Tips Naik Pesawat untuk Pemula yang Bisa kamu Lakukan
image source: pexels.com

Tips Naik Pesawat untuk Pemula yang Bisa kamu Lakukan

Tips naik pesawat untuk pemula bisa kamu lakukan beberapa kegiatan ketika sampai di Bandara dan menaiki pesawat. Bagi sebagian orang, pergi dengan pesawat terbang adalah hal yang biasa. Tetapi jika kamu belum memiliki pengalaman sebelumnya pasti akan merasa panik.

Perasaan yang campur aduk seperti senang, bersemangat, takut dan cemas dirasakan. Sebagai pemula, kamu juga pastinya ingin memastikan bahwa perjalanan udaramu berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Untuk berpergian dengan tenang, nyaman dan aman, ada sejumlah hal yang harus kamu perhatikan. Mulai dari memesan tiket pesawat, memilih waktu penerbangan, apa saja yang dibutuhkan di Bandara, bagaimana cara menitipkan bagasi dan sebagainya.

Tips Naik Pesawat untuk Pemula

Kami akan memberikan berbagai informasi mengenai tips dan Langkah-langkah naik pesawat bagi pemula. Simak dan ikuti tips di bawah ini, terutama untuk kamu yang baru pertama naik pesawat.

1. Pilih waktu penerbangan yang tepat

Tips naik pesawat untuk pemula yang pertama adalah memilih waktu penerbangan yang tepat. Pagi hari merupakan waktu terbaik dan tergolong paling aman untuk melakukan penerbangan.

Penerbangan pagi dianggap sebagai waktu terbaik dan paling aman dibandingkan siang, sore atau malam hari, hal ini karena cuaca di pagi hari lebih bersahabat. Selain itu, penerbangan pagi pada umumnya tidak berangin.

Serta pada pagi hari kemungkinan pesawat mengalami turbulensi sangat kecil, dibandingkan penerbangan siang, sore atau malam. Dengannya rendahnya kepadatan awan, maka guncangan saat terbang tidak begitu banyak.

👉 BACA JUGA  15 Tips Membawa Bayi Dalam Perjalanan Jauh dengan Mobil

Tips naik pesawat untuk pemula ini memberikan pengalaman untuk naik pesawat dimomen selanjutnya. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendapatkan pengalaman terbang terbaik.

Pada pagi hari lalu lintas di udara cenderung sepi karena kebanyakan pesawat mendarat dimalam hari. Ketika terlalu ramai pesawat di udara menyebabkan antrean untuk mendarat dan lepas landas.

2. Menyiapkan kartu identitas dan tiket pesawat

Tips naik pesawat pemula selanjutnya yaitu menyiapkan kartu identitas dan tiket pesawat. Sebelum berangkat ke bandara sebaiknya pastikan terlebih dahulu kode booking pesawat dan identitas siap dibawa untuk check in.

Check in ini dapat kamu lakukan secara manual di bandara atau melalui website maskapai pesawat yang akan kamu tumpangi. Beberapa maskapai bisa melakukan check in lewat internet, namun agar lebih pasti, kamu harus menanyakan lagi.

Saat check in, kamu bisa menunjukkan tiket atau e-ticket memiliki kamu sesuai tanggal keberangkatan dan juga data diri seperti KTP atau paspor untuk penerbangan ke luar negeri.

Setelah selesai menyelesaikan check in. Kamu akan mendapatkan boarding pass yang harus kamu tunjukkan saat akan naik pesawat. Seperti halnya tiket masuk kereta, kamu akan di tagih oleh petugas.

3. Datang lebih awal

Tips naik pesawat untuk pemula selanjutnya yaitu kamu harus datang lebih awal, agar tidak tertinggal pesawat. Lebih baik kamu berangkat lebih awal sekali mengingat kamu belum mempunyai pengalaman.

Selain hal itu, kamu akan merasa lebih tenang karena tidak terburu-buru, usahakan kamu sudah sampai di Bandara sebelum keberangkatan paling tidak 2 jam sebelumnya. Tetapi untuk penerbangan internasional kamu harus berangkat 3 jam lebih awal.

4. Perhatikan peraturan bagasi maskapai yang kamu pilih

Tips naik pesawat pertama juga harus memaksa kamu mengecek kapasitas bagasi yang bisa kamu tempati. Setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan masing-masing untuk hal ini.

👉 BACA JUGA  Pilihan Transportasi Wisata Tradisional yang Mudah Dicari

Hal ini penting untuk kamu ketahui agar dari terhindar membayar tambahan bagasi akibat muatan yang berlebih. Oleh karena itu kamu harus mengetahui mengenai muatan bagai sebelum berangkat dari maskapai yang kamu pakai.

Terdapat daftar kapasitas bagasi yang diperbolehkan bagi penumpang. Jika melebihi batas yang ditentukan biasanya kamu akan dikenakan biaya tambahan. Periksa juga website maskapai penerbangan untuk mengetahui barang yang tidak boleh dibawa.

Terdapat daftar barang yang dikemas dalam bagasi check in tetap tidak dalam bagasi jinjing. Patikan kamu mematuhi peraturan yang Ada, jika tas jinjing kamu terlalu besar kamu harus menitipkan ke bagasi pesawat.

Naik pesawat pertama kali pasti akan membuat kamu cemas dan gugup, aka nada hal-hal yang tidak terduga bisa terjadi selama proses check in. hal ini justru menambah pengaman kamu, jadikan tips naik pesawat untuk pemula untuk pedoman.