Tempat wisata alam di Bandung yang Instagramable

Wisata alam di Bandung adalah pilihan tepat untuk menghabiskan masa liburan dan melepaskan penat. Alam memang menjadi pelarian yang pas untuk healing. Terutama di Bandung

diptadoank

Tempat wisata alam di Bandung
image source: pixabay.com

Wisata alam di Bandung adalah pilihan tepat untuk menghabiskan masa liburan dan melepaskan penat. Alam memang menjadi pelarian yang pas untuk healing. Terutama di Bandung yang sudah terkenal akan keindahan panoramanya.

Bandung yang mendapat julukan Paris van Java ini menyediakan beragam pilihan wisata alam unik dan menarik. Kamu bisa mengunjunginya bersama sahabat, rekan kerja, keluarga atau mungkin pasangan.

Jangan lupa menyiapkan kamera digital atau kamera ponsel dengan baterai full karena pemandangannya begitu memesona dan tentu saja instagramable. Bisa membantu mempercantik feed instagram.

Daftar Tempat wisata alam di Bandung untuk Healing

Bandung yang juga mendapat julukan Kota Kembang bukan hanya menarik minat wisatawan lokal namun juga mancanegara. Kalau tinggal di kota ini atau mungkin di sekitarnya jangan sampai tidak mengenal wisata berikut.

1. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya adalah wisata Bandung recommended yang menawarkan aktivitas outdoor. Kamu bisa menghilangkan penat dengan menguji adrenalin di The Lodge Maribaya. Tersedia beragam wahana permainan seperti Sky Tree, Sky Bike dan Sky Swing.

Semua wahana tersebut akan menantang adrenalin dengan menuntut kamu untuk memanjat, bersepeda sampai bermain ayunan di atas ketinggian. Kamu dapat memanfaatkan uji adrenalin ini untuk melepas stress.

Kalau misalnya enggan menguji adrenalin, kamu bisa kok menikmati suasana tenang dengan menyaksikan jajaran hutan pinus. Supaya terasa lebih menyenangkan, nikmati sajian kuliner dari restoran di tempat tersebut.

The Lodge Maribaya merupakan salah satu wisata Bandung terkenal. Jadi, supaya tidak terjebak macet, perlu datang lebih pagi. Sehingga lebih leluasa dalam perjalanan dan mudah mendapatkan tempat parkir.

2. Tangkuban Parahu

Ketika menyimak pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, pernahkah kamu mendengar legenda mengenai Gunung Tangkuban Parahu atau Sangkuriang? Legenda tersebut mengisahkan seorang anak yang hendak mempersunting ibunya sendiri.

Keunikan dari tempat wisata alam satu ini ialah bentuknya yang menyerupai perahu terbalik. Keunikan tersebut yang menarik minat para wisatawan. Gunung ini sendiri sebenarnya masih menyimpan potensi aktivitas vulkanik.

Begitu sampai di lokasi, kamu dapat menikmati pemandangan gunung melalui tiga kawah. Ada kawah Domas, Upas hingga Ratu. Ketiganya merupakan kawah yang terkenal dari Gunung Tangkuban Parahu.

Kalau berminat menjelajah tempat wisata alam Gunung Tangkuban Parahu, wajib mengenakan jaket dan kacamata. Kemudian pakai juga masker untuk mencegah asap dan belerang tercium serta masuk ke paru-paru.

3. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan wisata yang cukup terkenal dari Kota Kembang. Tempat tersebut merupakan hasil letusan Gunung Patuha. Kalau datang ke tempat ini, kamu akan menjumpai pemandangan hamparan pasir putih.

Pasir putih tersebut menyimpan belerang dan genangan air berwarna biru kehijauan. Perpaduan komponen alam dan warna tersebut membuatnya tampak begitu memesona. Tidak heran jika Kawah Putih mendapat predikat wisata Bandung instagramable.

Keindahan Kawah Putih bukan hanya bisa dipandang. Kamu juga dapat melakukan aktivitas lain seperti berkuda sampai piknik bersama keluarga. Supaya tidak kedinginan, siapkan jaket atau pakaian hangat.

4. Curug Pelangi Cimahi

Curug Pelangi Cimahi ialah air terjun yang mempunyai konsep unik. Biasanya, kalau pergi ke air terjun, kapankah kamu bisa menikmati keindahannya? Pagi, siang atau sore hari? Pernahkah terlihat tatkala malam hari?

Wisata air terjun ini justru menawarkan pemandangan indah begitu malam hari tiba. Kamu akan mendapati warna warni pelangi memancar dari air terjun tersebut.

