Pulau Rote, Pulau indah di ujung selatan Indonesia

Pulau Rote, Pulau indah di ujung selatan Indonesia Reviewed by evacation on . This article We found is mainly about the info of Pulau Rote, Pulau indah di ujung selatan Indonesia

Pulau Rote adalah sebuah pulau yang terletak di ujung paling selatan Indonesia. Pulau ini di apit oleh dua pulau yang lebih besar yakni Pulau Timor yang terletak di sebelah timur laut dan Pulau Sumba yang letaknya berada di sebelah barat. Mayoritas dari daratan di Pulau rote berupa tanah dengan di hiasai batu karang. Karena konturnya yang brupa tanah berbatu membuat Pulau ini tidak subur oleh tanaman terutaman bagian utaranya sementara Read More…

Rating: 5

Pulau Rote adalah sebuah pulau yang terletak di ujung paling selatan Indonesia. Pulau ini di apit oleh dua pulau yang lebih besar yakni Pulau Timor yang terletak di sebelah timur laut dan Pulau Sumba yang letaknya berada di sebelah barat. Mayoritas dari daratan di Pulau rote berupa tanah dengan di hiasai batu karang. Karena konturnya yang brupa tanah berbatu membuat Pulau ini tidak subur oleh tanaman terutaman bagian utaranya sementara bagian selatan juga bukan wilayah yang subur karena berupa daratan rendah yang di dominasi oleh pantai hanya bagian tengah pulau yang cukup bisa di tanami banyak tanaman karena di daerah itu terdapat lembah serta perbukitan.

Walaupun Pulau Rote termasuk pada pulau yang terpencil dan jauh dari akses kota yang ramai tetapi bukan berarti prasarana yang layak tidak ada di Pulau ini. Di kota Ba’a yang merupakan kota pelabuhan laut serta kota terbesar di pulau rote terdapat bebrapa fasilitas penginapan yang cukup mumpuni. Selain itu Restoran serta kafe di resort-resort tempat ramai para peselancar berhadapan langsung dengan laut lepas sehingga menawarkan panorama dan keindahan tersendiri.

pantai boa di rote » Pulau Rote, Pulau indah di ujung selatan Indonesia

Pantai Bo’a Nembrala Rote

Pulau ini memiliki berbagai kekhasan budaya dan seni setempat seperti budi daya pohon lontar, alat musik sasando serta topi adat yang bernama ti’i langga. Kesederhanaan serta tradisi masih di pegang teguh oleh masyarakat di pulau ini, salah satunya bisa terlihat dari bentuk rumah adat yang yang bisa di temukan dari mulai bibir pantai sampe daerah perbukitan. Pohon lontar yang digunakan untuk bahan tiang bangunan serta atap masih di pertahankan sebagai bagian dari kebudayaan asli daerah pulau Rote.

Suhu udara di Pulau rote termasuk pada suhu panas tropis, selain daratannya yang unik Pulau Rote juga di kenal memiliki beberapa tujuan wisata selancar yang menakjubkan. Pantai Bo’a adalah salah satu dari berbagai tempat yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan yang ingin berselancara dan menaklukan besarnya ombak Pulau rote yang indah. Di pantai ini seringkali di adakan lomba tingkat internasional sehingga banyak para peselnacar handal yang datang untuk mengikuti.

karena cuacanya yang panas maka hendaknya jika anda ingin berkeliling di pulau rote untuk membawa air minum dalam kemasan. Sediakan juga sejumlah ung yang cukup saat berjalan-jalan karena di daerah ini cukup jarang di temukan ATM. Untuk menuju Pulau Rote maka dari Kota Kupang NTT menuju Pelabuhan Laut Tenau, setiba di Tenau di lanjutkan naik Feri untuk menuju pelabuhan Ba’a Rote. Perjalanan dari Tenau menuju Ba’a di pulau Rote akan di tempuh 2 jam saja jika  menggunakan feri cepat atau sementara jika menggunakan Feri biasa bisa menghabiskan waktu sampai 4,5 jam.