10 Wisata Kuliner Banjarnegara Yang Wajib Dicoba

Wisata kuliner Banjarnegara

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten yang berada di sebelah selatan Jawa Tengah. Kabupaten yang berada di jalur selatan pulau Jawa ini memiliki banyak wisata terkenal seperti Dieng Plateau dan Kawah Sikidang. Namun, selain berbagai lokasi wisata tersebut, ada banyak wisata kuliner Banjarnegara yang wajib anda coba saat berkunjung ke kota Dawet Ayu ini.

1. Warung Soto Krandegan

Wisata kuliner Banjarnegara

Wisata kuliner Banjarnegara yang pertama wajib anda coba adalah sotonya. Kuliner tanah air memang tidak lepas dari menu soto, namun siapa sangka jika banyak jenis soto dengan citarasa yang berbeda seperti Soto Warung Krandegan ini. Lokasinya sangat mudah karena banyak ditemukan di alun-alun Banjarnegara.

Soto krandegan Banjarnegara merupakan hidangan soto yang kuahnya merupakan kuah santan kental yang disajikan dengan ketupat, tauge serta potongan daging sapi yang empuk dan jelas memanjakan selera. Apalagi ketika disajikan dengan sedikit tetesan jeruk nipis, maka rasanya semakin segar. Harganya yang terjangkau tidak akan memberatkan kantong anda saat travelling.

2. Combro Kalipalet

Wisata kuliner Banjarnegara

Tak hanya hidangan berat saja yang dapat mengisi petualangan wisata kuliner Banjarnegara anda disana, anda juga bisa menikmati makanan ringan atau snack yakni Combro Kalipalet. Makanan ringan ini merupakan makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dengan cabe rawit. Apalagi jika hidangan combro tersebut dinikmati dengan es teh manis khas daerah Banjarnegara.

Untuk berburu combro khas Banjarnegara ini, anda bisa mengunjungi Argasoka, Kalipalet atau Karangrengah. Anda juga bisa mengunjungi lokasi tersebut sebelum kembali ke kota asal sebagai oleh-oleh khas Banjarnegara yang takkan ditemukan di daerah lain.

3. Bakso Ketupat

Wisata kuliner Banjarnegara

Untuk lokasi wisata kuliner Banjarnegara yang popular dan direkomendasikan oleh orang Banjarnegara sendiri maupun mereka yang pernah mengunjungi Banjarnegara adalah Bakso Ketupat yang terletak di belakang Polres. Warung bakso yang tidak pernah sepi pengunjung ini, dijual dengan harga yang terjangkau yakni dengan harga Rp. 10.000 saja dan anda pun sudah kenyang.

Seperti namanya, bakso ketupat ini dihidangkan dengan semangkok bakso dan kuah kaldu sapi kental, ditambah dengan potongan ketupat. Baksonya yang empuk ditambah ketupat serta kuahnya yang gurih membuat menu ini sangat cocok untuk hidangan makan siang karena sudah pasti mengenyangkan.

4. Saung Bu Mansyur

Wisata kuliner Banjarnegara

Rekomendasi menu makan siang saat anda berada di Banjarnegara selanjutnya adalah Saung Bu Mansyur. Saung Bu Mansyur ini memiliki konsep yang sangat nyaman untuk anda sekeluarga makan siang karena terletak diantara persawahan dan juga kolam ikan. Lokasinya berada di Jl. Kedasih No. 55 Tretek, Parakancanggah, Banjarnegara.

Berbagai menu tradisional Jawa Tengah mulai dari menu lokal hingga menu yang umum ditemukan seperti Ca Kangkung, Ikan Goreng dan Sambal bisa anda pilih. Harganya? Sudah pasti terjangkau. Keberadaannya di Google Maps juga mudah ditemukan sehingga anda takkan kesulitan untuk mengunjungi Saung Bu Mansyur yang terkenal ini sebagai tujuan wisata kuliner Banjarnegara.

5. Rumah Kopi 2 Banjarnegara

Wisata kuliner Banjarnegara

Bagi penikmat kopi yang ingin merasakan nikmatnya kopi organik khas Banjarnegara mulai dari Kopi Kalibening, Balun, Wanayasa, Kasmaran, dan Babadan. Kopi 2 Banjarnegara ini terletak di tengah Kota Banjarnegara, yakni di Jl. Dipayuda 2A Banjarnegara. Hal unik lainnya dari warung kopi ini adalah pemiliknya yakni musisi band rock, Powerslaves, yakni Wiwiex Soedarno.

