Pantai Cacalan : Lokasi, Rute, Tiket Masuk, Hingga Fasilitas

Liburan ke pantai saat pikiran sedang suntuk merupakan pilihan yang oke banget. Utamanya bagi Anda yang berada di daerah Jawa Timur, tepatnya di Banyuwangi. Ada salah satu pantai eksotik yang cocok buat Anda kunjungi, yakni Pantai Cacalan. Nama Pantai ini mulai mencuat setelah Pantai Boom Banyuwangi viral. 

Pemandangan yang indah disuguhkan di Pantai ini. Jadi tidak heran dengan berliburan ke pantai ini, sedikit demi sedikit rasa penat Anda akan terobati. Apalagi salah satu pantai Indah di Banyuwangi ini juga menawarkan sunrise yang indah. Seperti apa pantainya? Ini penjelasannya untuk Anda! 

Baca Juga : Kebun Coklat Balongbendo : Alamat, Rute & Harga Tiket

Lokasi Pantai Cacalan Banyuwangi 

Pantai Cacalan Banyuwangi

Lokasi Pantai Banyuwangi “Cacalan” tidak jauh dari pusat perkotaan. Letaknya ada di alamat Desa Sukowidi, Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, provinsi Jawa Timur, 6842. 

Pantai Cacalan menawarkan pemandangan alam sangat indah dengan hamparan pasir putih dan laut berwarna biru. Semakin unik dengan ombak yang cukup kecil, jadi sangat aman untuk berwisata bareng keluarga. Ciri khasnya adalah panorama sunrise yang sangat mempesona.

Jam Operasional Pantai Cacalan Banyuwangi

Jika Anda ingin berlibur ke pantai yang ukurannya tidak terlalu besar ini. Anda bisa berkunjung mulai pukul 05.00 hingga 23.00 WIB pada setiap harinya. Akan lebih menarik jika Anda berkunjung di waktu hari kerja, jadi bukan weekend. Biasanya pas hari biasa lebih sepi, otomatis akan semakin menyenangkan. 

Anda bisa menikmati suasana pantai dengan bebas, tanpa hadirnya banyak orang. Namun, jika Anda ingin berkunjung pas weekend siap-siap suasana pantai ramai pengunjung dan mungkin mau berswafoto pun ramai orang. 

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju Pantai yang indah di Banyuwangi ini cukup mudah dilalui. Kalau Anda dari arah Pusat Kota Banyuwangi tinggal menuju Pelabuhan Ketapang, Selanjutnya Anda akan melewati Pasar Kampung Arab alias pasar Lateng. 

Sesudah itu Anda akan menemukan Supermarket Hardy, tinggal ikuti jalan tersebut sampai bertemu Pertigaan Lampu Lalu Lintas Sukowidi. Anda hanya perlu ambil lurus saja, kemudian sesudah melewati Pom Bensin di kiri jalan dan Indomaret di bagian kanan jalan. 

Anda akan menemukan puteran balik dan dibagian seberangnya terdapat gapura bertuliskan “Pantai Cacalan”. Lanjut saja ambil jalur masuk gang tersebut dan tidak lama akan sampai di tujuan. 

Harga Tiket Masuk Pantai Cacalan 

Pantai Cacalan Banyuwangi

Sebelum masuk ke area pantai umumnya Anda akan dimintai uang masuk. Biasanya di pantai ini pengunjung harus membayar biaya retribusi atau HTM alias tiket masuk “gratis”. Tarif parkirnya adalah Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk persewaan perahu Kano harganya Rp20.000. 

Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan pengelola. Namun, dari harga yang ditawarkan tersebut, jelas termasuk bersahabat dan sebanding dengan pemandangan dan fasilitas yang disuguhkan oleh Pantai tersebut. 

Baca Juga : Butuh Transportasi Liburan di Bali? Sewa Mobil Saja

Fasilitas yang Tersedia

Secara garis besar di Pantai ini disuguhkan berbagai fasilitas, mulai : 

  • Areal Parkir
  • Balai Pertemuan
  • Cafetaria
  • Kamar Mandi Umum
  • Kios Souvenir
  • Kuliner
  • Musholla
  • Outbound
  • Selfie Area
  • Spot Foto
  • Tempat makan

Memang keberadaan salah satu pantai apik di Banyuwangi ini membawa wajah baru wisata bahari Banyuwangi. Lokasi di seluruh sudut pantai ini bisa dijadikan obyek foto para pengunjung. Utamanya spot ayunan yang ada di bibir pantai. Desain ayunannya keren dan sangat cocok untuk mengabadikan momen terbaik Anda. 

Bukan hanya itu saja, Pengunjung bisa menyaksikan berbagai keindahan panorama selat Bali dari titik pantai Banyuwangi ini. Anda bisa melakukan banyak aktivitas disini, mulai dari berenang, memancing, berburu hewan laut, melihat indahnya panorama sunrise, hingga menikmati dan berburu kuliner yang pastinya mengenyangkan perut.

