak dikenakan tarif biaya masuk sama sekali alias gratis. Karena memang ada di pinggir jalan jadi pengunjung bisa langsung menuju pantai. Anda dapat menikmati keindahan pantai sepanjang waktu selama 24 jam nonstop.

Baca juga : Menelusuri Indahnya Pantai Ngeden Gunungkidul

Fasilitas yang Tersedia

Pantai ini merupakan pantai mini yang lokasinya ada di pinggir jalan. Walaupun kecil terdapat beberapa fasilitas yang cukup memadai, yakni 

1. Tempat Jual Makanan dan Minuman

Tidak takut kelaparan dan kehausan saat berkunjung ke Pantai Bletok. Ada banyak warung-warung yang menyediakan aneka makanan serta minuman. Harganya juga lumayan bersahabat, sangat cocok menemani hari-hari Anda. 

2. Deretan Bangku

Banyak fasilitas bangku yang bisa digunakan pengunjung duduk dengan gratis. Jadi, sembari menikmati lautan yang indah, sekaligus bersantai di bangku-bangku yang sudah disediakan. 

3. Free Wifi

Pantai ini menyediakan area free Wifi yang sangat menguntungkan bagi pengunjung. Tentunya fasilitas gratis ini membuat Anda lebih betah dan nyaman berlama-lama di area pantai. Dengan Wifi gratis Anda bisa sambil nge-live media sosial. 

Spot Foto Menarik di Pantai Bletok

pantai bletok situbondo

Pantai ini menyajikan keindahan bahari yang sangat instagramable, sebab banyak spot menarik yang cocok buat hunting foto. Selain spot pemandangan laut, ada juga spot pilihan lainnya, yakni : 

1. Perahu Nelayan

Spot satu ini mungkin tidak banyak ada di pantai lain. Namun, jika di Pantai ini Anda bisa dengan mudah mendapatkan spot menarik yakni perahu nelayan yang berlalu lalang dengan bebas di lautan lepas.

2. Sunset

Hamparan laut luas dengan birunya air laut, semakin indah ketika menjelang senja. Saat matahari mulai turun, adanya pantulan cahaya pada air laut semakin membuat pesona laut super indah. Warna jingga matahari adalah spot menarik untuk berswafoto.

3. Taman

Taman di Pantai ini juga sangat cantik. Bukan hanya itu saja, terdapat pula tulisan nama Pantai Bletok dengan ukuran besar di pinggir jalan. 

Manfaat Liburan Ke Pantai

 

pantai bletok situbondo

Berlibur ke pantai menjadi salah satu hobi sebagian orang. Namun, sebenarnya bukan hanya sekedar hobi, sebab liburan ke pantai banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia yakni :

1. Menurunkan Tekanan Darah

Bukan hanya untuk menurunkan stres dan depresi saja, dengan berlibur ke pantai dinilai efektif menurunkan tekanan darah. Tekanan darah berkaitan erat dengan proses menurunnya tingkat stres dan ketegangan.

Tekanan darah stabil akan memberikan efek positif untuk kesehatan pembuluh darah juga jantung. Ketika mengalami stres berlebih, tubuh cenderung rentan mengalami tekanan darah tinggi alias hipertensi. 

Kondisi ini bisa mengakibatkan kondisi lebih parah seperti komplikasi akibat permasalahan yang terjadi di bagian kesehatan organ kardiovaskular.

2. Mampu menurunkan depresi dan stres 

Bagi Anda yang mempunyai segudang rutinitas padat penuh hiruk pikuk perkotaan tentu saja rentan  terkena stres. Oleh karena itu dengan berkunjung ke Pantai dapat menjadi salah satu lokasi berlibur yang bisa meredakan pikiran.

Berlibur ke pantai bisa menjadi solusi paling baik untuk menghilangkan stres dalam diri secara positif. Anda akan mendapatkan sensasi rileks ketika berjalan telanjang kaki di atas hamparan pasir pantai yang membentang luas.

Sebuah riset menyatakan warna air laut juga langit yang biru berkaitan dengan kesehatan manusia. Warna biru diketahui mampu membuat seseorang merasa lebih kalem dan lebih rileks.

3. Mendapat Vitamin D

Ketika liburan ke pantai dengan datang sejak matahari terbit,  ini akan membawa asupan vitamin D cukup bagi tubuh. Bagi Anda yang belum tahu, sinar matahari menjadi salah satu sumber vitamin D paling besar dalam tubuh lho.

Anda akan mendapatkan asupan vitamin D banyak dari sinar matahari saat berjemur di pantai. Asupan vitamin D yang semakin cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Bukan hanya itu saja, berlibur ke pantai bisa mendatangkan manfaat dengan menghirup udara segar dengan kandungan  senyawa baik untuk memperlancar proses pembuangan racun alias detoksifikasi.

4. Membantu proses penyeimbangan Hormon

Anda dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh lewat udara segar yang ada di kawasan pantai. Udara segar yang Anda peroleh akan mendatangkan berbagai manfaat, Misalnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan psikis, hingga membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Bukan hanya itu saja dengan liburan ke pantai. Maka sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat, sebab organ paru-paru akan terisi ion-ion negatif. Udara pantai membuat tubuh semakin rileks dan mengurangi kondisi gejala kecemasan. 

5. Baik untuk Kesehatan Kulit

Ketika Anda berlibur ke pantai bisa menghadirkan manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. Anda dapat berjalan dan bermain di atas pasir pantai yang tentunya membentang indah, sekaligus bisa membersihkan sel-sel kulit mati.

Anda pasti pernah bermain atau tiduran di atas pasir? Tekstur pasir yang lembut dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati di tubuh dan membuat kulit semakin lebih cerah. Kemudian Anda bisa memetik berbagai manfaat kesehatan untuk kulit melalui kandungan natrium klorida di air laut.

Menurut laman Dailymail, air laut mempunyai kandungan mineral yang bagus untuk menjaga kulit dari eczema hingga psoriasis. Manfaat lainnya dengan liburan ke pantai adalah bisa membantu meringankan demam, hidung tersumbat, dan sinusitis.

Baca juga : Indahnya Pantai Parangendog, Wisata Bahari Asri Di Gunungkidul

Memang ketika liburan ke pantai ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan. Namun, perlu diperhatikan ketika berlibur ke pantai harus mengutamakan keamanan dan keselamatan. 

Lebih baik persiapkan peralatan yang diperlukan, gunakan sunscreen, jangan lupa menggunakan kata mata hitam untuk mengurangi efek silau matahari. 

Jika memang ada himbauan untuk tidak berenang atau mendekat ke laut lebih baik ikuti himbauan tersebut demi kesehatan. Setelah Anda mempersiapkan ini semua tinggal cus dan berangkat liburan, salah satunya ke Pantai Bletok, Situbondo ini. Bagaimana apakah Anda tertarik? Selamat berlibur dan semoga bermanfaat.