15 Tips Membawa Bayi Dalam Perjalanan Jauh dengan Mobil
image source: pexels.com

15 Tips Membawa Bayi Dalam Perjalanan Jauh dengan Mobil

Bepergian jarak jauh sambil menggendong anak membutuhkan kesabaran lebih. Pasalnya, bayi cepat bosan karena lingkungan di sekitarnya. Jadi, coba baca Tips untuk bepergian jarak jauh dengan mobil Apalagi bagi yang membawa anak-anak.

15 tips untuk membawa anak Anda dalam perjalanan panjang dengan mobil

Pada usia berapa anak-anak dapat bepergian? Menurut informasi dari dokter, bayinya stabil di usia 1 bulan dan beratnya sekitar 4 kg. Pada usia tersebut, anak-anak dapat dianggap aman untuk bepergian. Padahal, membawa anak kecil untuk perjalanan jauh bukanlah hal yang mudah. Mudah membawa bayi jikanya usia 1 sampai 3 bulan, karena mereka tidak aktif dan banyak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Akan tetapi, menggendong anak dalam perjalanan panjang dengan mobil merupakan kekhawatiran bagi banyak orang tua, karena anak dapat menjadi terlalu lelah dan rewel. Lalu bagaimana jika bayi sudah besar dan aktif? Jangan bingung, simak 15 tips di bawah ini untuk mengajak anak Anda bepergian jauh dengan mobil.

1. Siapkan kursi bayi yang nyaman

Tips pertama untuk membawa anak Anda dalam perjalanan jauh adalah membuat mobil nyaman, terutama di kursi anak. Untuk bayi yang sudah bisa duduk, lebih nyaman duduk di car seat yang didesain khusus untuk bayi. Kursi mobil bayi ini umumnya dirancang tidak hanya untuk keselamatan bayi tetapi juga untuk kenyamanan bayi saat tidur di sana. Ini adalah cara paling aman untuk menggendong bayi yang baru lahir di dalam mobil, tetapi Anda tetap perlu memberikan perhatian ekstra.

2. Buat rencana perjalanan yang fleksibel

Tips selanjutnya untuk mengajak si kecil melakukan perjalanan jauh dengan mobil adalah dengan membuat jadwal perjalanan yang fleksibel. Pastikan jadwal bayi seperti jadwal tidur, jadwal makan dan lain-lain tidak terganggu selama perjalanan. Ada kalanya situasi yang direncanakan dengan matang menjadi gagal. Misalnya, perjalanan jauh dengan mobil yang direncanakan selama 4 jam, bisa memakan waktu hingga 6 jam karena kemacetan lalu lintas. Kondisi seperti itu membuat anak merasa tidak nyaman, lelah dan mudah rewel. Jadi, sebaiknya siapkan plan tambahan alias plan B untuk berjaga-jaga. Misalnya menambah waktu berhenti dan istirahat di rest area.

3. Siapkan perlengkapan bayi

Bepergian dengan bayi berarti Anda harus membawa banyak barang penting. Anda harus melakukan sesuatu agar Anda tidak meninggalkan apa pun. Periksa barang apa yang akan dibawa. Berikut adalah perlengkapan bayi untuk perjalanan jauh:

  • Popok bayi
  • Krim ruam popok
  • Sebotol susu
  • Baju
  • Peralatan makan
  • Obat-obatan
  • Bantal bayi
  • Mainan
  • Pompa ASI dan botol atau susu formula
  • Tisyu bayi
  • Kantong sampah
  • Dan seterusnya.

Perlengkapan anak untuk perjalanan jauh tidak boleh terlalu banyak, disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kenyamanan lebih, pertimbangkan membawa peralatan berikut:

  • Kursi mobil bayi
  • Gendongan atau tas bayi

4. Jauhkan hal-hal penting dari jangkauan

Selain menyiapkan perlengkapan bayi, sebaiknya letakkan barang-barang yang diperlukan di tempat yang wajar agar mudah diambil. Untuk perjalanan jauh, beberapa perlengkapan bayi seperti popok, krim popok, dan tisu bayi sebaiknya disimpan di samping ibu. Jangan hanya menyiapkan untuk si buah hati, tapi jangan lupa siapkan snack untuk Anda, ya!.