Fasilitas umum pada Pantai Cacalan cukup memadai seperti list di atas. Untuk warung makan menyediakan banyak pilihan menu, baik olahan laut dan menu enak yang lainnya. 

Anda akan semakin asyik dengan menikmati aneka olahan Jawa Timur di atas Gazebo sembari melihat laut dan deburan ombak yang indah. Apalagi jika Anda melakukan demikian dengan pasangan, jelas hal ini akan menjadi momen indah yang tidak pernah terlupakan dalam hidup. 

Tenang saja bagi Anda yang suka berkuda, di lokasi wisata pantai ini menyediakan tempat persewaan kuda. Anda dapat berkeliling menyusuri bibir pantai dengan tetap didampingi oleh pawangnya. Jadi aman.  

Ada juga lokasi penyewaan perahu kano atau perahu karet. Anda bisa menyewa perahu ini demi menikmati liburan supaya semakin seru. Tenang saja, harganya cukup bersahabat untuk semua kalangan masyarakat.

Sejarah Pantai Cacalan 

Pantai Cacalan Banyuwangi

Tidak ada salahnya sebelum berkunjung ke Banyuwangi. Anda ketahui dulu sejarah dari pantai yang indah ini.  Iya, penyebutan nama Cacalan memang erat dengan kisah dan asal-usulnya yang ternyata menyita banyak perhatian masyarakat. 

Menurut warga sekitar, mereka percaya pantai ini dulunya banyak ditumbuhi pohon Jajan atau bambu. Lokasi tumbuhnya pohon bambu mulai dari Pantai ini, di sekitar Pesisir Pantai Bulusan, Dermaga Cinta. 

Jadi, lebih jelasnya banyak tumbuh pohon bambu mulai Cacalan hingga pantai Ancol. Kemudian pohon bambu ikut kemudian di cacal alias di pacul. Maka dari kisah inilah pantai ini hingga sekarang disebut sebagai pantai Cacalan. 

Tips Liburan Ke Pantai 

Sebelum Anda berlibur ke pantai, wajib mempersiapkan beberapa hal berikut. Tujuannya untuk menjaga liburan Anda tetap aman, tenang, dan pastinya tetap sehat. Inilah tipsnya : 

1. Menggunakan sunblock dengan SPF tinggi

Pantai identik dengan cuaca sangat panas. Alhasil, panas dari terik matahari bisa membahayakan lapisan kulit. Resikonya kulit akan semakin gelap, terbakar, bahkan bisa muncul bintik-bintik hitam.

Maka jangan lupa ketika liburan ke pantai, gunakan sunblock alias tabir surya dengan kadar SPF cukup tinggi. Penggunaan moisturaizer atau foundation dengan kandungan SPF belum tentu memenuhi, sebab terkadang kadarnya cukup rendah. Beda dengan sunblock yang mempunyai kadar sampai SPF 50.

2. Gunakan outfit yang tepat

Outfit ketika ke pantai nggak bisa dianggap sepele.  Lebih baik pilihlah outfit dengan warna mencolok alias eye catching supaya menghasilkan jepretan kamera yang bagus utamanya ketika ada di bawah terik matahari.

Tidak ada salahnya melengkapi outfit dengan topi pantai maupun bandana. Tujuannya untuk melindungi kepala dari panas matahari. Paling penting adalah pakai baju pantai yang sopan sesuai adat ketimuran yang dijunjung. 

Pakailah busana yang aman dari tiupan angin kencang pantai. Jangan umbar bagian intim tubuh Anda di tempat umum. Sebab adab ketimuran biasanya lebih tertutup dibandingkan lokasi lain, seperti Bali. 

3. Pakai kacamata warna hitam

Memang tidak menjadi kewajiban, namun sangat disarankan ketika main ke pantai memakai kacamata berwarna hitam. Hal ini, karena dari pukul 10 pagi sampai menjelang 4 sore, adanya radiasi yang dihasilkan sinar UV sangat tinggi.

Bahkan teriknya matahari bukan hanya membuat mata silau atau kabur. Resikonya bisa lebih dari itu, adanya radiasi berlebihan masuk ke mata bisa menimbulkan penyakit berbahaya.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Dalam Negeri Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Fungsi dari kacamata hitam adalah melindungi dari bahaya sinar UV tersebut. Alhasil, kacamata bukan hanya sekedar alat yang digunakan untuk tameng dari debu saja, atau hanya untuk sekedar gengsi dan atribut foto. Namun juga cara agar Anda dapat bebas menikmati pemandangan pantai tanpa takut resiko radiasi.

Jangan lupa ketika berlibur ke Pantai Cacalan persiapkan semuanya dengan matang. Jangan lupa abadikan setiap momen yang terjadi. Selamat berlibur.