Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi yang Nyaman untuk Perjalanan
image source: unsplash.com

Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi yang Nyaman untuk Perjalanan

Tips memilih kursi kereta untuk perjalanan kamu gar lebih nyaman dan aman. Ketika berlibur menjadi rutinitas yang umum untuk menyegarkan badan dari penat bekerja, dengan maraknya online travel agen (OTA), tentu memudahkan kamu untuk liburan.

Kamu hanya diminta untuk berbekal smarthphone kamu dan koneksi internet yang stabil, kamu bisa memilih tempat duduk yang nyaman selama di kereta api. Hal ini bisa dilakukan melalui aplikasi atau melalui situs terpercaya.

Namun, memilih tempat duduk yang salah bisa membuat kamu tidak nyaman selama perjalanan. Agar perjalanan lebih nyaman kamu bisa mengikuti tips memilih tempat duduk kereta api.

Tips Memilih Kursi Kereta Api Ekonomi yang Nyaman

Tips ini mudah untuk dilakukan dan tidak menyulitkan kamu sebagai calon penumpang. Liburan yang nyaman pastinya perlu pengorbanan sedikit untuk mendapatkan pelayanan terbaik ketika naik kereta, tip memilih kursi tersebut yaitu:

1. Beli tiket kereta secara online

Tips memilih kursi kereta yang pertama adalah dengan membeli tiket kereta secara online. Langkah pertama ini untuk mendapat tempat duduk yang nyaman dengan membeli tiket secara online.

Ini bisa kamu lakukan di berbagai platform, serta aplikasi tiket online, KAI Acces, hingga melalui website resmi milik PT KAI. Dengan membeli tiket secara online, bisa menyesuaikan tempat duduk kereta sesai keinginan di setiap gerbong.

Selain hal itu, kamu bisa mengetahui kapasitas tempat duduk yang tersedia pada setiap gerbong. Tempat duduk memang menjadi hal penting ketika kamu menginginkan kenyamanan disetiap perjalanan.

👉 BACA JUGA  5 Transportasi Ala Backpacker yang Bisa Kamu Coba

2. Pilih tempat duduk sesuai arah laju kereta

Tips memilih kursi kereta yang kedua yaitu memilih tempat duduk sesuai arah laju kereta. Jika kamu tidak pernah atau jarang menaiki transportasi berbahan bakar biodesel, kamu akan merasakan pusing.

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memilih tempat duduk sesuai dengan laju kereta ekonomi yang kamu tumpangi. Jika kereta melaju ke timur sebaiknya kamu juga menghadap kearah timur.

Misalnya saja apabila kamu menaiki kereta dari Jakarta menuju ke Yogyakarta, pilih tempat duduk antara 12-19, sementara jika kamu akan duduk kearah barat, kamu bisa memesan tempat duduk bernomor 1-11.

3. Pilihlah tempat duduk dekat jendela

Tips memilih kursi kereta selanjutnya jika kamu menempuh perjalanan yang jauh, sebaiknya kamu memilih tempat duduk yang berada di dekat jendela. Apalagi ketika kamu menaiki kereta saat pagi maupun siang hari.

Dengan duduk didekat jendela, kamu akan disambut dengan pemandangan berupa hamparan sawah sampai pegunungan hijau, dengan memesan tempat duduk dekat jendela, kamu akan terhindar dari rasa bosan.

Supaya kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan hijau selama perjalanan, kamu harus memesan tempat duduk dengan kode A atau D. selain tidak mudah bosan, kamu juga bisa mengisi daya baterai melalui stop kontak yang tersedia.

4. Hindari tempat duduk di dekat bordes dan toilet

Tips memilih kursi kereta selanjutnya yaitu menghindari memilih tempat duduk di dekat bordes dan toilet. Selain melihat panorama yang indah, kamu bisa beristirahat dengan tenang atau tidur dengan nyenyak.

Maka kamu harus menghindari memilih tempat duduk di dekat bodes atau sambungan gerbong dan samping toilet. Sebab pintu sambungan yang dibuka dan ditutup oleh penumpang lainnya akan mengganggu istirahatmu.

👉 BACA JUGA  Booking Tiket Pesawat Termurah Menggunakan 7 Aplikasi Ini

Pastinya juga kamu tidak mau menghirup bau yang kurang sedap ketika duduk di kursi yang berada didekat toilet. Supaya perjalanan nyaman, pilih tempat duduk yang tidak berdekatan dengan keduanya.

5. Menghindari tempat duduk yang terkena sorotan matahari

Tips memilih kursi terakhir yang bisa kamu gunakan ketika menaiki kereta ekonomi, yaitu menghindari tempat duduk yang terkena sorotan matahari secara langsung. Cahaya matahari sebenarnya memiliki banyak manfaat, tetapi juga bisa mengganggu.

Jika kamu menaiki kereta di siang hari atau sore hari, tentu saja cahaya matahari yang menyinari biasanya dihindari oleh banyak orang. Pemilihan tempat duduk ini ternyata juga berpengaruh terhadap cahaya matahari.

Jika kamu ingin beristirahat, tetapi terkena sorotan matahari yang menyengat, kamu bisa terganggu. Oleh karena itu kamu bisa memilih tempat duduk tanpa sorotan matahari di kode C.

Perjalanan menaiki kereta memang sangat menyenangkan terlebih, kereta memiliki jalur khusus yang memungkinkan untuk bebas hambatan. Tetapi kamu perlu mengetahui tips memilih kursi kereta yang nyaman.