5. Ciptakan lingkungan yang nyaman di dalam mobil

Baik itu perjalanan jauh atau perjalanan singkat, lebih baik menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi di dalam mobil. Tujuannya agar anak tetap betah meski berada jauh dari rumah. Anda dapat membawa barang-barang favorit seperti mainan, selimut, mainan dan lainnya.

6. Periksa cuaca

Kondisi cuaca adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam perjalanan jauh, terutama jika Anda bersama anak-anak. Tidak ada salahnya untuk mengecek prakiraan cuaca dari BMKG sebelum tanggal keberangkatan untuk persiapan. Membuat rencana Jika hujan di jalan.

7. Bawa anak di sisinya

Meskipun ada kursi mobil, Bukan berarti Anda tidak memperhatikannya, ya, pastikan Anda duduk di samping bayi yang mengawasi dan menemaninya. Tujuannya untuk menemani si kecil selama perjalanan.

8. Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain

Jika Anda bepergian dengan keluarga besar, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan merawat bayi. Selain bisa istirahat sejenak, kamu tidak perlu terlalu khawatir karena ada yang membantu.

9. Perkiraan waktu perjalanan

Tips selanjutnya untuk mengajak anak Anda melakukan perjalanan jauh dengan mobil adalah dengan memperkirakan waktu tempuhnya. Dengan cara ini, Anda bisa tahu berapa lama Anda bisa berhenti Tempat peristirahatan beristirahat. Paling tidak kalau bawa bayi harus berhenti selama dua-tiga jam untuk mengganti popok, menyusui dan istirahat dari tempat duduk.

10. Pastikan anak dalam keadaan sehat saat Anda pergi

Pastikan anak Anda sehat dan siap untuk perjalanan jauh. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai rencana keberangkatan Anda bersama anak. Dengan cara ini, Anda bisa lebih memahami apa yang perlu dilakukan untuk melindungi kesehatan bayi selama perjalanan.

11. Kenakan pakaian yang nyaman

Selain memperhatikan kesehatannya, jangan lupa untuk mengenakan pakaian bayi yang nyaman! Karena kulit bayi sensitif, Anda harus memperhatikan hal ini saat bepergian jauh.

12. Jangan lupa selimut dan baju hangat

Anak-anak mungkin merasa kedinginan karena suhu AC mobil. Tips selanjutnya untuk mengajak si kecil dalam perjalanan jauh dengan mobil adalah dengan menyiapkan selimut dan baju hangat. Pastikan selimut bayi empuk, ya!

13. Temukan teman seperjalanan untuk merawat bayi

Selain bersama suami, bepergian jarak jauh dengan bayi sebaiknya ditemani oleh anggota keluarga lain atau lebih baik jika ada pengasuh anak. Hal ini untuk memastikan bahwa tempat anak di dalam mobil tetap dalam pengawasan. Ibu bisa bergiliran merawat bayi agar waktu istirahatnya cukup.

14. Bawa Celemek Menyusui

Tips lainnya adalah membawa celemek menyusui. Terutama bagi mereka yang sedang menyusui bayi. Fungsi celemek menjadi sangat berguna saat bayi harus menyusui di tempat umum. Ada banyak toko yang menjualnya.

15. Tenang

Tips mengemudi jarak jauh dengan bayi adalah untuk menenangkan pikiran ibu. Panjangnya perjalanan dan kemacetan sering membuat kita emosi. Cobalah untuk membuat diri Anda nyaman dengan situasi tersebut sehingga semua penumpang, termasuk si kecil di dalam mobil, merasa nyaman. Jadi, pastikan bayi sehat, nyaman dan siap untuk perjalanan jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.