Daya Tarik Festival Danau Poso, Waktu dan Lokasinya
image source: ig @festivaldanauposo2022

Daya Tarik Festival Danau Poso, Waktu dan Lokasinya

Festival Danau Poso dikenal sebagai salah satu event tahunan yang masuk ke dalam Calendar of Event pariwisata Indonesia. Acara ini biasanya menampilkan beragam potensi wisata dan budaya Sulawesi Tengah.

Festival ini umumnya diadakan dengan tujuan memperkenalkan budaya serta kearifan lokal milik tanah Poso. Selain itu, aktivitas ini menjadi bukti nyata bahwa tanah Poso termasuk tempat yang damai, aman serta nyaman didatangi.

Budaya dan Daya Tarik Festival Danau Poso

Festival ini sudah ada sejak tahun 1989 dan sempat berakhir dengan kerusuhan. Namun festival ini selalu melakukan perbaikan dari tahun ke tahun. Festival ini sangat ditunggu-tunggu untuk setiap tahunnya oleh masyarakat sekitar.

Ada banyak sekali kegiatan dan tarik wisata Festival Danau yang bisa kamu nikmati seperti kondisi Danau yang Menawan. Sementara itu, untuk waktu pelaksanaan festival ini sekitar satu pekan.

Bahkan, juga ada tersedia stand-stand Pameran untuk menjajakan produk unggulannya. Acara ini biasanya akan diikuti oleh hampir semua masyarakat Poso. Salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika kamu Berkunjung ke Poso yaitu Tosu-tosu Katue.

Ini merupakan salah satu jenis sate yang terbuat dari kerang. Terdapat juga wayawo masapi atau woku sogili, ituwu manu atau ayam yang biasanya akan dimasak dengan bumbu warisan leluhur. Selain itu, ada winagoe yang termasuk nasi dibungkus dengan daun khusus.

Bahkan, Doa Pembukaan acara, ada 19 kecamatan menampilkan file yang diiringi oleh marching band. Festival Danau Poso ini juga sekalian mempromosikan Peninggalan dari Zaman Megalitikum. Bahkan, juga ada lomba yang akan diadakan oleh penyelenggara.

👉 BACA JUGA  Mengetahui Jadwal Festival Bunga Tomohon Tahun 2022

Misalnya saja seperti lomba permainan tradisional, dekorasi perahu, lomba dayung perahu, lomba bola voli pantai, serta tarik tambang di atas perahu. Ada juga pertunjukan seni yang akan ditampilkan pada festival ini seperti tari-tari, musik tradisional serta konser musik modern.

Ditampilkan juga sebuah pentas budaya dari setiap kabupaten. Bahkan, penampilannya tidak hanya berasal dari penduduk setempat, namun akan ada beberapa penduduk lokal dari luar daerah yang berpartisipasi untuk menampilkan diri.

Waktu dan Lokasi Festival Digelar

Lokasi dari pelaksanaan Festival Danau Poso berada di tepi Danau Tentena, Kota Tentena, Poso. Tepatnya di daerah anjungan danau dan terletak di rute jalur utama Trans Sulawesi. Berada di sebelah utara Tana Toraja dan selatan Gorontalo-Manado.

Kawasan ini terletak dekat dengan wilayah cagar biosfer Lore Lindu. Cagar biosfer ini termasuk salah satu cagar biosfer yang sudah ditetapkan oleh Unesco pada tahun 1977.

Kamu hanya memerlukan waktu sekitar delapan jam agar bisa sampai di danau ini bila ingin berangkat dari Kota Palu karena lokasi yang berjarak 283 km. Namun, bila kamu berangkat dari Kota Poso, hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Ini sebenarnya hanya menempuh perjalanan sejauh 56 km.

Agar bisa mengikuti rangkaian acara Festival Danau Poso, kamu tidak perlu membeli tiket karena gratis. Kamu hanya perlu datang ke lokasi, kemudian bisa melihat acara festival berlangsung. Agar bisa bergabung dengan masyarakat setempat dan ambil bagian dalam festival.

Terdapat sebuah pertunjukan musik yang akan masuk dalam rangkaian acara di festival ini. Kamu bisa langsung menyaksikan musisi lokal daerah dan artis ibu kota yang khusus diundang untuk mengisi acara ini.

👉 BACA JUGA  Festival Pesona Saronde, Budaya Gorontalo Utara dan Lokasinya

Kamu bisa sambil berkeliling untuk melihat stand-stand yang menawarkan produk-produk unggulan tanah Poso. Kamu juga akan langsung dihibur oleh para musisi ini. Apabila mempunyai keberanian lebih, maka dapat naik panggung dan ikut serta menyumbangkan sebuah lagu.

Fasilitas yang Tersedia di Festival Danau Poso

Terdapat berbagai macam fasilitas yang tersedia di sekitar Danau Poso untuk memenuhi kebutuhan kamu. Pada kawasan ini sudah ada hotel, wisma, homestay, rumah makan dan panggung untuk pertunjukan seni.

Sementara itu, ada fasilitas seperti toilet dan tempat ibadah, sejauh ini sudah tersedia. Namun, kamu akan sedikit kesulitan untuk menemukan fasilitas yang sepi saat acara festival. Mengingat banyaknya para pengunjung bahkan mencapai ribuan orang.

Dengan adanya keindahan wilayah danau serta keseruan acara festival ini. Maka para wisatawan akan dibuat betah untuk tinggal lebih lama. Berbagai macam aktivitas saat Festival Danau Poso sangat menarik untuk diikuti mulai dari awal sampai akhir.

Originally posted 2022-08-13 00:59:10.