Arjuna Metapa, perwujudan sosok Arjuna dalam kisah Mahabrata

Bali di kenal dengan daerah yang kaya akan adat dan budayanya, kekayaan adat dan budaya masih lestari sampai saat ini. Kekayaan adat dan budayanya tidak terlepas dari perkembangan agama Hindu yang sudah menjadi identitas dan keseharian masyarakat Bali. Peninggalan  sejarah keberadaban masa lalu masih bisa di temukan sampai saat ini baik melalui peninggalan arca, patung, batu, punden dan lain sebagainya. Diantara peninggalan sejarah yang tertinggal dari masa lalu dan bisa dilihat samapai saat ini adalah Arjuna Metapa, yang terdapat di wilayah Gianyar.

Arjuna Metapa adalah sebuah Arca Arjuna  yang terletak di Desa Pejeng Kecamatan Tampaksiring, kabupaten Gianyar Provinsi Bali, dan berdekatan dengan sebuah Museum Purbakala yang letaknya berada di sebelah timur Arca Arjuna. Arca ini terletak di alam terbuka dan berada di tengah persawahan. Walaupun terletak di alam terbuka Arca Arjuna dan peninggalan lainnya di sekitar Arca Arjuna dan Museum Purbakala sangat terjaga kelestariannya karena selain di lindungi oleh oleh UU No. 5 Tahun 1992 masyarakat setempat yang ramah dan bersahabat pun dengan kesadaran yang tinggi, dan sukarela secara rutin merawat simbol-simbol agama Hindu tersebut dari dahulu secara turun-temurun.

museum_Arjuna_MetapaMasyarakat sangat menyadari kelestarian peninggalan purbakala ini selain merupakan nilai sejarah keberadaan agama Hindu di Bali juga bisa menarik wisatawn untuk berkunjung ke Desa Pejeng. Semua pengunjung yang melihat Arca Arjuna seolah bisa terhanyaut dalam kisah Mahabharata yang terkenal dan berisi cerita perselisihan keluarga Pnadawa dan Kurawa. Di dalam legenda ini Arjuna adalah salah satu tokong yang penting dari keluarga Pandawa yang bahu membahu melawan Kurawa. Penggambaran Arjuna di legenda mahabharata semakin lengkap di Arca Arjuna ini dengan hadirnya Tualem dan Merdah yang merupakan abdi setia Arjuna yang mengapit Arca Arjuna.

Kisah Maha Bharata ini sudah tertulis berabad lamanya dan sering diceritakan secara turun temurun baik melalui cerita maupun pagelaran seni seperti pagelaran wayang kulit, sendra tari dan lain sebagainya. Dengan pelestarian cerita mababharata tersebut membuat para tokoh pandawa salah satunya Arjuna selalu dikenang dan di kenal luas oleh seluarh masyarakat  Indonesia baik yang berada di Bali maupun di daerah lainnya. Dan Kemasyuran kesaktian dan kerupawanan tokoh Arjuna digambarkan dengan jelas pada arca Arjuna Metapa yang berada di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

Museuem purbakala dibangun pada tahun 1960 serta dikelola oleh Departement Purbakala pemda Bali. Patung, arca, dan juga batu-batuan dari jaman prehistoric dan historich daerah Bali terdapat di museum ini semakin menambah perbendaharaan kekeyaan sejarah di Pulau Bali.

Untuk mengunjungi Arjuna Metapa kira-kira berjarak 36 km dari Ibukota Denpasar ini, dan bisa di tempuh dengan 40 menit perjalanan. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan, seperti pada umumnya pemandangan di daerah Bali pemandangan menuju desa Pejeng tempat terdapatnya Arjuna Metapa pun sangat indah.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,