Tipe Akomodasi Liburan Paling Nyaman untuk Menginap
image source: pexels.com

Akomodasi Liburan Paling Nyaman untuk Menginap

Akomodasi liburan paling nyaman untuk menginap menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin menginap dengan nyaman dan sesuai kebutuhan. Selain itu, memilih jenis penginapan yang tepat juga bisa membantu dalam menyesuaikan pengeluaran dengan budget.

Meskipun berfungsi sama yaitu sebagai tempat menginap, namun tipe-tipe akomodasi sendiri cukup beragam dan berbeda satu dengan lainnya. Tentu saja setiap jenis penginapan ini memiliki fasilitas maupun pelayanan berbeda-beda.

Umumnya, kamu bisa memilih berbagai jenis tempat penginapan ini secara online melalui aplikasi-aplikasi tertentu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui beragam informasi termasuk harga sewa sebelum melakukan pemesanan.

Akomodasi Liburan Paling Nyaman

Memilih tipe akomodasi untuk liburan merupakan hal yang perlu diperhatikan jika ingin bermalam dengan nyaman. Berikut adalah beberapa jenis penginapan paling banyak dipilih oleh wisatawan jika ingin bermalam selama berlibur di kawasan wisata.

1. Hotel

Hotel merupakan bangunan komersial yang tersedia bagi para tamu sehingga selain menginap, namun juga mendapatkan pelayanan. Bangunan hotel sendiri biasanya bertingkat dan memiliki banyak kamar.

Tipe akomodasi liburan ini memiliki kategori mulai bintang satu hingga lima berdasarkan fasilitas, jumlah, hingga luas kamar. Harga setiap kategori juga sudah tentu berbeda, misalnya hotel bintang lima yang mewah akan jauh lebih mahal dibandingkan kategori di bawahnya.

Setiap hotel juga memiliki fasilitas sangat beragam dengan staf-staf yang akan membantu memenuhi kebutuhan tamu. Beberapa fasilitas umum di hotel seperti restoran, kolam renang, ruangan rapat, dan masih banyak lainnya.

2. Hostel

Tipe akomodasi liburan satu ini cukup populer terutama untuk solo traveller atau yang hanya memiliki budget pas-pasan. Hal ini karena hostel menjadi tempat menginap dengan harga sangat terjangkau.

👉 BACA JUGA  Ini Dia 7 Rekomendasi Hotel Bambu Bali yang Mempesona

Konsep hostel biasanya seperti asrama dengan ranjang bertingkat-tingkat sehingga dapat diisi oleh tiga orang lebih. Selain ranjang, ada juga fasilitas lainnya seperti kamar mandi maupun loker-loker yang tersedia dalam jumlah banyak.

Selain itu, biasanya hostel juga memiliki dapur umum maupun ruang-ruang komunal lainnya untuk semua tamu. Ruangan yang digunakan untuk bersama juga memungkinkan kamu berkenalan dengan tamu-tamu lainnya.

3. Homestay

Homestay atau juga sering disebut guest house merupakan tipe akomodasi liburan lainnya yang sering dipilih oleh para wisatawan. Homestay sendiri merupakan rumah dengan beberapa kamar yang sengaja disewakan untuk menginap para wisatawan.

Tarif sewa homestay memang beragam, namun relatif lebih murah sehingga cocok bagi kamu yang datang rombongan namun memiliki biaya terbatas. Kamu bisa menyewa per kamar atau satu rumah sesuai dengan kebutuhan.

Jika dibandingkan dengan hotel, fasilitas pada homestay sudah tentu berbeda. Meski demikian, kamu tetap bisa merasakan pengalaman liburan mengesankan karena bisa merasakan menjadi warga setempat.

4. Villa

Villa umumnya berada di kawasan sepi dan jauh dari aktivitas kota, misalnya berada di pegunungan maupun pantai. Villa sendiri berbentuk seperti rumah dengan beberapa kamar, ruang keluarga, dapur, hingga kolam renang.

Pilihan tipe akomodasi liburan ini sangat cocok jika kamu ingin staycation bersama keluarga maupun teman-teman terdekat. Menginap di villa akan membuat waktu berlibur bersama orang-orang terdekat menjadi lebih seru.

5. Resort

Resort memiliki konsep seperti hotel, namun lebih mengutamakan fasilitas-fasilitas untuk hiburan. Resort sendiri akan lebih banyak kamu temukan di tempat-tempat yang cukup dekat dengan objek wisata.

Resort memiliki fasilitas yang sangat memadai, bahkan tidak jarang juga lebih lengkap jika dibandingkan hotel bintang lima. Tentu saja harga sewa kamar per malam sangat mahal sebab memiliki fasilitas mewah dan berada di tempat strategis.

👉 BACA JUGA  6 Pilihan Hotel Labuan Bajo dengan View Laut yang Mempesona

6. Cottage

Tipe akomodasi liburan satu ini umumnya berada di kawasan tenang dengan bangunan sederhana namun unik. Meskipun begitu, cottage tetap menjadi pilihan bermalam yang memberikan kenyamanan untuk tamu.

Bangunan cottage berbentuk seperti pondok-pondok kecil yang terpisah-pisah sehingga privasi setiap tamunya bisa terjaga. Sayangnya, kamu harus menyiapkan budget lebih sebab biaya sewa yang ditawarkan jauh lebih mahal jika dibandingkan hotel.

7. Bungalow

Bungalow memiliki konsep yang hampir sama seperti cottage, hanya saja berbeda dalam interiornya. Umumnya bungalow hanya memiliki satu bangunan tunggal dan tidak memiliki sekat di dalamnya.

Tipe akomodasi ini juga berkonsep tradisional dengan area teras cukup luas sehingga dapat digunakan para tamu untuk bersantai. Sementara itu, harga sewa untuk bungalow tidak jauh berbeda dengan cottage.

Setiap jenis penginapan memiliki fasilitas dan harga berbeda-beda sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Jika memilih tipe akomodasi liburan yang cocok, maka bermalam bisa lebih berkesan dan nyaman.