Tips Berlibur ke Jepang, Traveller Pemula Wajib Tahu

Ada beberapa tips berlibur ke Jepang yang wajib diketahui, terutama bagi kamu traveller pemula. Negeri Sakura nampaknya kini semakin tersohor, sebab banyak turis asing yang berbondong-bondong berlibur ke sana.

Indahnya bunga sakura di musim semi, keindahan gunung fuji, berbagai macam destinasi wisata. Semua itu mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke sana, termasuk wisatawan dari Indonesia.

Bila kamu ingin berencana untuk liburan ke Jepang, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum ke sana. Dengan mengetahui beberapa tips ini, dijamin liburan kamu akan semakin berkesan.

Tips Berlibur ke Jepang yang Perlu Diketahui

Jepang merupakan salah satu Negara yang sering dijadikan tujuan wisata para traveller, termasuk para traveller Indonesia. Di bawah ini beberapa tips penting untuk kamu yang ingin berlibur ke sana.

1. Siapkan semua dokumen persyaratan

biaya visa jepang
sc: pexels.com

Tips berlibur ke Jepang yang pertama, kamu perlu menyiapkan semua dokumen persyaratan terlebih dahulu. Seperti kita ketahui, berlibur ke Luar Negeri memerlukan proses administrasi yang cukup rumit.

Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan semua dokumen persyaratan jauh-jauh hari. Dokumen tersebut antara lain seperti paspor, visa kunjungan sementara serta kartu dan juga surat tanda pengenal.

2. Pesanlah penginapan di Hostel

hostel di jepang
sc: pexels.com

Tips berlibur ke Jepang yang berikutnya ialah pilihlah penginapan di hostel bukan hotel. Sebab keduanya menawarkan fasilitas serta harga yang berbeda, hotel lebih mahal dari hostel.

Harga menginap di hostel lebih murah 2 hingga 3x lipat dibandingkan di hotel. Maka, untuk lebih menghemat budget liburan kamu serta meminimalisir pengeluaran. Hostel bisa dijadikan pilihan penginapan terbaik.

3. Beli tiket serta paket liburan ketika promo

pesan tiket disneyland jepang
sc: pexels.com

Salah satu tips berikutnya agar kamu bisa lebih berhemat adalah beli tiket ketika promo. Biasanya promo tiket pesawat serta paket berlibur ke Jepang jatuh pada bulan September.

Hal tersebut karena bulan September ialah peralihan musim panas ke gugur, sehingga tidak banyak wisatawan yang berkunjung. Selain itu kamu juga perlu memesan tiket jauh-jauh hari.

Idealnya 3 minggu sebelum waktu keberangkatan. Biasanya harga tiket pesawat berkisar 8 hingga 12 juta rupiah. Tetapi bila memesannya jauh sebelum tanggal keberangkatan, kamu dapat memperoleh harga 6 juta rupiah.

4. Berkunjunglah ketika Jepang lagi musim dingin

gambar jepang keren
sc: pexels.com

Perlu diketahui, Jepang mempunyai 4 musim, yaitu musim semi, panas, dingin dan gugur. Tips berlibur ke Jepang yang selanjutnya datanglah ke sana sewaktu musim dingin.

Sebab setiap musim harga tiket penerbangannya berbeda-beda. Tiket paling murah ialah ketika terjadi musim dingin, jika biasanya pulang pergi harganya sebesar Rp5.000.000,- hingga Rp9.000.000,-.

Kini berubah menjadi Rp4.000.000,- hingga Rp7.000.000,- saja. Jadi jika kamu pergi ke sana ketika musim dingin, hal tersebut akan bisa menghemat budget liburan kamu.

👉 BACA JUGA  11 Negara yang Ramah Turis, Tempat Nyaman untuk Berlibur

5. Belilah Japan Rail Pass

japan rail pass

Tips berlibur ke Jepang yang berikutnya ialah belilah japan rail pass. Perlu diketahui ongkos transportasi di sana bisa dibilang cukup mahal. Bahkan untuk naik kereta cepat saja.

Kamu perlu merogok uang sekitar 1 juta rupiah per rute. Tetapi kamu bisa menyiasatinya dengan cara membeli JR Pass atau Japan Rail Pass yaitu paket transportasi kereta antar kota.

Harganya berkisar 3 hingga 3,5 juta rupiah dan berlaku selama seminggu. Dengan begini kamu bisa bebas ongkos transportasi secara gratis selama jangka waktu yang ditentukan. Jadi bisa lebih hemat biaya.

6. Belanjalah di toko serba 100 yen

japan store

Tips selanjutnya, belanjalah di toko serba 100 yen. Di Jepang kamu akan menjumpai toko yang menjual barang serba 100 yen. Toko tersebut tidak hanya menjual kebutuhan sehari-hari.

Tetapi juga menyediakan berbagai macam souvenir unik khas Jepang. Kamu bisa membeli pernak-pernik di toko tersebut untuk dijadikan sebagi buah tangan. Tetapi perlu diingat, semua produk dikenakan pajak 8%.

7. Selalu membaca serta mematuhi aturan di sana

peraturan di jepang
sc: pixabay.com

Ketika berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Jepang. Jangan lupa untuk selalu membaca serta mematuhi segala peraturan di sana. Sebab di kuil dan museum, kamu dilarang untuk mengambil gambar.

8. Koneksi internet di Jepang

koneksi internet di jepang

Tips berikutnya, sebaiknya kamu membawa WiFi portable dari Indonesia, sebab mayoritas orang di sana memakai paket data. Hal ini untuk mempermudah kamu mendapatkan koneksi internet selama berada di sana.

Jadi sebelum pergi ke Jepang, perhatikan dengan benar beberapa tips di atas. Dengan menerapkan beberapa tips berlibur ke Jepang yang ada di atas, dijamin liburan kamu akan semakin berkesan.

Originally posted 2022-10-21 00:08:16.