Pantai Goa Langir : Lokasi, Rute dan Fasilitasnya

Liburan ke pantai yang sekaligus ada guanya, seperti sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Jadi, sekali liburan bisa mendapatkan dua sensasi sekaligus. Nah, hal ini bisa Anda dapatkan dengan berlibur ke pantai Goa Langir yang lokasi ada di Banten. 

Pantai ini termasuk dalam bagian sisi Dusun Rekreasi Sawarna, Lebak Banten. Pantai ini terbilang masih natural dengan pengunjung yang belum terlalu ramai. Jadi, selain berlibur Anda bisa menikmati ketenangan disana. Lalu seperti apa pantainya! Inilah penjelasanya! 

Baca Juga : 7 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta yang Anti Mainstream

Lokasi Pantai Goa Langir 

Pantai Goa Langir Banten

Lokasi dari Pantai ini ada di Dusun Rekreasi Sawarna yang berlokasi di Kecamatan Bayah, Lebak Banten. Sebelah barat Pantai Ciantir, kurang lebih 1 KM untuk menuju pantai ini. 

Anda bisa melalui dengan jalan kaki melewati pesisir pantai, atau bisa melewati jalan yang sudah dibuat khusus. Pantai ini termasuk jarang dikunjungi wisatawan, alasannya karena lokasi yang tersembunyi. 

Meski tersembunyi, pemandangan dan lokasinya sangatlah bagus. Ketika Anda sampai ke Pantai Goa Langir, Anda langsung disuguhkan pemandangan megah perpaduan dari hamparan pasir putih membentang luas juga bukit batu yang tinggi menjulang.

Penyebutan nama ‘Goa Langir’ sebab bagian area bibir pantai banyak sekali ditemukan goa-goa, salah satunya adalah goa dengan nama Goa Langir. Jadi sangat jelas, selain menikmati pantai Anda juga bisa menikmati goa-goa disana. 

Rute Menuju Pantai Goa Langir

 

Pantai Goa Langir Banten

Ada beberapa rute yang dapat Anda lewati ketika menuju ke Pantai Goa Langir. Tenang saja, soal rute sangat mudah dilewati dan aksesnya juga lumayan bagus. Anda dapat melewati jalur Rangkasbitung(150 KM) bahkan bisa juga dari Pelabuhan Ratu(46 KM).

Bagi Anda yang asalnya dari luar kota misalnya Jakarta, Bogor atau Bandung dapat memakai rute perjalan berikut ini : 

– Rute Timur

Kalau Anda mengambil jalur timur, maka akan melewati rute Bogor. Melewati jalur ini memang lumayan cepat. Sayangnya kondisi jalan cukup curam, banyak sekali tanjakan, turunan bahkan belokan, utamanya jika Anda pilih menggunakan jalan Cikidang. Inilah pilihan rutenya : 

  • Jakarta menuju Ciawi, melewati Bogor, menuju Cibadak, baru ke Pelabuhan Ratu, menuju Cisolok dan sampai di Sawarna.
  • Jakarta menuju Ciawi, melewati Bogor, menuju Cikidang, baru e Pelabuhan Ratu, menuju Cisolok dan sampai di Sawarna.
  • Jakarta menuju Bogor, melewati Cijeruk, menuju Cikidang/Cibadak, lanjur ke Pelabuhan Ratu, menuju Cisolok, sampai di Sawarna.

– Rute Barat

Jika Anda datang dari Jakarta melewati rute barat, maka Anda dapat memilih melalui jalur Serang, Rangkasbitung hingga Cilegon. Memakai jalur barat memang cukup memakan waktu agak lama. Namun kondisi jalan cukup bagus dan stabil. Inilah rute barat dari Jakarta menuju Sawarna yang dapat Anda pilih : 

  • Jakarta menuju Serang, lanjut ke Pandeglang, menuju Saketi, kemudian menuju ke Malingping, menuju Bayah dan sampai di Sawarna.
  • Jakarta menuju Rangkasbitung, lanjut ke Gunung Kencana, menuju ke Malingping, lewat jalur Bayah, dan sampai di Sawarna.
  • Jakarta menuju Cilegon, melewati jalur Anyer, lanjut ke Labuan, menuju Malingping, lanjut ke jalur Bayah dan sampai di Sawarna.

