15 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Jawa Barat – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Berbagai macam makanan khas Jawa

kirno

IndoHolidayTourGuide | 15 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Jawa Barat – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Berbagai macam makanan khas Jawa Barat bisa Anda temukan di sini, mulai dari yang manis, asin, pedas, hingga gurih.

Makanan khas Jawa Barat juga memiliki ciri khas tersendiri, seperti penggunaan bumbu rempah, santan, oncom, dan sayuran segar. Jika Anda sedang berkunjung ke Jawa Barat, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi 15 makanan khas Jawa Barat berikut ini. Kalian pasti akan ketagihan dengan cita rasa yang unik dan lezat.

Makanan Khas Jawa Barat

Jadi, Apakah kalian pernah merindukan aroma harum rempah-rempah yang memenuhi udara, atau cita rasa yang menggugah selera dari makanan tradisional yang lezat? Jika iya, maka Anda telah memasuki wilayah kuliner yang kaya akan kearifan lokal dan kelezatan autentik: Jawa Barat. Provinsi ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan keberagaman makanan khasnya yang menggoda selera.

Dari hidangan yang segar hingga yang menggugah selera, makanan khas Jawa Barat memiliki daya tarik tersendiri yang sulit untuk dilewatkan. Mari kita melangkah lebih jauh dan menjelajahi kekayaan rasa dan tradisi yang tersembunyi di balik setiap hidangan khas Jawa Barat.

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom Khas Jawa Barat

Nasi tutug oncom adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Tasikmalaya. Makanan ini terdiri dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan hingga halus dan lembut.

Nasi tutug oncom biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal. Nasi tutug oncom memiliki rasa yang gurih dan asin dari oncom, serta pulen dan manis dari nasi. Makanan ini sangat cocok untuk Anda yang suka makanan sederhana tapi mengenyangkan.[^1^][1]

2. Empal Gentong

Empal Gentong

Sudah sering dengar dong! Empal gentong merupakan makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Cirebon. Makanan ini adalah semacam gulai daging sapi yang dimasak di dalam gentong tanah liat.

Bumbu yang digunakan untuk membuat empal gentong antara lain adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, ketumbar, dan garam.

Empal gentong biasanya disantap dengan nasi atau lontong, serta sambal dan kerupuk. Empal gentong memiliki rasa yang gurih, pedas, dan harum dari bumbu rempah. Dagingnya juga empuk dan mudah disuwir.

3. Surabi

Surabi

Surabi adalah kue tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Surabi dibuat dengan cara dipanggang di atas cetakan yang berlubang-lubang. Surabi ada yang berasa manis dan ada yang berasa asin.

Surabi manis biasanya disiram dengan gula merah cair, atau diberi topping seperti keju, cokelat, durian, dan lain-lain. Surabi asin biasanya diberi topping seperti oncom, telur, sosis, dan lain-lain. Surabi memiliki tekstur yang lembut, kenyal, dan legit. Surabi cocok untuk Anda yang suka makanan ringan dan manis.

4. Manisan Pala

Manisan Pala

Manisan pala adalah salah satu oleh-oleh khas Jawa Barat yang berasal dari Garut. Manisan pala adalah buah pala yang diolah dengan cara direbus dan diberi gula.

Manisan pala ada yang kering dan ada yang basah. Manisan pala kering biasanya dipotong-potong kecil dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Manisan pala basah biasanya disimpan di dalam toples dengan sirup gula.

Manisan pala memiliki rasa yang manis, asam, dan sedikit pedas. Manisan pala juga memiliki aroma yang khas dan menyegarkan. Manisan pala cocok untuk Anda yang suka makanan asam-manis dan menyehatkan.

5. Nasi Timbel

IndoHolidayTourGuide | 15 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Nasi timbel adalah makanan khas Jawa Barat yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Nasi timbel biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, lalapan, dan sambal.

Nasi timbel memiliki rasa yang harum dan pulen dari nasi yang dikukus, serta gurih dan lezat dari lauk pauknya. Nasi timbel sangat cocok untuk Anda yang suka makanan berat dan bergizi.

6. Batagor

Batagor

Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng, yaitu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tahu yang diisi dengan daging ikan tenggiri dan tepung sagu, kemudian digoreng hingga kering. Batagor biasanya disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air jeruk nipis.

Batagor memiliki rasa yang gurih, renyah, dan pedas. Batagor cocok untuk Anda yang suka makanan gorengan dan berbumbu.