Selain mendukung kopi lokal dalam menunya, anda juga bisa menikmati Accoustic Live Music setiap harinya sehingga membuat nyaman berlama-lama di kedai kopi ini. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan kunjungi Rumah Kopi 2 Banjarnegara selamaperjalanan wisata kuliner Banjarnegara anda.

6. Buntil Banjarnegara

Wisata kuliner Banjarnegara

Buntil, mungkin makanan yang terkesan jadul dan mulai jarang ditemukan. Namun, makanan yang berupa santan dari daun singkong ini pastinya digemari oleh mereka yang menyukai makanan gurih pedas. Buntil sendiri merupakan langganan khas Banjarnegara meski juga ditemukan di berbagai daerah di Jawa Tengah.

Anda bisa menemukan Buntil Banjarnegara di berbagai lokasi di Banjarnegara mulai dari warung makan hingga warung pinggir jalan. Nasi putih hangat dinikmati bersama petai dan ikan teri membuat para penikmatnya jatuh cinta dengan cita rasa Buntil khas Banjarnegara.

7. Roman Cafe and Resto

Wisata kuliner Banjarnegara

Tak hanya makanan tradisional saja yang menjadi andalan wisata kuliner Banjarnegara karena ada juga tujuan kuliner dengan sentuhan ala Cafe seperti Roman Cafe and Resto. Sebuah restoran dan kafe yang diatur sedemikian rupa agar tampak romantis ini menyediakan berbagai menu andalan seperti ayam bakar madu yang menjadi menu populer di tempat ini.

Lokasi dari Roman Cafe and Resto ini ada di Jl. Sunan Ampel No. 5, Pabuwaran, Purwokerto. Hidangan es seperti Soup Durian bisa anda nikmati dan juga banyak promo yang diberikan untuk hari-hari tertentu.

8. Mei Ongklok

Wisata kuliner Banjarnegara

Jenis Mei yang satu ini hanya ada di daerah sekitar Banjarnegara, Purwokerto dan juga Cilacap. Ya, Mie Ongklok bersama dengan sate dan kuah pedas akan menjadi hidangan malam yang cocok untuk anda yang bisan dengan hidangan nasi. Keunikan Mie Ongklok ini ada pada penyajiannya yakni mie dikocok dengan bumbu-bumbunya.

Mie Ongklok sendiri terdiri dari Mie, daging ayam, daging sapi, ebi, sawi dan kol serta diberi kuah kacang kental yang menggugah selera. Ditambah sate sebagai lauknya, anda bisa menikmati Mie khas Banjarnegara ini di Semampir, Kecamatan Banjarnegara. Salah satu rekomendasinya adalah Mi Ongklok Pak Tugi.

9. Mendoan

Wisata kuliner Banjarnegara

Apabila anda mengira mendoan adalah tempe yang digoreng dengan lapisan tepung diluar, maka anda salah. Mendoan berasal dari kata mendo yang artinya setengah matang dan itulah yang akan anda dapatkan ketika menikmati mendoan khas Banjarnegara dan sekitarnya. Tempe yang dipotong tipis dan lebar dengan tepung bumbu ini digoreng setengah matang.

Kelezatan mendoan ini akan semakin nikmat apabila dinikmati selagi hangat dengan sambal kecap. Anda juga bisa membeli mendoan mentah yang umumnya dibungkus daun pisang yang dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk lokasinya, anda bisa menemukannya di sepanjang jalan Banjarnegara.

10. Dawet Ayu Banjarnegara

Wisata kuliner Banjarnegara

Dikenal sebagai kota Dawet Ayu, jelas es Dawet Ayu yang manis khas Banjarnegara ini menjadi salah satu wisata kuliner Banjarnegara. Harga yang sangat terjangkau yakni Rp. 3000 hingga Rp. 5000 saja, anda sudah bisa mendapatkan minuman merakyat yang segar ini. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di sepanjang jalan Banjarnegara.

Es Dawet Ayu sendiri merupakan sajian khas es tradisional yang terdiri dari ketan yang berbentuk kacang, kuah santan dan diberi saus gula aren yang biasanya diberi potongan buah nangka atau bahkan juga seringkali dikombinasikan dengan durian. Kombinasi lainnya yang bisa anda temukan juga berupa tambahan tape ketan yang membuat kuahnya semakin segar.

Itulah 10 kuliner khas Banjarnegara yang wajib anda coba bila berkunjung ke Banjarnegara. Jangan sampai anda melewatkannya karena jarang menu-menu khas tersebut anda temukan di sekitar kediaman anda.

Tag: