5 Transportasi Ala Backpacker yang Bisa Kamu Coba
image source: unsplash.com

5 Transportasi Ala Backpacker yang Bisa Kamu Coba

Transportasi ala backpacker selalu terkesan keren dimata para traveler biasa. Bukan tanpa alasan, para traveler ini bisa bepergian jauh bahkan hingga ke luar negeri tanpa biaya besar sama sekali. Tidak hanya orang luar negeri saja, ada banyak juga orang Indonesia yang melakukannya.

Apakah kamu juga berminat menjadi seorang backpacker? Jika kamu ingin menjadi seorang backpacker, kunci utamanya adalah menggunakan transportasi dengan harga yang terjangkau. Namun tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana cara mendapatkan penawaran harga terbaik dari tiap-tiap kendaraan tersebut.

Sebenarnya semua jenis kendaraan biasa digunakan oleh para backpacker. Namun cara mereka untuk mendapatkan layanan dari kendaraan tersebut memang berbeda. Tentunya kamu harus memahami teknik atau cara cara ini dengan seksama.

5 Transportasi Ala Backpacker di Berbagai Belahan Dunia

Dikutip dari berbagai sumber, kami telah mengumpulkan beberapa tips kendaraan yang biasa digunakan oleh para backpacker di berbagai belahan dunia. Jika kamu berminat untuk terjun ke dalam hobi satu ini, memahaminya tentu merupakan sebuah kewajiban.

Namun ternyata tiap tiap kendaraan mengharuskan kamu untuk memahami regulasi dari masing-masingnya terlebih dahulu. Penasaran apa saja dan bagaimana caranya? Simak panduan selengkapnya di bawah ini.

1. Mobil

Jenis kendaraan pertama yang biasa digunakan oleh para backpacker adalah mobil. Kita semua tahu kalau mobil ini merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Ketika kamu menjadi backpacker, jangan membawa mobil sendiri.

Kamu bisa meminta bantuan dari mobil-mobil yang melewati. Sederhananya nebeng menjadi solusi terbaik yang bisa dipilih. Tentu saja tidak semua kendaraan bisa kamu mintai pertolongan. Namun dari sekian banyak kendaraan yang lewat, pasti ada yang bersedia memberikan bantuan.

👉 BACA JUGA  Tips Naik Pesawat untuk Pemula yang Bisa kamu Lakukan

Dengan menggunakan metode satu ini, kamu bisa menghemat biaya yang lumayan besar. Bahkan dengan cara ini saja, kamu bisa menempuh perjalanan jauh tanpa ribet sama sekali. Beberapa backpacker mengaku tidak membawa uang sama sekali untuk mencapai destinasi yang jauh.

2. Truk

Transportasi ala backpacker selanjutnya adalah truk, metode penggunaan truk ini kurang lebih sama dengan penggunaan mobil. Jadi kamu hanya tinggal meminta bantuan kepada truk yang lewat agar membawa kamu dari satu titik ke titik lainnya.

Tapi tentu saja memilih truk seperti ini tidak boleh sembarangan. Kamu harus pandai memilih truk yang bersih agar pakaian dan penampilan kamu tidak kotor. Pilih truk yang membawa muatan bersih agar tidak memberikan bau terhadap pakaian kamu.

3. Bis

Transportasi ala backpacker lain yang biasa digunakan adalah bis. Ada banyak sekali bis yang bisa kamu gunakan di Indonesia ini. Dari mulai bis jasa transportasi, bis jemputan dan berbagai jenis bis lainnya. Metode untuk menggunakan layanan bis ini kurang lebih sama dengan langkah langkah yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Tapi tidak semua bis bisa memberikan fasilitas bantuan. Umumnya hanya bis jemputan karyawan dan pegawai saja yang bisa memberikan bantuan. Karena bis jasa transportasi mengharuskan kamu untuk melakukan pembayaran atau ongkos.

Tapi bis transportasi juga bisa memberikan biaya jasa yang lebih terjangkau jika kamu mau melakukan negosiasi sejak awal. Namun potensi kesuksesan dari cara satu ini terbilang tidak begitu efektif dan tidak banyak backpacker yang melakukannya.

4. Kereta

Jenis transportasi ala backpacker lainnya adalah kereta api. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jalur kereta api terpanjang di dunia. Jika kamu memilih transportasi satu ini untuk bepergian, ini merupakan pilihan terbaik.

👉 BACA JUGA  Transportasi Perjalanan Wisata Lampung, Kamu Harus Tahu

Tidak hanya itu saja, biaya yang dibebankan untuk para pengguna kereta api juga sangat terjangkau. Untuk layanan ekonomi, tiketnya berkisar di harga 10 hingga 20 ribu saja. Tidak heran kalau kendaraan ini juga banyak digunakan oleh para backpacker.

5. Sepeda Motor

Kendaraan transportasi ala backpacker selanjutnya adalah motor. Tidak sedikit backpacker yang menggunakan kendaraan roda dua satu ini untuk mencapai tujuan mereka. Tentu saja mereka juga sudah melakukan modifikasi khusus terhadap kendaraan sehingga nyaman digunakan jarak jauh.

Selain memberikan biaya yang jauh lebih terjangkau, penggunaan motor juga jauh lebih efektif karena bisa menjangkau wilayah terpencil tanpa ribet. Kalau kamu tidak membawa motor sendiri, kamu juga bisa meminta bantuan kepada para pemotor untuk mengantar ke titik wilayah tertentu.

DI beberapa wilayah perairan, perahu juga menjadi kendaraan yang tidak kalah populer di kalangan para backpacker. Namun jenis kendaraan transportasi satu ini memang tidak lumrah di Pulau Jawa, tapi di Kalimantan, transportasi ala backpacker tersebut masih banyak digunakan.