Pulau Sumbawa, Pulau indah dengan banyak pilihan wisata

Pulau Sumbawa terletak di sebelah timur pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Pulau ini menawarkan panorama yang luar biasa dan surga untuk para penggemar surfing. Sumbawa berbeda dengan Lombok, di Sumbawa wisatawan tidak akan menemukan fasilitas selengkap Lombok. Walaupun lebih  terpencil, tetapi Sumbawa memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan Lombok dengan pendekatan tempat yang lebih sunyi dan penduduk tradisional yang ramah masih memegang teguh tradisi dan adat. Membuat sumbawa berbeda dengan Lombok apalagi Bali, sehingga disini masih sering di temukan balap kerbau dan maupun ritual pertandingan tinju tradisional yang menarik bagi wisatawan luar.

Pantai di Pulau sumbawa ini memiliki ombak yang besar cocok untuk olahraga surfing, pantai berpasir putih dan kondisi alam yang masih liar. Banyak pilihan wisata yang bisa di pilih oleh wisatawan untuk mengunjungi pulau ini.

Gunung Tambora adalah salah satu pilihan wisata yang bisa di kunjungi wisatawan di Pulau Sumbawa. Tambora merupakan puncak gunung tertinggi di Sumbawa ketinggiannya mencapai 2.851 meter. Gunung Tambora adalah gunung yang terkenal karena pernah mencatatkan letusan yang hebat pada tahun 1815, letusan ini meninggalkan lubang kawah menganga berdiameter 3km. Kawah ini menjadi pemandangan indah jika di lihat dari atas gunung bersama dengan pemandangan lain yang bisa di lihat.

Sementara Desa Maluk adalah tempat destinasi utama para surfer yang berburu ombak yang indah utuk mereka taklukan. Terdapat pantai pasir putih dan air yang luar biasa ombak yang bagus yang bisa ditemukan wisatawan di sini. Terdapat juga dinding ombak dan terumbu karang sepanjang 100 meter yang terkenal disini, biasanya para surfer terkenal dan mahir akan mencoba menyentuh dinding ombak tersebut.

Lalu ada Sumbawa Besar yang merupakan kota utama di Sumbawa Barat dengan Dalam Loka (Istana Sultan) sebagai tujuan utama wisata di kota ini dan di bangun pada tahun 1885. Selama festival Anda jika beruntung para wisatawan akan dapat menyaksikan pertempuran tradisional Sumbawa yang  disebut dengan Berempah yakni sejenis tinju tradisional dengan tangan telanjang.

Untuk sampai di Sumbawa wisawatan dari  Lombok, bisa menumpangi feri ke Poto Tano di Sumbawa Barat. Jika mengambil liburan dari Bali beberapa resor juga dapat mengatur sea plane dari pulau Bali langsung ke pulau Sumbawa. Selain itu jika wisatawan tidak menghendaki angkutan feri, masih ada pilihan transportasi lain berupa kapal cepat yang bisa di tempuh dari Lombok. Sesampainya di Sumbawa ada bus umum yang banyak beroperasi di jalan-jalan utama, siap mengatarkan anda ke tempat objek wisata yang anda pilih. Jika wisatawan menginginkan alat transfortasi lain yang lebih longgar dan bebas saat bepergian maka tersedia penyewaan mobil dan motor yang banyak terdapat hotel di Sumbawa Besar maupun Bima.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,