Tempat Wisata Aman dengan Aplikasi Peduli Lindungi

Ketika berlibur, tentunya kamu ingin mengunjungi berbagai tempat wisata aman sejak terjadinya pandemi. Sudah menjadi hal wajar untuk ingin mengurangi risiko tertular virus covid.

Sejak pandemi menyerang secara global, terdapat banyak sektor atau industri terkena imbasnya. Dampak yang ditimbulkan dapat berupa ragam, seperti kesehatan, ekonomi, sosial, kehilangan pekerjaan, ketidakstabilan, dan sebagainya.

Tentunya berbagai macam destinasi wisata merasakan dampak tersebut secara signifikan. Sesuai dengan tujuannya saja, bahwa lokasi tersebut untuk orang-orang melakukan wisata bersama teman, keluarga, dan juga orang terkasih.

Dengan terjadinya pandemi sejak tahun 2020, banyak lokasi wisata mendapati pengunjung semakin sepi, mengalami kerugian, dan juga mengurangi tenaga kerja tempat itu sendiri. Bahkan mungkin saja mengalami kebangkrutan atau menutup lokasi secara terpaksa.

Namun seiringnya waktu, pemerintah juga berusaha untuk menangani situasi pandemi hingga sekarang. Maka dari itu, banyak sektor dapat mengambil langkah untuk bangkit kembali dimana salah satunya adalah sektor pariwisata.

Berbagai kebijakan tentunya diciptakan untuk mengurangi pertumbuhan dari virus itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, berbagai kebijakan itu sendiri membantu menciptakan tempat wisata aman untuk dikunjungi orang-orang.

Salah satu kebijakannya adalah penggunaan aplikasi secara serentak dari pemerintahan, yaitu Peduli Lindungi. Platform ini diharapkan untuk dipakai secara bijaksana dan sepantasnya oleh para warga.

Pemanfaatan Peduli Lindungi Menjadikan Tempat Wisata Aman untuk Dikunjungi

Secara tujuan awalnya, memang bahwa Peduli Lindungi sendiri diciptakan untuk membantu pemerintah melacak penyebaran virus dengan efektif. Hal itu menjadikannya salah satu aplikasi wajib kamu miliki di handphone ketika bepergian.

Peduli Lindungi sendiri akan terhubung dengan NIK masing-masing. Secara tidak langsung, informasi dasar atau pribadi kamu juga akan tersedia ketika login di software tersebut.

Salah satu fitur atau fungsi yang dikenal banyak penggunanya adalah sebagai media penyimpanan atau mengunduh sertifikat vaksin. Sudah seharusnya bagi kamu dan warga Indonesia lainnya untuk vaksin sesuai dosis yang tersedia.

Kemudian manfaat yang dapat dirasakan adalah notifikasi ketika sedang berada di area zona merah atau keramaian. Notifikasi tempat wisata aman tersebut juga berlaku ketika ada orang positif atau Pasien Dalam Pengawasan di sekitar.

Ketika kamu beserta orang lain menggunakan Peduli Lindungi di sebuah kawasan publik, pastinya akan terdeteksi lokasi pengguna. Maka dari itu, dapat memudahkan pemerintah untuk melakukan pengawasan dan identifikasi masyarakat secara digital.

Berbagai pengguna mungkin telah melakukan tes antigen atau PCR dari laboratorium atau pihak medis yang terafiliasi dengan pemerintah. Setiap tes tersebut akan terdaftar di aplikasi masing-masing.

Pemanfaatan lainnya juga tidak kalah penting, sebagai syarat untuk mengakses layanan publik. Berbagai area publik seperti pusat perbelanjaan, tempat wisata, stasiun, dan sebagainya hampir selalu terisi dengan kawasan orang banyak.

Sebagai contoh, para pekerja wisata akan ikut serta menciptakan tempat wisata yang aman bagi para pengunjungnya dengan memeriksa para pengunjung terkait program vaksinasi. Hal itu juga akan mempengaruhi penyebaran virus dengan seiringnya waktu.

Pilihan Tempat Wisata Aman Disertai Peduli Lindungi

Tentunya pandemi tidak akan berlangsung selamanya, dan berbagai kebijakan diharapkan akan membantu mengurangi penyebaran virus itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, berbagai lokasi wisata juga telah mulai beroperasi seperti normal.

Berbagai daerah atau provinsi besar di Indonesia tentunya sudah segera menerapkan aplikasi PeduliLindungi. Daerah tersebut mencakup DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan juga Jawa Timur.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Untuk kawasan DKI Jakarta banyak tempat wisata aman yang dapat kamu kunjungi. Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu destinasi teramai, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sewajarnya.

2. Margasatwa Ragunan

Tempat lainnya di DKI Jakarta adalah Margasatwa Ragunan. Sebuah lokasi dengan penawaran alam sejuk, serta memiliki lebih dari 2.000 satwa.

3. Candi Prambanan

Kalau bicara mengenai D.I.Y, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Candi Prambanan. Salah satu candi favorit di Indonesia dengan bentuk arsitekturnya yang kompleks, namun indah di mata para pengunjung.

4. Lawang Sewu

Untuk daerah Jawa Tengah, kamu dapat mengunjungi Lawang Sewu yang merupakan sebuah museum mengenai perkembangan kereta api di Indonesia. Kamu dapat menikmati nuansa bangunan yang bersejarah dan hunting foto sepuasnya.

5. Taman Safari Bogor dan Jatim Park

Destinasi lainnya seperti Taman Safari Bogor, Jatim Park, dan lainnya juga menjadi tempat wisata yang aman yang dapat dikunjungi walaupun masih pandemi. Jangan lupa untuk tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi ketika bepergian.

Walaupun pandemi masih berlaku, mengikuti berbagai protokol kesehatan akan mengurangi risiko kamu terkena virus ketika traveling. Berbagai tempat wisata aman dengan fasilitas Peduli Lindungi dapat kamu kunjungi untuk menghilangkan stres.