Taman Nasional Danau Sentarum, floodplain terluas di asia tenggara tempat hidup berbagai satwa dan tanaman langka

Taman Nasional Danau Sentarum, floodplain terluas di asia tenggara tempat hidup berbagai satwa dan tanaman langka Reviewed by evacation on . This article We found is mainly about the info of Taman Nasional Danau Sentarum, floodplain terluas di asia tenggara tempat hidup berbagai satwa dan tanaman langka

Taman Nasional Danau Sentarum adalah Taman Nasional yang terdapat di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Memiliki luas 132.000 hektar Taman Nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang kaya serta mencakup tujuh kecamatan yang terdapat di kawasannya yakni kecamatan Batang Lupar, Bunut Hilir, Selimbau, Jongkong, Badau, Suhaid, dan Semitau. Taman Nasional Danau Sentarum ini merupakan daerah hamparan banjir terbesar di Indonesia bahkan Asian Tenggara dari Sungai Kapuas. Taman Nasional Danau Sentarum Read More…

Rating: 4

Taman Nasional Danau Sentarum adalah Taman Nasional yang terdapat di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Memiliki luas 132.000 hektar Taman Nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang kaya serta mencakup tujuh kecamatan yang terdapat di kawasannya yakni kecamatan Batang Lupar, Bunut Hilir, Selimbau, Jongkong, Badau, Suhaid, dan Semitau. Taman Nasional Danau Sentarum ini merupakan daerah hamparan banjir terbesar di Indonesia bahkan Asian Tenggara dari Sungai Kapuas.

Taman Nasional Danau Sentarum saat musim penghujan memiliki debit air yang melimpah sementara saat musim kemarau danau menjadi mengering. Setidaknya di Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) terdapat sebanyak  265 jenis ikan air tawar, 675 tanaman, 147 mamalia, 311 burung, 64 reptil dan ampibi, serta 154 anggrek alam. Beberapa hewan serta tumbuhan endemik daerah ini juga hidup dan berkembang di TNDS seperti jelutung (Dyera costulata), ramin meranti (Shorea sp), (Gonystylus bancanus), tembesu/tengkawang (Shorea beccariana), keruing (Dipterocarpus sp), dan kayu ulin (Eusideroxylon zwageri).

sentarum » Taman Nasional Danau Sentarum, floodplain terluas di asia tenggara tempat hidup berbagai satwa dan tanaman langkaSelain itu masih ada beberapa satwa unik dan langka yang hidup di taman nasional ini tetapi cukup sulit untuk di temuai karena keberadaannya yang langka, satwa-satwa tersebut antara lain siamang, orangutan, tupai, tupai besar,  beruang madu, bekantan dan macan pohon yang menawan. Beberapa jenis burung juga hidup di tempat ini seperti rangkong, elang kepala putih, bekakak dan Burung Raja Udang.

Jika di total maka jumlah dusun yang berada di sekitar Taman Nasional Danau Sentarum adaalh sekitar 55 dusub, namun hanya 45 dusun saja yang menetap dan permanen berada di sekitar Taman Nasional Danau Sentarum. Sisanya atau sekitar 10 dusun lagi adalah dusun musiman, karena ini tidak terlepas dari keadaan Taman Nasional Danau Sentarum itu sendiri yang banyak air saat musim hujan tetapi surut saat musim kemarau. Saat air danau melimpah para penduduk berprofesi sebgai petani dan pencari ikan yang bnyak terdapat di Taman Nasional Danau Sentarum, namum saat musim kemarau dan adanau surut profesi berubah menjadi menjual ikan hias, menjual madu, dan berbagai jenis ikan hasil tangkapan untuk di konsumsi.

Berbagai kegiatan bisa di lakuakn leh wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Danau Sentarum antara lain, mengunjungi Bukit Lanjak dan Nanga Kenelang untuk melihat berbagai satwa langka seperti burung-burung endemik, bersampan di sekitar danau yang luas juga bisa di lakuakan saat air danau pasang. Selain itu masih ada Bukit Tekenang yang merupakan tempat laboratorium penelitian Balai Taman Nasional Danau Sentarum berada.

Untuk menuju Taman Nasional Danau Sentarum maka dari Pontianak, bisa melalui rute  Sintang untuk kemudian menuju Semitau. Sementara jika menggunakan jalur sungai bisa menggunakan perahu bandong dari Siantang ke Semitau. Jika usdah sampai  Semitau maka perjalanan tinggal dilanjutkan dengan perahu menuju  Lanjak.