– Rute Bandung

Kalau Anda mengambil arah dari Bandung, Anda tinggal saja pergi ke Cianjur kemudian ke Sukabumi. Kemudian dari Sukabumi dilanjutkan ke Cibadak dan sampailah pada Pelabuhan Ratu, Cisolok. Kemudian terakhir Anda akan sampai di Sawarna.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Langir

Pantai Goa Langir Banten

Berwisata pasti yang ada dalam benak Anda adalah harga tiket yang harus dibayarkan. Tenang saja, jika Anda berkunjung ke pantai ini hanya dikenai biaya tiket masuk kurang lebih Rp5.000 saja per orang. Jadi, sangat sangat murah apalagi dengan fasilitas di dalamnya yang cukup lengkap. 

Biaya masuk akan diminta ketika Anda sudah melewati jalan masuk tertentu, tetapi jika masuk menuju Pantai Goa Langir lebih baik melewati bibir pantai dari Pantai Ciantir atau Pantai Tanjung Layar maka tidak perlu Anda membayar lagi.

Meski pantai ini dapat diakses lewat jalan kaki dari Pantai Ciantir, namun banyak wisatawan yang bisa masuk lewat pintu masuk khusus.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Dalam Negeri Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Aktivitas menarik di Pantai Goa Langir

Jangan khawatir saat Anda berkunjung ke Pantai Ini ada banyak aktivitas yang bisa Anda kerjakan, apalagi pantau ini cenderung sunyi. Inilah beberapa aktivitas yang cocok untuk Anda lakukan: 

1. Mengabadikan Moment

Ketika berlibur tidak afdol jika tidak mengabadikan momen setiap detiknya, oleh karena itu Anda harus bersiap kamera sehingga bisa diabadikan dengan video dan foto. Ada banyak spot atau area yang sangat cocok untuk menghasilkan foto yang instagramable. 

Anda dapat berswafoto dengan background deburan ombak, mulut goa, tebing batu, langit sunset hingga sunset dapat dijadikan momen juga lokasi yang tepat untuk mengambil video dan foto. 

Makanya sebelum berangkat liburan Anda harus mempersiapkan perlengkapan dengan matang. Pastikan juga baterai kamera dalam kondisi full, tidak masalah bawa power bank atau jika perlu bawa baterai cadangan. 

2. Camping Ground

Kalau Anda menghabiskan waktu liburan yang cukup panjang, sebaiknya ambil penginapan di pinggir pantai ini dengan mendirikan tenda. Karena memang, di pantai ini wisatawan dapat mendirikan tenda. 

Supaya lebih aman lebih baik minta izin  dahulu terhadap penjaga. Ada baiknya minta petunjuk titik aman untuk mendirikan tenda. Coba deh bayangkan bagaimana suasana hangat berkemah di malam hari sambil menyalakan api unggun. 

Bahkan jika suasana langit mendukung, Anda juga bisa melihat pemandangan langit dengan bertabur bintang yang indah. Bayangkan jika Anda bersama keluarga, pasti bisa saling mempererat hubungan. 

3. Bermain sepuasnya di Pantai Goa Langir

ingat pantai ini memang tidak direkomendasikan sebagai lokasi berenang! Namun tenang saja Anda bisa bermain-main di tepi pantai bareng keluarga, pasangan, atau sahabat. Tenang saja, lokasi ini sangat cocok untuk mainan pasir. Anda bisa membuat istana pasir untuk meningkatkan kreativitas Anda. 

Hamparan pasir pada lokasi ini cukup luas dan dapat dipakai untuk berbagai kegiatan seperti bermain games, tempat gathering, dan sebagainya. Bahkan Anda juga bisa mengubur diri di pantai. Tentunya ini sangat menyenangkan dan bisa pertemanan atau hubungan semakin erat. 

4. Menikmati Keindahan Goa

Bukan hanya menikmati pantai yang indah, namun Anda juga bisa mengunjungi beberapa Goa di Pantai ini. Salah satunya adalah goa paling besar yakni Goa Langir, tingginya bisa mencapai 10 meter dengan lebar 3 meter.

Layaknya goa pada umumnya, kondisi goa ini lumayan lembab. Ada banyak bebatuan stalaktit juga stalakmit yang menghiasi masing-masing sudut goa. Untuk memasuki goa sangat disarankan menggunakan peralatan misalnya helm dan senter.

Baca Juga : Pantai Karang Tepas Garut : Lokasi, Harga Tiket & Fasilitas

Goa Langir ada di bagian bibir pantai, jadi ketika terjadi pasang air laut dapat masuk ke dalam goa. Jalur goa ini memang cukup panjang, namun jalurnya sudah tertutup longsor.

Memang bukan hanya Goa Langir saja, Anda dapat mengunjungi goa lain seperti Goa Seribu Candi, Goa Kanekes, hingga Goa Harta karun.

Demikianlah informasi tentang Pantai Goa Langir yang sangat cocok untuk Anda kunjungi. Semoga membantu dan selamat liburan.