Yeh Panes Penatahan, lokasi wisata air panas yang berkhasiat

Yeh Panes Penatahan adalah sebuah objek wisata sumber air panas yang berada di Desa Penataan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Sumber air panas atau yeh panes Penatahan ini memiliki keunikan, yakni sumber air panas alaminya keluar dari bawah pohon beringin dan dari dalam pura. Dan sudah ada semenjak masa penjajahan dulu, dikabarkan tentara Jepang dahulu suka berendam di air panas ini. Luas objek wisata ini kurang lebih 1,3 Hektar, dan mulai di garap dengan serius serta di tata dengan beragam fasilitas mulai tanggal 26 Januari 1993 oleh Gubernur Bali saat itu yakni Prof. Dr. Ida Bagus Oka.

Tempatnya sangat indah dengan alamnya yang masih alami, hijau dan segar. Di dukung oleh kontur tanah di daerah ini yang berbukit-bukit dengan pemandangan alamnya yang indah. Derah di sekitarnya terdapat persawahan yang bertingkat-tingkat atau dikenal dengan terasiring bisa ditemui di sepanjang Sungai Ho Mata. Sumber air panas di Yeh Panes Penatahan ini diyakini memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Natural Hot Springs & Spa adalah salah satu yang mengelola Yeh Panes Penatahan menjadi lebih baik dan profesional. Saat ini Yeh Panes Penatahan menjadi tempat air panas satu-satunya yang di desain khusus untu spa di Bali. Adapun setiap spa dipisahkan oleh pagar bambu tradisional dengan masing-masing spanya dilengkapi juga dengan blower dan jet. Untuk anak-anak disediakan juga kolam renang khusus demi keamanannya.

Pada setiap upacara di Pura Batukaru yang jatuh setiap 210 hari tepatnya pada Umanis Galungan, Yeh Panes Penatahan akan semakin ramai di kunjungi wisatawan. Banyak pengunjung yang datang kembali ke Yeh Panes Penatahan karena merasakan khasiatsetelah berendam disini. Hal ini tidaklah berlebihan karena Yeh Panes Penatahan telah diteliti oleh Dinas Kesehatan Tingkat I Provinsi Bali. Dan dari hasil penelitian Dinas Kesehatan Provinsi Bali tersebut dinyatakan bahwa air di Yeh Panes Penatahan mengandung belerang, potasium, dan sodium. Kandungan mineral tersebut sudah terbukti baik bagi kesehatan kulit dan tubuh.

Yeh Panes Penataan yang berada di Desa Penataan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan ini bisa ditempuh dari ibukota Denpasar dengan waktu sekitar 30 menit dan kurang lebih 41 km. pilihan transportasi bisa menggunakn kendaraan roda empat maupun roda dua yang bisa di dapatkan di kota terdekat. Jika tidak tersedia kendaraan pribadi amaupun sewaan wisatawan bisa  memilih kendaraan umum yang berangkat dari teminal Tualikang, Tabanan dan rutenya melalui kawasan Yeh Panes. Obyek wisata Yeh Panes Penataan juga berdekatan dengan obyek-obyek wisata lainnya seperti Pura Batukaru, Jatiluwih, Alas Kedaton, Bedugul, Puri Kerambitan dan Pura Tanah Lot sehingga selain mengunjungi lokasi wisata Yeh Panes Penataan wisatawan juga bisa melanjutka perjalanan ke tempat wisata lainnya yang berdekatan.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,