Itinerary Vietnam 10 Hari, Perkiraan Akomodasi dan Biaya

Itinerary Vietnam 10 Hari – Vietnam, dengan keindahan alamnya yang mempesona dan budayanya yang kaya, adalah destinasi yang ideal untuk perjalanan selama 10 hari. Mulai

kirno

IndoHolidayTourGuide | Itinerary Vietnam 10 Hari, Perkiraan Akomodasi dan Biaya

Itinerary Vietnam 10 Hari – Vietnam, dengan keindahan alamnya yang mempesona dan budayanya yang kaya, adalah destinasi yang ideal untuk perjalanan selama 10 hari. Mulai dari kota-kota yang sibuk hingga pemandangan alam yang menakjubkan, perjalanan ini menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Banyak hal yang perlu dipikirkan dan pertimbangkan saat akan melakukan perjalanan liburan ke sebuah negara lain atau biasa dikenal liburan ke Luar negeri. Yap, hal ini telebih bagi mereka yang baru pertama kali akan berkunjung.

Persiapannya tidak hanya soal biaya, namun memerlukan intineray yang terstruktur dimulai dari hari pertama hingga hari terakhir liburan di Negara tersebut.

Itinerary Vietnam 10 Hari

Vietnam, sebuah negara yang memikat dengan keindahan alamnya yang mempesona, sejarah yang kaya, dan budaya yang beragam, menjadi tujuan yang sempurna untuk perjalanan selama 10 hari.

Dalam waktu singkat ini, Anda dapat merasakan energi kota-kota besar, ketenangan desa-desa kuno, serta keajaiban alam yang menakjubkan. Mulai dari hingar-bingar Kota Ho Chi Minh hingga keindahan Teluk Halong, itinerary ini akan membawa Anda melalui pengalaman yang tak terlupakan.

Mari kita jelajahi Vietnam dalam 10 hari yang penuh dengan petualangan, kuliner lezat, dan kenangan indah yang akan selalu terpatri dalam ingatan.

Hari 1: Kota Ho Chi Minh

Kota Ho Chi Minh, yang dulu dikenal sebagai Saigon, adalah kota terbesar di Vietnam dan merupakan pintu gerbang ke perjalanan Anda. Kota ini kaya akan sejarah, budaya, dan menawarkan berbagai atraksi wisata yang menarik.

Setibanya di Kota Ho Chi Minh, Anda bisa langsung menuju hotel untuk check-in dan beristirahat sejenak. Pilihlah akomodasi yang berada di distrik 1, karena kawasan ini dekat dengan berbagai objek wisata dan restoran terkenal. Untuk akomodasi dengan anggaran terbatas, pertimbangkan untuk menginap di hostel atau guesthouse yang harganya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000 per malam.

Pada sore hari, kunjungi Pasar Ben Thanh untuk merasakan atmosfer lokal dan mencicipi makanan khas Vietnam seperti pho dan banh mi. Di malam hari, jangan lewatkan pemandangan kota dari ketinggian dengan mengunjungi Skydeck di Bitexco Financial Tower.

Hari 2: Terowongan Cu Chi

Terowongan Cu Chi adalah saksi bisu dari sejarah perang Vietnam. Terowongan ini dulu digunakan oleh para pejuang Vietnam sebagai tempat persembunyian, markas, dan jalur komunikasi selama perang melawan Amerika.

Pagi hari, ikuti tur setengah hari ke Terowongan Cu Chi. Tur ini biasanya memakan biaya sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per orang, termasuk transportasi pulang-pergi dari hotel dan tiket masuk. Di sini, Anda bisa belajar tentang sejarah terowongan ini, melihat langsung betapa sempitnya lorong-lorong bawah tanah, dan bahkan mencoba merangkak di salah satu terowongan.

Setelah kembali ke Kota Ho Chi Minh, habiskan sore hari dengan mengunjungi Museum Sisa Perang untuk memahami lebih dalam tentang sejarah Vietnam.

Hari 3: Terbang ke Danang dan Hoi An

Danang dan Hoi An adalah dua kota yang menawarkan pesona yang berbeda. Danang terkenal dengan pantainya yang indah, sementara Hoi An adalah kota kuno yang terjaga dengan baik dan kaya akan budaya serta sejarah.