Warna pelangi tersebut bukan hadir secara alami. Melainkan hasil inovasi dari pihak pengelola. Mereka memasang lampu LED sehingga menghasilkan tampilan yang begitu cantik dan unik.

5. Curug Malela

Curug yang tidak kalah bagus dengan Curug Pelangi Cimahi ialah Curug Malela. Tempat ini lebarnya sampai 60 meter, sementara ketinggiannya mencapai 50 meter.

Keindahan tempat wisata alam di Bandung ini tidak dapat diakses dengan mudah. Kamu perlu menempuh jalan yang cukup sulit sebab letaknya terpencil. Kira-kira perlu waktu hingga 5 jam untuk mencapai lokasi.

Meski penuh perjuangan, keindahan Curug Malela sudah bisa kamu rasakan sejak dari perjalanan. Karena, akan melewati kebun teh di sepanjang jalan. Tentu pemandangan tersebut bisa menyejukkan mata.

Setelah puas menikmati pemandangan kebun teh, kamu bisa berganti menyaksikan panorama air terjun tersebut. Kamu juga bisa bersenang-senang dengan bermain air di Curug Malela.

6. Sanghyang Heulet

Kalau ingin menikmati destinasi yang cukup lengkap, bisa mencoba datang ke Sanghyang Heulet. Tersedia sungai dengan batuan tebing, air terjun, hutan rimbun bahkan curug (air terjun kecil).

Sanghyang Heulet adalah rekomendasi wisata Bandung healing terbaik. Kamu dapat menikmati beragam panorama cukup dalam lokasi. Jadi, tidak akan lelah menyetir di perjalanan kalau ingin mengunjungi beberapa objek wisata.

Tidak perlu berpindah dari wisata hutan ke air terjun. Semuanya sudah ada dalam satu lokasi di Sanghyang Heulet. Pemandangannya bukan sekedar bisa dinikmati oleh mata, silahkan bermain air jika menginginkannya.

Jika memerlukan pelampung, sewa saja dari pihak pengelola. Jadi dapat bermain air dengan lebih menyenangkan. Hilangkan semua kepenatan dan stress di tempat wisata alam di Bandung Sanghyang Heulet.

7. Kebun Strawberry Ciwidey

Apakah kamu suka dengan buah strawberry? Bagaimana jika merasakan pengalaman memetik buah strawberry langsung dari pohonnya? Pengalaman tersebut bisa didapatkan di perkebunan strawberry Ciwidey.

8. Dusun Bambu

Kalau mencari tempat wisata alam di bandung yang cocok untuk keluarga, rekomendasinya ialah Dusun Bambu. Di Dusun Bambu kamu bisa belajar mengenai budaya tradisional masyarakat Sunda.

Jika ingin merasakan keseruan lebih maksimal, pilihlah camping daripada menginap di hotel. Di pagi hari kamu dapat bersepeda maupun jogging secara leluasa. Nikmati waktu pagi dengan menyusuri kaki Gunung Burangrang.

Jika lapar, tidak perlu memasak sendiri. Tersedia fasilitas kuliner dari tempat wisata alam di Dusun Bambu yang akan mengenyangkan perut. Pilih saja jenis kuliner yang ingin disantap.

9. Orchid Forest

Apakah kamu ingin menikmati liburan dengan melihat bunga anggrek? Lakukan hal tersebut di Orchid Forest. Orchid Forest menyediakan beragam jenis anggrek dari Indonesia, Filipina, Peru, Argentina dan negara lainnya.

Bahkan, tempat wisata alam di Bandung Orchid Forest menawarkan koleksi anggrek hitam. Anggrek hitam merupakan jenis langka sehingga sangat menarik untuk melihatnya di Orchid Forest.

10. Kebun Begonia

Kamu menginginkan wisata bunga namun bukan Anggrek? Ada pilihan Kebun Begonia yang menawarkan bunga begonia. Selain itu ada pula beberapa jenis bunga lainnya yang membuat pemandangan tampak berwarna warni.

Selain menikmati pemandangan bunga, kamu dapat memetik buah atau sayur di lokasi. Lantas menyantapnya dalam kondisi segar. Menikmati buah segar dengan pemandangan bunga tentu sangat menarik.

Kalau ingin berkeliling kebun begonia, kamu bisa melakukannya dengan menaiki kuda. Tidak perlu lelah berjalan kaki. Jika ingin mencoba pengalaman lain, ada kebun kelinci dimana kamu bisa memberi makan mereka.

Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terus mengembangkan objek wisata. Kamu sendiri juga bisa menikmati liburan dengan mengunjungi tempat wisata alam di Bandung.

Originally posted 2022-10-10 00:32:00.

Tags

Related Post