7. Karedok

Karedok

Karedok adalah salah satu jenis salad khas Jawa Barat yang terbuat dari sayuran mentah seperti kacang panjang, kol, tauge, kubis, kemangi, dan terong.

Karedok disiram dengan bumbu kacang yang dibuat dari kacang tanah, cabai, bawang putih, gula, garam, dan air asam. Karedok memiliki rasa yang segar, pedas, dan gurih. Karedok cocok untuk Anda yang suka makanan sehat dan rendah kalori.

8. Combro

Combro

Combro adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong parut yang dibentuk bulat dan diisi dengan oncom, kemudian digoreng hingga kering. Combro memiliki rasa yang gurih, renyah, dan asin. Combro cocok untuk Anda yang suka makanan kriuk-kriuk dan berbahan dasar singkong.

9. Makaroni Panggang

IndoHolidayTourGuide | 15 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Selanjutnya ada Makaroni panggang yang menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari makaroni yang dicampur dengan daging cincang, keju, susu, telur, dan bumbu, kemudian dipanggang hingga matang.

Makaroni panggang memiliki rasa yang gurih, manis, dan lembut. Makaroni panggang cocok untuk Anda yang suka makanan berat dan berkeju.

10. Dorokdok

Dorokdok

Dorokdok merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari kulit kerbau yang direbus dan digoreng hingga kering. Dorokdok biasanya disajikan dengan bumbu kacang, sambal, dan lalapan. Dorokdok memiliki rasa yang gurih, renyah, dan pedas. Dorokdok cocok untuk Anda yang suka m

11. Lontong Kari

Lontong Kari

Lontong kari adalah makanan khas Jawa Barat yang terdiri dari lontong yang disajikan dengan kuah kari yang kental dan gurih. Kuah kari biasanya berisi daging sapi, kentang, wortel, dan buncis.

Lontong kari juga dilengkapi dengan sambal, bawang goreng, dan kerupuk. Lontong kari memiliki rasa yang hangat, pedas, dan nikmat. Lontong kari cocok untuk Anda yang suka makanan berkuah dan berbumbu.

12. Gehu

Gehu

Gehu adalah singkatan dari tahu isi goreng, yaitu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tahu yang diisi dengan adonan tepung, taoge, dan wortel, kemudian digoreng hingga kering.

Gehu biasanya disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan acar. Gehu memiliki rasa yang gurih, renyah, dan manis. Gehu cocok untuk Anda yang suka makanan gorengan dan berisi.

13. Soto Kuning

Soto Kuning

Soto kuning adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari kuah kaldu sapi yang berwarna kuning karena menggunakan kunyit sebagai bumbunya.

Soto kuning biasanya berisi daging sapi, bihun, kentang, tomat, daun bawang, dan seledri. Soto kuning juga disajikan dengan nasi, sambal, dan kerupuk. Soto kuning memiliki rasa yang gurih, segar, dan harum. Soto kuning cocok untuk Anda yang suka makanan hangat dan menyehatkan.

14. Bala-bala

IndoHolidayTourGuide | 15 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Bala-bala adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan sayuran seperti wortel, kol, dan tauge, kemudian digoreng hingga kering.

Bala-bala biasanya disajikan dengan saus tomat, saus sambal, atau saus asam manis. Bala-bala memiliki rasa yang gurih, renyah, dan asam manis. Bala-bala cocok untuk Anda yang suka makanan ringan dan berserat.

15. Cimol

Cimol

Cimol adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat dan direbus hingga mengembang, kemudian digoreng hingga kering.

Cimol biasanya disajikan dengan bumbu tabur seperti bawang goreng, cabai bubuk, atau garam. Cimol memiliki rasa yang gurih, renyah, dan kenyal. Cimol cocok untuk Anda yang suka makanan kriuk-kriuk dan berkarbohidrat.

Kesimpulan

Itulah 15 makanan khas Jawa Barat yang wajib Anda coba jika berkunjung ke provinsi ini. Makanan khas Jawa Barat memiliki keanekaragaman rasa, bahan, dan cara pembuatan yang menarik dan menggoda selera.

Kalian bisa menemukan makanan khas Jawa Barat di berbagai tempat, mulai dari warung, rumah makan, hingga restoran. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh makanan khas Jawa Barat untuk keluarga dan teman-teman Anda di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Post