Pagi ini, Anda akan terbang ke Danang, dengan penerbangan yang memakan waktu sekitar 1,5 jam. Setibanya di Danang, Anda bisa langsung menuju Hoi An yang berjarak sekitar 30 km. Biaya penerbangan domestik biasanya berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000.

Setelah check-in di hotel di Hoi An, habiskan sore hari dengan menjelajahi Kota Tua Hoi An. Kota ini terkenal dengan arsitektur kunonya yang masih terjaga dengan baik, lampion-lampion yang berwarna-warni, serta sungai yang tenang. Pilih akomodasi di homestay atau boutique hotel dengan harga mulai dari Rp 300.000 per malam.

Itinerary Malaysia 4 Hari 3 Malam Bersama Anak

Hari 4: Menjelajahi Hoi An

Hoi An bukan hanya tentang bangunan kuno, tetapi juga tentang seni kerajinan tangan, kuliner, dan aktivitas lokal yang menarik.

Mulailah hari Anda dengan bersepeda mengelilingi desa-desa di sekitar Hoi An, seperti Desa Kerajinan Tangan Thanh Ha dan Desa Organik Tra Que. Anda bisa menyewa sepeda dengan biaya sekitar Rp 50.000 per hari. Jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan lokal seperti cao lau, mi quang, dan banh xeo di pasar lokal atau warung makan.

Pada malam hari, kunjungi Pasar Malam Hoi An yang menawarkan berbagai souvenir unik dan makanan jalanan yang lezat. Suasana malam di Hoi An dengan lampion-lampionnya sangat mempesona dan memberikan pengalaman yang magis.

Hari 5: Hoi An – Santai di Pantai An Bang

Setelah beberapa hari yang penuh dengan aktivitas, saatnya untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai yang menenangkan.

Habiskan hari ini di Pantai An Bang, yang hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Hoi An. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang jernih. Anda bisa menyewa kursi pantai dan payung dengan biaya sekitar Rp 100.000 per hari.

Jika ingin lebih aktif, Anda bisa mencoba berbagai olahraga air seperti paddle boarding atau hanya berjalan-jalan menyusuri pantai. Untuk makan siang, ada banyak restoran tepi pantai yang menawarkan hidangan laut segar dengan harga yang terjangkau.

Hari 6: Perjalanan ke Hue

Hue adalah kota yang penuh dengan sejarah dan merupakan bekas ibu kota kekaisaran Vietnam. Kota ini terkenal dengan kompleks peninggalan kerajaan dan arsitektur yang megah.

Pagi ini, Anda akan melanjutkan perjalanan ke Hue dengan menggunakan mobil atau bus. Perjalanan darat ini akan memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan biaya transportasi sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per orang.

Setibanya di Hue, kunjungi Kompleks Peninggalan Kekaisaran Hue yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. Di sini, Anda bisa menjelajahi berbagai bangunan bersejarah seperti Kota Terlarang Ungu, makam kaisar, dan pagoda. Untuk akomodasi, pilihlah hotel atau guesthouse dengan harga mulai dari Rp 250.000 per malam.

Hari 7: Eksplorasi Hue

Selain peninggalan kerajaan, Hue juga menawarkan keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi.

Mulailah hari dengan mengunjungi Pagoda Thien Mu yang indah dan terletak di tepi Sungai Perfume. Anda bisa naik perahu naga untuk mencapai pagoda ini dengan biaya sekitar Rp 100.000 per orang. Setelah itu, kunjungi makam-makam kaisar seperti Makam Kaisar Tu Duc dan Makam Kaisar Khai Dinh yang terkenal dengan arsitektur yang megah dan detail yang rumit.

Pada sore hari, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Hue seperti bun bo Hue (mi sapi pedas) dan banh khoai (pancake ala Hue). Di malam hari, nikmati pertunjukan musik tradisional Vietnam di atas perahu di Sungai Perfume.

Wisata Great Barrier Reef, Ada Apa Saja?

