Taman Nasional Komodo, Rumah bagi satwa langka satu-satunya di dunia

Taman Nasional Komodo, Rumah bagi satwa langka satu-satunya di dunia Reviewed by evacation on . This article We found is mainly about the info of Taman Nasional Komodo, Rumah bagi satwa langka satu-satunya di dunia

Taman Nasional Komodo adalah sebuah taman nasional yang terdapat di di Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional  terdiri dari 3 pulau utama yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, serta Pulau Padar. Untuk  luas total taman nasional ini sendiri adalah 1.817 km². Sesuai dengan namanya yang tercetak dalam taman nasional komodo. Komodo memang hewan yang paling di cari dan spesial yang menghuni taman nasional ini begitu uniknya hewan ini sehingga tidak kurang dari Read More…

Rating: 4

Taman Nasional Komodo adalah sebuah taman nasional yang terdapat di di Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional  terdiri dari 3 pulau utama yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, serta Pulau Padar. Untuk  luas total taman nasional ini sendiri adalah 1.817 km². Sesuai dengan namanya yang tercetak dalam taman nasional komodo. Komodo memang hewan yang paling di cari dan spesial yang menghuni taman nasional ini begitu uniknya hewan ini sehingga tidak kurang dari wisatawan yang rela berkunjung datang dari dunia belahan lain yang jauh hanya untuk melihat hewan langka dan unik ini.

Komodo merupakan kadal terbesar di dunia dan salah satu spesies kadal tertua yang masih hidup sampai sekarang. Karena statusnya inilah komodo menjadi binatang yang sangat di lindungi dan di lestarikan keberadaanya karena merupakan salah satu kekayaan bukan hanya milik Indonesia semata tetapi dunia. Saat ini di perkirakan ada sekitar 2500 komodo yang tersebar dan masih menghuni taman nasional komodo. Komodo-komodo tersebut tersebar di berbagai tempat yang menjadi habibatnya seperti Alam terbuka yang memiliki savanna, hutan, pantai yang berpasir putih dan lain sebagainya di tempat-tempat seperti itulah akan di temukan komodo yang sedang berburu, makan atau berjemur untuk melancarkan metabolisme setelah makan.

Komodo Dragon 420x0 » Taman Nasional Komodo, Rumah bagi satwa langka satu satunya di duniaSelain memiliki hutan dan savana tempat habibat komodo, Taman Nasional Komodo  ini juga memiliki koleksi biota bawah laut yang inda. Sebanyak 385 spesies karang menawan meghuni pantai di kawasan ini, hutan mangrove penahan abrasi, serta rumput laut menawan tempat ribuan spesies ikan hidup dan bernagai pesona lainnya.

Tips untuk pengunjung karena Komodo ini termasuk hewan yang buas maka jangan lengah dengan penampilannya yang terkesan lambat. Karena meskipun komodo terkesan lambat tetapi dya bisa tiba-tiba bergerak dengan cepat. Selein itu Janganlah bepergian sendirian atau bersama teman rombongan tanpa pemandu wisata dan petugas taman, kondisi taman nasional yang di huni banyak binatang buas akan membahayakan pengunjung yang awam. selalu membawa tongkat terutama yang bercabang dua selain untuk memudahkan trekking.

Pakailah sepatu sepatu yang nyaman, serta membawa/menggunakan lotion anti nyamuk. dan yang terakhir pulau komodo banyak terdapat rumput savanna yang mudah terbakar apalgi saat musim kemarau. Jadi lindungilah taman nasional ini dengn tidak merokok dan menyalakan api.

Untuk menuju taman nasional komodo bisa menggunakan penerbangan yang terbang setiap hari dari Bali ke labuan bajo, sementara jika dari ibukota provinsi yakni Kupang akan ada 2x penerbangan selama seminggu. Transportasi laut tersedia kapal yang menghubungkan antar pulau dan jika cuaca bagus maka akan melayani tiap hari. Pilihan lain jalur laut yakni kapal PELNI yang berlayar dari Bali menuju Lombok kapal ini kan berhenti di sini untuk singgah tetapi hanya 2minggu sekali.