Tips Memilih Kendaraan untuk Perjalanan Bersama Keluarga
image source: pexels.com

Tips Memilih Kendaraan untuk Perjalanan Bersama Keluarga

Tips memilih kendaraan untuk teman perjalanan bersama keluarga perlu kamu perhatikan. Mobil keluarga yang nyaman memberikan kemudahan kegiatan saat berpergian jarak jauh, mudik maupun pulang ke kampung halaman.

Banyak masyarakat Indonesia banyak memilih mobil sporty dengan alasan velg besar serta ground clearance lebih tinggi. Banyak mobil yang memiliki keunggulan masing-masing dan memiliki kegunaannya masing-masing,

Kamu perlu jeli ketika memilih mobil untuk keluarga, agar tidak menyesal ketika terjadi masalah kedepannya. Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih kendaraan untuk keluarga.

Tips Memilih Kendaraan untuk Keluarga

Beberapa tips ini bisa sebagai referensi bagi kamu ketika hendak membeli kendaraan, baik pembelian mobil baru maupun mobil bekas. Tips ini kami sampaikan untuk kamu semoga menjadi manfaat, tips tersebut yaitu:

1. Kabin dan Bagasi

Tips memilih kendaraan yang pertama yaitu melihat kabin dan bagasi, tidak hanya bisa menampung 7 penumpang. Jika kamu sering berpergian jauh, kamu bisa mempertimbangkan apakah kabin lega serta kapasitas bagasi luas.

Jika tidak, akan mempersulit perjalanan jarak jauh kamu ketika harus membawa barang dan perlengkapan lainnya. Bayangkan jika kamu memiliki anggota keluarga sebanyak 6 orang.

Kabin yang lega akan membuat penumpangnya nyaman, sementara bagasi yang luas memudahkan membawa banyak barang. Seperti Hyundai Santa Fe yang memiliki kabin dan bagasi yang luas.

2. Irit bahan bakar

Tips memilih kendaraan kedua yaitu memiliki biaya bahan bakar yang irit. Kendaraan yang irit bahan bakar tentu menghemat pengeluaran jangka panjang. Dalam pengujian kendaraan memang perlu memilih kendaraan yang irit.

👉 BACA JUGA  Tips Memilih Jasa Transportasi Wisata Sebelum Pergi Berlibur

3. Sistem keamanan dan keselamatan

Pastikan mobil yang kamu pilih dan ingin kamu miliki sistem keamanan dan keselamatan memadai. Tidak hanya fitur standar seperti sabuk pengaman di setiap tempat duduk, airbag, dan automatic door locknya saja.

Tips memilih kendaraan ini kamu bisa memilih kendaraan dengan fitur-fitur seperti Hill Start Assist (HAS), Vehicle Stability Assist (VSA), Side Airbags serta Parking Sensor jadi nilai tambah.

4. Faktor penunjang kenyamanan

Fitur penunjang kenyamanan penting untuk dimiliki oleh semua kendaraan sebenarnya, tetapi tidak semua mobil memilikinya. Misalnya AC double blower yang menghembuskan udara sejuk penumpang belakang.

Fitur lainnya yang mesti dimiliki mobil pilihan kamu, seperti suspense nyaman dan empuk, suasana kabin yang kedap, armrest atau sandaran tangan. Serta power outlet dibaris kedua, jumlah kompartemen penyimpanan benda-benda kecil lainnya.

Seperti halnya All New Honda BRV yang memiliki 8 tempat botol air. Kemudian kursi baris ketiganya dapat dilipat untuk memudahkan membawa lebih banyak barang. Hal ini mendukung kamu jika melakukan perjalanan jauh.

5. Sparepart dan bengkel resmi

Tips memilih kendaraan selanjutnya adalah kamu harus mengecek tentang sparepart dan bengkel resmi untuk memberikan kemudahan kamu mendapatkan suku cadang harga suku cadang yang terjangkau.

Serta adanya bengkel resmi yang dekat dari tempat tinggal harus kamu pertimbangkan. Hal ini penting agar mobil kamu mendapatkan perawatan berkala, untuk kenyamanan saat dikendarai.

6. Ground Clearance

Tips selanjutnya yaitu mengenai Ground Clearance. Jika mobil pilihan kamu memiliki Ground Clearance yang tinggi kamu akan lebih percaya diri ketika mengendarainya.

7. Kapasitas mesin dan transisi

Pada kapasitas idealnya, kapasitas mesin untuk mobil keluarga dengan penumpang 7 orang adalah 1.500 cc. hal ini dikarenakan Ansa bisa tetap mendapat tenaga yang cukup.

👉 BACA JUGA  Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi yang Nyaman untuk Perjalanan

8. Desain dan tampilan

Tips memilih kendaraan yang terakhir yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah desain dan tampilan, sebenarnya pada hal ini tergantung selera masing-masing pengendara.

Tetapi salah satu alasan mengapa SUV 7 penumpang populer karena gambarannya yang terlihat gagah dan sporty, yang sangat disukai sebagian orang. Detail lainnya juga bisa kamu pertimbangkan, demi kepuasan hati.

Desain eksterior seperti desain grill, penggunaan lampu LED, Foglamp dan Daytime Running Light bisa menjadi pertimbangan untuk kamu. Velg dengan ukuran yang besar juga jadi nilai plus bagi kamu yang menginginkan mobil yang agresif.

Mobil dengan kapasitas besar dan luas untuk penumpang yang banyak memang perlu diperhatikan kenyamanannya. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu ketika ingin membeli mobil untuk keluarga, gunakan tips memilih kendaraan ini.

Originally posted 2022-08-09 12:37:43.