Mengetahui Jadwal Festival Bunga Tomohon Tahun 2022
image source: tiff.tomohon.go.id

Mengetahui Jadwal Festival Bunga Tomohon Tahun 2022

Festival Bunga Tomohon terkenal sebagai salah satu event yang diselenggarakan oleh pihak Pemerintah Kota Tomohon. Festival ini sudah ada sejak tanggal 8 Februari 2006. Untuk tahun 2022 ini, festival ini akan diselenggarakan tanggal 8-14 Agustus.

Ketika kamu ingin berkunjung ke Tomohon dan bertepatan dengan diselenggarakannya festival tersebut, maka tidak boleh melewatkannya. Di sini tidak hanya ada festival bunga saja, namun penampilan dari berbagai kesenian dan budaya setempat.

Budaya dan Pariwisata Festival Bunga Tomohon

Perlu kamu ketahui, bahwa festival ini termasuk acara yang bertaraf internasional. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pada acara tersebut ditampilkan berbagai kebudayaan yang dimiliki oleh daerah setempat.

Ini bertujuan agar Tomohon lebih dikenal, tidak hanya di wilayah Indonesia saja. Namun, juga sampai di kancah internasional. Festival Bunga Tomohon ini akan langsung digelar di area Jalan Raya Tomohon.

Dikarenakan festival ini termasuk acara bertaraf internasional, maka peserta yang mengikuti festival berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan orang dari berbagai negara. Penampilan pada acara tersebut juga dilakukan dengan berkelompok,

Lokasi dari Festival Bunga Tomohon

Festival bunga ini akan diselenggarakan satu kali dalam setahun, pada bulan Agustus tepatnya tanggal 8-14. Dengan serangkaian acara festival, acara ini membutuhkan waktu sampai lima hari.

Festival ini akan diadakan di sepanjang jalan besar di Kota Tomohon. Tomohon sendiri termasuk salah satu daerah yang letaknya dekat dengan pusat Manado, yaitu berjarak 22 kilometer.

Kamu bisa sampai di Tomohon dalam waktu 45 menit bila berangkat dari Manado. Bagi yang berasal dari luar daerah. Kamu juga bisa melakukan penerbangan dengan tujuan Bandara Sam Ratulangi di Manado.

👉 BACA JUGA  Daya Tarik Festival Danau Poso, Waktu dan Lokasinya

Apabila kamu menggunakan bus, maka waktu perjalanannya mencapai 1 jam. Ongkos transportasi yang harus kamu bayarkan hanya sebesar Rp 30.000. Selain bus, kamu juga bisa naik kendaraan lain misalnya taksi.

Hanya saja, biaya transportasi yang kamu perlukan lebih besar. Apabila kamu tertarik menghadiri festival Bunga Tomohon, maka harus menyiapkan budget minimal Rp 2.250.000.

Biaya ini sangat sebanding dengan berbagai macam acara yang bisa kamu ikuti, apalagi festival bertaraf internasional. Hasil dari tiket masuk ini akan digunakan untuk membantu kelancaran festival tersebut. Salah satunya dalam hal biaya membeli bunga.

Fasilitas yang Ada di Festival

Di sini kamu juga dapat menikmati berbagai sajian kuliner nusantara dalam festival kuliner. Kuliner yang akan disajikan termasuk makanan khas daerah Tomohon. Sehingga bagi kamu yang berkunjung, bisa menambah wawasan tentang makanan khas di Tomohon.

Ada beberapa makanan yang bisa tahan lama, jadi bisa untuk buah tangan. Fasilitas lain uang dibutuhkan untuk menyelenggarakan festival adalah. Penginapan. Sebab, festival Bunga Tomohon dihadiri orang-orang yang berasal dari berbagai daerah luar Tomohon, baik Indonesia maupun mancanegara.

Oleh karena itu, ada penginapan yang dapat dipilih untuk beristirahat ketika acara festival belum berlangsung. Dikarenakan kekayaan bunga di daerah Tomohon, menyebabkan penduduk di daerah setempat bermata pencaharian sebagai petani bunga.

Jadi hasil panen tersebut, akan dijual sehingga menjadi sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi kamu yang ingin sejali membeli bunga sebagai kenang-kenangan, maka bisa memilih beberapa.

Bahkan, sudah ada beberapa petani yang mempersilahkan kamu memetik bunga sendiri. Ketika kamu mengunjungi Tomohon, tidak lupa untuk mampir di pasar Tomohon. Pasar ini termasuk salah satu jenis pasar unik dan jarang ditemukan di Indonesia.

👉 BACA JUGA  Daya Tarik Festival Pesona Selat Lembeh di Kota Bitung

Keunikan ini dapat dilihat dari barang dagangan yang ditawarkan. Di sini sudah banyak ditawarkan berbagai macam daging hewan yang dinilai cukup ekstrim, misalnya saja ular, kelelawar, tikus, anjing, dan hewan ekstrim yang lain.

Bagi kamu yang berasal dari luar daerah pasti akan heran dengan apa yang disaksikan di pasar ini. Namun, hal ini sudah lumrah di daerah tersebut. Bahkan, daging-daging ini termasuk makanan favorit bagi warga setempat dan sering disajikan ketika ada acara tertentu.

Festival ini dikenal sebagai event internasional yang cukup menarik untuk dikunjungi. Meski kamu tidak turut serta menjadi bagian dalam festival tersebut, namun tetap bisa menikmati berbagai sajian atraksi kebudayaan.

Apalagi dengan keindahan parade yang ada di acara tersebut. Umumnya, festival ini diadakan sekali dalam satu tahun. Jadi kamu harus mengetahui kapan Festival Bunga Tomohon ini akan diadakan kembali.

Originally posted 2022-08-13 00:15:25.