Mengetahui Lokasi Festival Budaya Tua Buton dan Waktunya

Mengetahui Lokasi Festival Budaya Tua Buton dan Waktunya

Festival Budaya Tua Buton dikenal sebagai salah satu event atraksi seni dan budaya warisan leluhur eks Kesultanan Buton. Festival ini biasanya akan sebuah acara yang akan menampilkan keanekaragaman budaya sebagai bagian identitas masyarakat Buton.

Festival ini menjadi jalan pertemuan antar budaya Buton dan generasi muda dalam sebuah rangka pewarisan kebudayaan. Diadakan sejak tahun 2013, festival ini diadakan dengan konsep seni yang menampilkan budaya Buton serta nilai sejarah di dalamnya.

Daya Tarik Festival Budaya Tua Buton

Festival ini menjadi salah satu bagian dari kalender tetap Pariwisata Nasional. Pelaksanaan festival ini akan terjadi pada bulan Agustus. Selain sebagai wisata budaya, kuliner, alam, kegiatan festival dikategorikan sebagai wisata sejarah.

Ada berbagai macam kekayaan kebudayaan khas masyarakat Buton yang ditampilkan dalam rangkaian acara dan dihadiri oleh ribuan orang. Festival ini juga pernah mendapatkan rekor MURI untuk jumlah penari terbanyak.

Setidaknya terdapat empat ritual dan tradisi yang akan kamu temui saat festival kebudayaan ini digelar seperti Pedhole-Dhole, Tandaki, Mina, Posuo, dan Pakande-Kandea. Selain itu, kamu bisa melihat berbagai macam kain khas buton yang mempunyai corak unik.

Biasanya penamaan kain akan didasarkan pada jenis flora dan fauna setempat. Motif-motif yang telah tergambar pada kain, bisa menggambarkan identitas sosial si pengguna.

Hanya dengan melihat motif kain yang digunakan, masyarakat Buton akan mengetahui seseorang tersebut sudah menikah atau belum. Bahkan, juga bisa diketahui golongan dari si pengguna apakah termasuk bangsawan atau masyarakat biasa.

Pada Festival Budaya Tua Buton ini, juga hadirkan ratusan penenun asli dari Buton. Bahkan, akan menggunakan alat-alat yang tradisional. Kamu bisa langsung membeli hasil karya perajin ini dan menggunakannya bersama masyarakat sampai penutupan acara festival.

👉 BACA JUGA  Festival Pesona Saronde, Budaya Gorontalo Utara dan Lokasinya

Umumnya, tarian khas Buton akan menjadi salah satu bagian yang tidak terlupakan dalam festival ini. Biasanya, Tari yang ditampilkan dalam acara ini seperti tari Ponare, tari Badenda, dan tari Aliando.

Tari-tarian ini mempunyai nilai masing-masing. Bagi masyarakat Buton, menari seperti bagian dari perwujudan adanya rasa syukur. Salah satu hal yang akan kamu temukan saat datang ke festival Budaya Tua Buton ini, yaitu kehangatan masyarakat yang terlibat.

Terutama saat melakukan tradisi pekande-kandea dimana pengunjung atau tamu saling bersuap makanan. Waktu pelaksanaan cukup lama dan membuat kamu bisa berbincang banyak dengan masyarakat yang terlibat langsung.

Kamu juga bisa merasakan atmosfer kekeluargaan yang hangat pada acara ini. Pada gelaran festival ini, semua penyelenggara akan mengadakan berbagai lomba yang menarik untuk diikuti. Kamu bisa langsung memilih lomba sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Waktu dan Lokasi Festival Digelar

Lokasi pelaksanaan dari kegiatan festival Budaya Tua Buton berada di Alun-alun Takawa. Kabupaten Buton sendiri termasuk salah satu bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan. Agar bisa sampai ke Kabupaten Buton, kamu bisa langsung menggunakan jalur udara.

Lalu turun di Bandara Betoambari yang ada di kota Bau-Bau. Penerbangan menuju Buton umumnya mengharuskan kamu untuk transit di Makassar atau Kendari. Dari bandara, kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan darat menuju Pasarwajo yang termasuk pusat Kabupaten Buton.

Perjalanan ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih hanya satu jam. Agar bisa sampai ke lokasi festival, kamu wajib menyewa kendaraan karena jumlah angkutan umum di Buton masih minim.

Untuk bisa hadir dalam prosesi yang sangat menarik ini, kamu tidak perlu membeli sebuah tiket. Cukup hanya datang dan saksikan seluruh rangkaian acara. Lalu nikmati waktu terbaik kamu untuk berbaur dengan masyarakat yang ada di setempat selama enam hari pelaksanaan kegiatan.

👉 BACA JUGA  Daya Tarik Festival Danau Poso, Waktu dan Lokasinya

Tempat pelaksanaan festival Budaya Tua Buton yang berada di pusat kota, pasti akan membuat kamu terlalu sulit menemukan fasilitas. Misalnya saja seperti toilet, tempat ibadah maupun tempat duduk.

Namun, dengan banyaknya para wisatawan yang hadir saat gelaran acara tersebut. Kamu harus bisa lebih bersabar dan berjuang untuk menemukan fasilitas-fasilitas tersebut.

Festival Budaya ini telah berhasil menarik antusiasme dari berbagai macam golongan. Tidak hanya dalam negeri, wisatawan luar negeri turut hadir dalam gelaran acara ini.

Anda wajib datang agar bisa menikmati serangkaian acara ini dengan bahagia. Festival Budaya Tua Buton ini pelaksanaan berlangsung selama beberapa hari.

Originally posted 2022-08-13 01:11:44.