Bukit Jambul, kawasan bukit indah menghijau dengan pemandangan laut lepas

Bukit Jambul adalah salah satu objek wisata perbukitan di Bali letaknya berada di antara dua desa yakni Desa Pesaban dan Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Layaknya objek wisata perbukitan lain di Bali, Bukit Jambul juga menawarkan panorama yang indah paduan antara perbukitan, persawahan terasering, lembah, dan pemandangan laut yang indah. Karena ke elokan alamnya Bukit Jambul sering di gunakan pengunjung untuk peristirahatan dan empat persinggahan, letaknya yang berada di ketinggian 500mdpl, membuat Bukit Jambul pemandangan alam yang indah dan memiliki hawa yang sejuk. Dari atas Bukit akan terlihat lembah, hamparan bukit serta sawah yang membentang. Gugusan pulau Nusa Penida akan tampak dari atas dan berada di kejauhan, memanjakan mata para pengunjung yang rindu akan pemandangan laut lepas.

Menurut orang tua desa Paseban yang masih hidup, Bukit jambul sudah ada dan keindahannya di kenal banyak orang sejak jaman penjajahan Belanda, hal ini bisa terlihat dengan adanya pengunjung yang datang pada masa itu. Dan salah satu pengunjung tersebut adalah menamakan bukit di Desa Paseban itu Bukit Jambul. Selain itu nama Bukit Jambul juga tidak terlepas dari keadaan di sekitar bukit tersebut.

Bukit yang tinggi, diatas puncak bukit tersebut terdapat sebuah pura bernama Pura Puncak Sari dan di sekitar pura di kelilingi oleh pepohonan yang besar dan lebat  sementara di bawah pura terdapat persawahan penduduk. Pura dan pepohonan di sekitarnya yang  kontras menyembul di antara persawahan inilah yang selintas menyerupai Jambul. Dan dinamakanlah bukit tersebut bukit jambul.

Dulu sebelum di kenal dengan nama Bukit Jambul, lingkungan persawahan tersebut dikenal bernama Babad Kelod. Sementara tegalan atau persawahannya yang berada di utara jalan di namakan Babakan Kaja. Sekarang semua tempat tersebut menyatu dalam satu kawasan yang di sebut dengan Bukit Jambul. Untuk menikmati Bukit jambul yang sesungguhnya adalah ada di subuh sampai pagi hari dimana suasana akan begitu tenang dengan cuaca yang segar dan bersih serta burung yang berkicau bersahut-sahutan menyambut pagi di Bukit Jambul yang kadang berselimut kabut tipis yang indah.

Untuk menuju kawasan Bukit Jambul yang terletak di Desa Pesaban dan Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem ini jika di tempuh dari Semarapura yang merupakan ibukota kabupaten klungkung berjarak sekitar 12 km. Sementara jika dari Denpasar berjarak sekitar 51 km. Sebagai objek wisata Bukit Jambul sangat mudah di capai oleh kendaraan mobil maupun motor karena jalan untuk menuju Bukit ini berkualitas cukup dan lokasinya berada di pinggir jalan. Selain itu tempatnya masih satu jalur dengan Pura Besakih sehingga pengunjung bisa melanjutkan wisata ke Besakih.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,