Kelebihan Homestay untuk Liburan Dibanding Akomodasi Lain
image source: unsplash.com

Kelebihan Homestay untuk Liburan Dibanding Akomodasi Lain

Kelebihan homestay untuk liburan membuat banyak wisatawan memilih jenis akomodasi ini daripada villa, hotel, dan lainnya. Apalagi mendapatkan tempat menginap yang nyaman akan menentukan liburan menjadi lebih mengesankan.

Sebenarnya memang ada jenis-jenis akomodasi lain yang dapat kamu pilih untuk menginap. Namun tentu saja, perlu beberapa pertimbangan terlebih dahulu sebelum memilih sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Setiap tipe akomodasi juga memiliki kelebihan dan keurangannya sendiri-sendiri, termasuk homestay. Meski demikian, ada cukup banyak keunggulan dari penginapan yang sering disebut dengan guest house ini sehingga menjadi pilihan favorit wisatawan.

Kelebihan Homestay untuk Liburan yang Penting Diketahui

Guest house cukup mudah ditemukan terutama di kawasan yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari homestay untuk liburan sehingga banyak orang memilih tipe akomodasi ini.

1. Murah

Jika dibandingkan dengan tarif sewa kamar untuk hotel atau jenis penginapan lainnya, guest house jauh lebih murah. Oleh sebab itulah tempat menginap ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan.

Misalnya saja, sebuah guest house dihargai Rp1,1 juta setiap malam dengan kapasitas 25 orang, maka setiap orangnya hanya membayar kurang dari Rp50ribu. Tentu saja ini menjadi kelebihan homestay untuk liburan sebab jauh lebih murah dibanding akomodasi lainnya.

Tidak hanya itu saja, tidak seperti hotel atau tipe akomodasi lain, kamu juga bisa menawar harga sewa sehingga bisa menjadi lebih murah. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan terutama jika kamu ingin menginap dalam waktu cukup lama.

👉 BACA JUGA  Penginapan untuk Staycation Lebih Murah Lewat Aplikasi

Fasilitas setiap guest house juga beragam dan menentukan besarnya tarif yang ditawarkan. Ada yang menyediakan fasilitas berupa kipas angin hingga AC, bahkan ada pula yang menyediakan kolam renang.

2. Untuk Rombongan

Kelebihan homestay untuk liburan selanjutnya, tempat menginap ini sangat cocok jika kamu datang secara rombongan. Tidak hanya untuk liburan saja, biasanya guest house digunakan untuk keluarga yang akan menghadiri acara wisuda, atau acara lainnya.

Sebenarnya, kamu bisa menyewa homestay untuk sendiri atau dua orang, namun perhitungannya akan jauh lebih mahal. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, semakin banyak orang dalam rombongan maka bisa semakin murah harga tiap orangnya.

Tidak seperti hotel yang harus berbagi fasilitas dengan tamu-tamu lainnya, kamu bisa lebih santai bersama rombongan sendiri dalam satu atap. Kamu juga bisa berkumpul dan melakukan kegiatan bersama rombongan tanpa mengganggu tamu lain.

3. Seperti Rumah Sendiri

Suasana yang seperti rumah sendiri meskipun berada di luar kota tentu akan membuat liburan kamu jauh lebih nyaman. Inilah yang menjadi kelebihan homestay untuk liburan yang memiliki fasilitas seperti rumah-rumah pada umumnya.

Kamu bisa memasak, tidur, bersantai, dan melakukan aktivitas bersama orang terdekat namun seperti di rumah sendiri. Bahkan kamu juga bisa merasakan berbaur bersama masyarakat setempat sehingga menjadi lebih mengesankan.

4. Mandiri

Tidak hanya seperti di rumah sendiri, kamu juga akan lebih mandiri sebab semua aktivitas seperti bersih-bersih, menyiapkan makanan, dan lainnya dilakukan sendiri oleh penyewa. Hal ini tentu saja berbeda jika kamu memilih menginap di hotel.

Meskipun tidak menyediakan staf seperti hotel, namun bagi sebagian orang hal ini menjadi kelebihan homestay untuk liburan. Tidak mengherankan jika jenis akomodasi ini cukup diminati.

👉 BACA JUGA  Rekomendasi Villa di Bandung Terbaik yang Nyaman dan Estetis

5. Lebih Santai

Ketika kamu menyewa hotel, pihak resepsionis akan menghubungi kamu untuk segera check out ketika waktu menginap sudah hampir habis. Jika kamu masih ingin menginap, maka harus melakukan check in kembali.

Berbeda dengan kelebihan homestay untuk liburan yang lebih santai dan tidak harus terburu-buru check out. Kamu bisa melakukan negosiasi pada pemilik homestay jika masih ingin berlama-lama meskipun waktu menginap sudah habis.

Kamu bahkan bisa memperpanjang waktu menginap jika memang tidak ada pemesan lain yang segera masuk. Jadi, tidak perlu lagi mencari-cari tempat menginap lagi jika ternyata waktu berlibur masih kurang panjang.

6. Fasilitas

Meskipun tidak semuanya, namun ada beberapa homestay yang memberikan fasilitas-fasilitas pendukung sehingga tidak kalah dengan hotel. Oleh sebab itu, kamu perlu teliti pada detail homestay sebelum memilih jika ingin mendapatkan fasilitas tersebut.

Beberapa fasilitas tambahan seperti makan, laundry, bahkan hingga sewa kendaraan untuk pergi ke tempat-tempat wisata sekitar. Tentu saja semua fasilitas tersebut memiliki biaya tambahan, namun akan membantu mempermudah liburan kamu.

Homestay menjadi salah satu tipe akomodasi yang banyak dipilih wisatawan, terutama jika datang bersama rombongan. Hal ini tidak terlepas dari kelebihan homestay untuk liburan dibandingkan dengan pilihan tipe akomodasi lainnya.