Kebun Raya Bogor, Kebun raya asri yang menyimpan berbagai catatan sejarah hingga kini

Kebun Raya Bogor, Kebun raya asri yang menyimpan berbagai catatan sejarah hingga kini Reviewed by evacation on . This article We found is mainly about the info of Kebun Raya Bogor, Kebun raya asri yang menyimpan berbagai catatan sejarah hingga kini

Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun raya yang terletak di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kebun raya yang memiliki luas sekitar 87 hektar ini berada di kaki gunung salak, yang merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di ketinggian sekitar 2.000 m dpl dan terletak di perbatasan antar kabupaten Bogor dan Sukabumi. Curah hujan di Kebun Raya Bogor sangat tinggi serta beriklim sejuk dan basah, sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan berbagai Read More…

Rating: 4

Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun raya yang terletak di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kebun raya yang memiliki luas sekitar 87 hektar ini berada di kaki gunung salak, yang merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di ketinggian sekitar 2.000 m dpl dan terletak di perbatasan antar kabupaten Bogor dan Sukabumi. Curah hujan di Kebun Raya Bogor sangat tinggi serta beriklim sejuk dan basah, sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan berbagai vegetasi tanaman dan pohon yang dintaranya adalah termasuk kategori unik dan langka.

Tercatat kurang lebih sebanyak 400 jenis pohon palem, 5.000 pohon dari berbagai negara yang memiliki iklim tropis, dan merupakan rumah bagi 3.000 lebih varietas anggrek yang unik. Selain itu masih terdapat 3.504 lagi jenis tumbuhan serta 1.273 genus dalam 199 keluarga. Selain itu di kebun raya ini juga terdapat sebuah monumen untuk memperingati meninggalnya istri Raffles yakni Monumen Olivia Raffles.

bogor2 » Kebun Raya Bogor, Kebun raya asri yang menyimpan berbagai catatan sejarah hingga kiniMenurut catatan sejarah Kebun Raya Bogor ini adalah hasil dari inisiasi Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun  1811-1816. Sir Thomas Stamford Raffles sendiri merupakan serorang Gubernur Jenderal Hindia Timur saat pemerintahan Inggris berkuasa di nusantara. Dengan di bantu oleh para ahli botani, salah satunya adalah  W. Kent. Maka mulailah Raffles emmbangun dan mengembangkan kebun raya ini menjadi lebih cantik dan kaya oleh berbagai negetasi langka.

Sebagai sebuah objek wisata, Kebun Raya Bogor akan mengalami lonjakan pengunjung pada hari libur maupun akhir pekan seperti sabtu dan minggu. Pengunjung yang datang bisa menikmati suasana alam Kebun Raya Bogor yang rindang dengan berbagai tanaman dan tumbuhan yang memayunginya. Berjalan di jalan setapak yang membelah kebun raya yang kaya akan tumbuhan, melewati jembatan asri serta melihat dan mendengarkan sebuah sungai menaglir jernih di bawahnya akan membuat suasana pikiran menjadi segar dan lupa akan semua kepenatan.

Selain itu masih di sekitar kawasan Kebun Raya Bogor terdapat sebuah Istana yakni Istana Bogor yang indah, dan menyimpan catatan sejarah manis bagi bangsa Indonesia. Catatan manis tersebut adalah Konferensi Bogor pada tahun 1954 yang di hadiri oleh berbagai perwakilan negara-negara di dunia sebagai salah satu persiapan Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung. Catatan lain adalah pada tahun 15 November 1994 pertemuan tahunan menteri ekonomi APEC.

Sebagai sebuah salah satu kota penyangga Ibukota Jakarta, Bogor tidaklah sulit untuk di kunjungi hanya dengan perjalanan sekitar 1-1.5 jam pengunjung dari Jakarta bisa menikmati keasrian dan keindahan alam Kebun Raya Bogor yang indah alami. Yang harus di perhatikan adalah jika mengunjungi daerah Bogor pada akhir pekan maupun libur, maka jalan menuju kesana akan penuh dengan kendaraan sehingga kemacetan pun tidak bisa di hindari.