Danau Toba, keindahan Toba serta eksotisme Samosir

Danau Toba adalah sebuah danau yang terletak di kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Danau ini memiliki suasana alam yang sejuk dan menyegarkan, air danaunya jernih berlatar pemandangan pegunungan yang hijau. Kota terdekat dari danau toba adalah kota Parapat, yakni sebuah kota kecil yang terletak di semenanjung berbatu yang kecil serta menonjol ke danau.

Menurut sejarah Danau Toba ini terbentuk dari sebuah letusan gunung api Toba sekitar 73.000 sampai 75.000 tahun yang lalu. Menurut perkiraan para peneliti sekitar 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan oleh gunung api ini saat meletus. Letusan yang kemudian menciptakan sebuah ceruk hingga akhirnya menjadi sebuah danau yang menjadi salah satu pilihan utama wisatawan di nusantara.

danau tobaLuas danau toba sekitar 1.145 kilometer persegi, sangat besar untuk ukuran sebuah danau. Karena luasnya danau toba menjadi danau terluas dan terdalam di untuk kawasan asia tenggara. ayng tidak kalah unik adalah keberadaan sebuah Pulau unik di tengah danau tiba ini, pulau tersebut adalah pulau samosir. Samosir adalah sebuah danau yang unik karena di pulau ini masih terdapat 2 danau lagi yang lebih kecil  yakni Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Sebagai sebuah pulau warisan desa tua serta tempat asli orang toba bermukim, pulau samosir memiliki peninggalan zaman purbakala yakni kuburan batu, selain itu masih ada Makam Raja Sidabutar, yang letaknya berada di tomok dan ber usia lebih dari 500 tahun. Sementara Patung Sigale-Gale adalah keunikan tersendiri dari masyarakat toba dan sudah menjadi salah satu maskot sumatera utara, Patung Sigale-Gale ini adalah patung yang bisa menari tarian tradisional toba serta memakai pakaian tradisional batak.

Lingkungan di sekitar  Danau Toba terdapat hutan-hutan pinus yang masih lestari dan tertata asri, sehingga membuat kawasan di sekitarnya menjadi teduh dan sejuk. Di pinggiran Danau Toba juga terdapat air terjun yang memiliki pemandangan alam yang indah serta pemandian yang berasal dari belerang yang di yakini berkhasiat untuk menymbuhkan berbagai penyakit. Sementara di pinggiran Danau Toba ada Tanjung Unta, yakni sebuah daratan yang bentuknya menjorok ke danau dan jika di perhatikan bentuknya menyerupai punggung unta.

Untuk menuju danau Toba maka dari medan ibukota provinsi Sumatera Utara harus menuju ke sebuah kota terdekat dengan danau Toba yakni kot Parapat. Kota parapat ini berjarak sekitar 176 km dari Medan dan merupakan sebuah kota di utama di sekitar danau toba. Rute bisa akan membawa para pengunjung melewati berastagi yang memiliki pemandangan alam menawan. Selain dari Medan, danau toba juga bisa di capai dari Bukittinggi dan Tarutung, melalui bisa yng melayani rute ke danau toba. Jika inginmengunjungi samosir maka pengunjung harus menaiki kapal ferri yang beroperasi setiap satu jam setengah dari pukul 9 pagi sampai  pukul 5 sore.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,