Itinerary Jakarta-Garut 2 Hari 1 Malam yang Wajib Dicoba
image source: unsplash.com

Itinerary Jakarta-Garut 2 Hari 1 Malam yang Wajib Dicoba

Bagi kamu yang bosan dengan keseharian, cobalah berlibur bersama itinerary Jakarta-Garut. Perjalanan tur wisata selama 2 hari 1 malam bisa dari Jakarta ke Garut bisa sangat menyenangkan.

Kamu bersama keluarga akan berlibur mulai dari gunung hingga kebun binatang bisa dikunjungi dalam 2 hari 1 malam. Karena Kabupaten Garut disebut dengan Swiss van Java-nya Indonesia, kamu bisa berlibur menikmati tempat wisata yang asyik!

Itinerary Jakarta-Garut selama 2 hari 1 malam bisa dinikmati dengan berkeliling ke beberapa tempat wisata dari yang berbau alam sampai wisata buatan menarik lainnya.

Jika berangkat dari Jakarta pukul 06.00 pagi, kamu akan tiba di Garut pukul 10.30 WIB. Kamu bisa memilih beragam tempat wisata mulai dari kawasan puncak Darajat atau Gunung Papandayan.

Jangan lupa untuk tetap mematuhi protocol kesehatan yang ada, ya! Misalnya menggunakan masker, tetap menjaga jarak aman, tidak lupa untuk menjaga kebersihan selalu, serta jangan memaksakan diri untuk bepergian jika kurang enak badan.

Itinerary Jakarta-Garut Liburan 2 Hari 1 Malam

Di bawah ini itinerary liburan ke Garut selama 2 hari 1 malam dengan asumsi keberangkatan dari Jakarta pukul enam pagi. Simak penjelasan berikut ini:

  1. Hari Pertama

  • Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan berada di Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut dan Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan menawarkan banyak daya tarik wisata menyenangkan.

Misalnya Kawah Baru dengan sejarah memiliki warna air hijau kehitaman sampai akhirnya berubah warna menjadi bening tidak memiliki warna sama sekali.

👉 BACA JUGA  Butuh Transportasi Liburan di Bali? Sewa Mobil Saja

Ada juga wisata Hutan Mati yang terkenal akibat dari kebakaran yang disebabkan oleh letusan Gunung Papandayan pada tahun 2002. Kamu sebagai pengunjung wajib tetap menjaga kebersihan dan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk menuju lokasi Hutan Mati.

Itinerary Jakarta-Garut di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan selalu buka setiap hari sejak pukul 6 pagi hingga 4 sore, sedangkan batas pembelian tiket dibuka mulai dari pukul 7 pagi sampai 6 sore jika kamu berminat untuk berkemah di sini.

Untuk harga tiketnya tidak terlalu mahal yaitu hanya Rp20.000 per orang, Rp12.000 untuk kendaraan beroda dua, dan Rp25.000 untuk kendaraan roda empat pada hari biasa. Untuk hari-hari besar atau libur, sudah pasti harga tiketnya akan naik.

Yang mana, tiap orang akan dikenakan biaya Rp30.000, kendaraan bermotor roda dua dikenakan tarif Rp17.000, serta untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp35.000.

  • Darajat Pass

Tempat wisata itinerary Jakarta-Garut selanjutnya yaitu Darajat Pass berlokasi di Jalan Darajat KM 14, Pasirwangi. Tempat wisata ini berjarak 32,1 km dari Gunung Papandayan atau sekitar 1 jam 16 menit lama perjalanan jika menaiki kendaraan bermobil.

Jika kamu tiba di Darajat Pass saat jam makan siang, cobalah Rumah Makan Darajat Pass yang menyediakan banyak makanan berat dan ringan sebagai teman perjalanan.

Di Darajat Pass sangat cocok bagi kamu sekeluarga menikmati daerah hijau atau bermain di Taman Bermain Wisata Darajat Pass. Telusuri jalur-jalur yang diapit rerumputan hijau serta beragam tumbuhan berwarna-warni.

Ada juga kolam renang air panas dengan kedalaman 30 cm, 90 cm, 150 cm, juga 190 cm. ada juga taman air panas bagi yang senang bermain air. Jam buka tempat wisata ini setiap hari dari jam 9 pagi sampai 5 sore dengan harga tiket Rp25.000.

👉 BACA JUGA  Itinerary ke Kepulauan Seribu Selama 2 Hari 1 Malam

Untuk usia 3-10 tahu, Rp30.000 untuk pengunjung di atas 10 tahun di hari Senin sampai dengan Jumat. Sementara bagi para pengunjung di hari libur dikenakan harga tiket masuk yaitu Rp30.000 per orang. harga sudah termasuk akses masuk ke kolam renang air panas.

  • Kampung Sumber Alam

Untuk tempat menginap, kami sarankan ke Jalan Raya Cipanas yang berada di pusat kota. Kunjungi tempat bermalam di Kampung Sumber Alam Resort Garut di Jalan Raya Cipanas 122 Pananjung Tarogon Kaler, Pananjung, Cipanas.

Terdapat tiga jenis penginapan yaitu Deluxe suite, Villa kawung, Bungalow Siceeh. Semua penginapan ini mulai dari harga Rp484.500 per kamar per malam dengan kapasitas berbeda-beda. Di sini, pengunjung sekeluarga bisa menikmati lokasi berfoto ria, memancing, berenang, atau beristirahat dengan nyaman.

  1. Hari Kedua

  • Cipanas

Setelah sarapan dan siap-siap pulang ke Jakarta, selanjutnya dari itinerary Jakarta-Garut yaitu menjelajahi kawasan Cipanas sambil berburu oleh-oleh khas Garut. Misalnya dodol, burayot, dorokdok, chocodot, atau batik.

  • Candi Cangkuang

Tempat wisata ini cukup ikonik di Garut dengan Situs Cangkuangnya yang terkenal. Jarak menuju ke sini yaitu 15,2 km atau sekitar 31 menit. Kamu dapat menikmati suasana tenan juga damai di sini atau naik rakit mengelilingi danau dengan biaya Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Candi ini berukuran 4,5×4 m2 dengan tinggi 8,5 m, berlokasi di Jalan Drajat Leuwigoong, Cangkuang, Leles. Terdapat patung dewa Siwa di dalam candi. Jam operasional buka setiap hari dari jam setengah delapan pagi sampa jam lima sore. Dikenakan tarif senilai Rp5.000 per orang.

Itu dia penjelasan rencana perjalanan wisata Jakarta-Garut yang bisa digunakan. Itinerary Jakarta-Garut selama 2 hari 1 malam ini wajib dicoba berkunjung bersama keluarga atau teman untuk menghilangkan penat.

👉 BACA JUGA  Pesona Pantai Marina Bantaeng dan Aktivitas Wisatanya