Hari 8: Perjalanan ke Hanoi

Hari berikutnya kalian bisa melakukan eksplorasi liburan ke Hanoi. Ibu kota Vietnam, adalah kota yang penuh dengan kehidupan, sejarah, dan budaya. Perpaduan antara tradisi lama dan modernitas membuat Hanoi menjadi kota yang menarik untuk dijelajahi.

Pagi ini, Anda akan terbang ke Hanoi, yang memakan waktu sekitar 1,5 jam. Biaya penerbangan domestik dari Hue ke Hanoi berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000. Setelah tiba di Hanoi, check-in di hotel yang berada di kawasan Old Quarter untuk mendapatkan akses mudah ke berbagai atraksi wisata.

Pada sore hari, mulailah eksplorasi Anda dengan mengunjungi Danau Hoan Kiem dan Kuil Ngoc Son. Jangan lupa untuk menonton pertunjukan teater boneka air yang terkenal di Hanoi.

Hari 9: Menjelajahi Hanoi

Hanoi memiliki banyak tempat bersejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi, dari museum hingga kuil-kuil kuno.

Habiskan hari ini dengan mengunjungi Mausoleum Ho Chi Minh untuk melihat jasad pahlawan nasional Vietnam. Lanjutkan perjalanan ke Museum Etnologi Vietnam yang memberikan wawasan mendalam tentang keragaman etnis di negara ini.

Pada sore hari, kunjungi Temple of Literature, yang merupakan universitas pertama di Vietnam dan didedikasikan untuk Konfusius. Di malam hari, nikmati kuliner jalanan di Old Quarter dengan mencicipi berbagai makanan seperti bun cha, pho, dan egg coffee.

Hari 10: Teluk Halong

Pengantar Menarik: Teluk Halong adalah keajaiban alam yang wajib dikunjungi saat berada di Vietnam. Keindahan teluk dengan ribuan pulau karstnya sangat mempesona dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk hari terakhir, ikuti tur sehari ke Teluk Halong yang biasanya berangkat pagi hari dari Hanoi. Biaya tur ini berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 1.500.000 per orang, termasuk transportasi, makan siang, dan tiket masuk. Anda akan berlayar di teluk yang indah, mengunjungi gua-gua, dan bahkan bisa berenang atau kayaking di perairan yang tenang.

Pada malam hari, kembali ke Hanoi dan bersiap untuk penerbangan kembali ke rumah atau melanjutkan petualangan Anda ke destinasi lain.

Rincian Biaya dan Akomodasi

Pengantar Menarik: Memahami rincian biaya dan akomodasi sangat penting untuk merencanakan perjalanan yang nyaman dan sesuai anggaran. Berikut adalah perkiraan biaya untuk perjalanan 10 hari di Vietnam.

  • Transportasi: Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000 (termasuk penerbangan domestik, transportasi lokal, dan tur)
  • Akomodasi: Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 (untuk hotel, guesthouse, atau hostel dengan kisaran harga Rp 200.000 – Rp 500.000 per malam)
  • Makanan dan Minuman: Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000 (untuk makanan lokal, makan di restoran, dan jajanan)
  • Tiket Masuk dan Tur: Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000 (termasuk tiket masuk objek wisata dan biaya tur)
  • Lain-lain: Rp 1.000.000 (untuk belanja oleh-oleh, tips, dan kebutuhan lainnya)

Total perkiraan biaya perjalanan 10 hari di Vietnam adalah sekitar Rp 11.500.000 hingga Rp 16.500.000 per orang.

Tips Menghemat Biaya

Tidak lepas menjadi bagian dari Itinerary Vietnam 10 Hari kalian yakni dengan merencanakan hingga mengetahui tips agar liburan menjadi lebih hemat. Bagi para traveler dengan anggaran terbatas, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda menghemat biaya selama perjalanan di Vietnam.

  1. Pilih Akomodasi Budget: Menginap di hostel atau guesthouse dapat menghemat banyak biaya. Pertimbangkan juga untuk menginap di homestay untuk pengalaman lokal yang lebih otentik.
  2. Makan di Tempat Lokal: Cobalah makanan di warung lokal dan pasar malam. Selain lebih murah, Anda juga bisa mencicipi kuliner autentik Vietnam.
  3. Gunakan Transportasi Umum: Gunakan bus atau kereta untuk perjalanan antar kota. Di dalam kota, cobalah untuk berjalan kaki atau menggunakan ojek online.
  4. Beli Tiket Tur Secara Online: Seringkali, membeli tiket tur secara online bisa lebih murah dibandingkan membeli langsung di tempat.
  5. Hindari Musim Liburan: Biaya akomodasi dan tiket pesawat bisa lebih tinggi selama musim liburan dan festival. Pilih waktu perjalanan di luar musim puncak untuk menghemat biaya.

Mengelola Biaya Akomodasi dalam Perjalanan

Salah satu aspek terpenting dalam merencanakan perjalanan adalah mengelola biaya akomodasi. Memahami cara mengelola anggaran akomodasi dapat membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan bebas stres.

Memilih Akomodasi yang Tepat

  1. Hostel dan Guesthouse: Pilihan ini cocok bagi traveler dengan anggaran terbatas. Banyak hostel yang menawarkan kamar dormitori dengan fasilitas yang cukup lengkap.
  2. Hotel Budget: Banyak hotel budget yang menawarkan kamar nyaman dengan harga terjangkau. Cari di situs pemesanan online untuk mendapatkan penawaran terbaik.
  3. Homestay: Menginap di rumah penduduk lokal bisa memberikan pengalaman unik dan lebih dekat dengan budaya setempat.

Menghemat Biaya Akomodasi

  1. Pesan Lebih Awal: Memesan akomodasi jauh-jauh hari bisa membantu mendapatkan harga yang lebih murah.
  2. Manfaatkan Promo dan Diskon: Banyak situs pemesanan yang menawarkan promo dan diskon. Cek secara berkala untuk mendapatkan penawaran terbaik.
  3. Fleksibel dengan Tanggal: Jika memungkinkan, fleksibel dengan tanggal perjalanan Anda bisa membantu mendapatkan harga yang lebih rendah.
  4. Pertimbangkan Lokasi: Menginap sedikit di luar pusat kota bisa lebih murah, tetapi pastikan akses transportasi mudah.

Rekomendasi Akomodasi di Vietnam

Berikut beberapa rekomendasi akomodasi yang nyaman dan terjangkau di beberapa kota utama di Vietnam.

Kota Ho Chi Minh

  • Budget: The Hideout Hostel Saigon (Rp 200.000 per malam)
  • Mid-range: Silverland Yen Hotel (Rp 600.000 per malam)
  • Luxury: The Reverie Saigon (Rp 3.000.000 per malam)

Hoi An

  • Budget: Tribee Kinh Hostel (Rp 150.000 per malam)
  • Mid-range: Hoi An Garden Palace & Spa (Rp 500.000 per malam)
  • Luxury: Hotel Royal Hoi An – MGallery (Rp 2.500.000 per malam)

Hue

  • Budget: Hue Backpackers Hostel (Rp 150.000 per malam)
  • Mid-range: Cherish Hotel (Rp 400.000 per malam)
  • Luxury: Azerai La Residence Hue (Rp 2.000.000 per malam)

Hanoi

  • Budget: Hanoi Old Quarter Hostel (Rp 200.000 per malam)
  • Mid-range: La Siesta Hotel Trendy (Rp 700.000 per malam)
  • Luxury: Sofitel Legend Metropole Hanoi (Rp 3.500.000 per malam)

Intinerary dan Tips wisata Ke Belanda

Kesimpulan

Jadi itulah gambaran Itinerary Vietnam 10 Hari. Perjalana di Vietnam menawarkan pengalaman yang luar biasa dengan berbagai atraksi wisata, keindahan alam, dan kekayaan budaya. Dengan perencanaan yang baik dan pengelolaan biaya yang tepat, Anda dapat menikmati perjalanan ini tanpa khawatir mengeluarkan biaya yang berlebihan.

Pastikan untuk memanfaatkan tips dan rekomendasi di atas untuk membuat perjalanan kalian lebih lancar dan menyenangkan. Selamat menikmati petualangan Anda di Vietnam!

Tags

Related Post