Festival Pesona Saronde, Budaya Gorontalo Utara dan Lokasinya
image source: indonesia.travel

Festival Pesona Saronde, Budaya Gorontalo Utara dan Lokasinya

Festival Pesona Saronde dikenal sebagai salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan di Gorontalo Utara. Menjadi sebuah ajang promosi kebudayaan dan wisata bahari agar berhasil memikat wisatawan lokal dan internasional untuk berkunjung.

Pulau Saronde adalah bagian dari kekayaan alam terbaik yang dimiliki oleh Gorontalo. Tempat ini biasanya tidak berpenghuni, keberadaannya juga tidak banyak diketahui oleh khalayak umum.

Festival Pesona Saronde Budaya Gorontalo Utara

Perairan yang begitu jernih, dengan pemandangan terumbu karang yang begitu indah. Setiap tahun warga disini menyelenggarakan agenda tahunan yang bernama Pesona Saronde.

Biasanya, akan menampilkan dan menyajikan berbagai jenis kegiatan menarik untuk promosi keindahan pulau. Misalnya saja seperti pemilihan putra-putri Saronde, lomba perahu, pertunjukan seni dan lainnya.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati kuliner khas yang ada di sana. Kegiatan Festival ini sudah masuk ke dalam penanggalan kalender tahunan daerah Gorontalo Utara.

Kegiatan tahunan dadi Festival ini juga menjadi ajang penampilan kapal pesiar yang berasal dari beberapa Negara. Jadi setiap turis yang datang akan memeriahkan agenda dan tersusun oleh panitia.

Puncak dari perayaan tahunan festival Pesona Saronde yaitu adanya pertunjukkan kembang api. Acara ini diselenggarakan sebagai tanda berakhirnya seluruh rangkaian acara dari pagi hingga malam hari.

Apabila kamu ingin menghadiri festival ini, tentu akan menemukan kesan menakjubkan dengan letusan kembang api di atas langit malam yang menakjubkan. Terletak di tepi pantai, kamu akan merasakan hembusan angin laut dan menikmati setiap ledakan indah dan menjadi momen terbaik yang akan didapatkan.

Sementara itu, festival yang diselenggarakan juga bertujuan untuk keindahan alam yang dimilikinya. Jadi tidak heran bila warga Gorontalo menjadikannya sebagai bagian dari kebanggaan bersama.

👉 BACA JUGA  Mengetahui Lokasi Festival Budaya Tua Buton dan Waktunya

Bahkan, semuanya telah disajikan tampak begitu luar biasa dengan gambaran eksotis dan masih alami belum terjamah. Saat ini sudah banyak sekali spot foto yang bisa kamu jumpai dan jadikan sebagai latar belakang terbaik.

Mulai dari hamparan pasir putih, jembatan kayunya, pemandangan laut lepas, serta keindahan-keindahan bawah laut yang jelas dari atas permukaan air jernih. Jadi dapat dikatakan bila tempat ini menjadi surga bagi fotografer.

Waktu dan Lokasi Digelar Festival

Kegiatan festival Pesona Saronde yang dilaksanakan setiap tahun merupakan bagian dari agenda wajib daerah Gorontalo Utara. Namun, tahun 2022 ini penyelenggaraannya akan terkendala karena beberapa hal yang membatasi.

Lokasinya terletak di daerah Pulau Saronde, sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo. AAP kamu ingin berkunjung dapat langsung melalui jalur darat Kwandang dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.

Jika sudah sampai di pelabuhan, berikutnya melakukan perjalanan laut dengan perahu ketinting. Hanya sekitar satu jam kamu bisa sampai di Pulau Saronde.

Sebagai salah satu acara tahunan yang berhasil menarik banyak perhatian dari dalam atau luar negeri. Festival Pesona Saronde ini akan memberikan tarif setiap tiket masuk.

Namun, tidak belum ada sumber pasti terkait jumlah biaya yang dibebankan bagi pengunjung yang datang saat acara festival ini. Sebagai antisipasi, maka kamu bisa menyiapkan beberapa anggaran untuk biaya masuk yang sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan.

Fasilitas yang Tersedia di Festival

Fasilitas yang sudah tersedia di wisata festival Pesona Saronde sebenarnya cukup lengkap. Panitia penyelenggara bisa langsung mencoba hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mendukung acara terselenggara dengan baik.

Mulai itu dari fasilitas pendukung kegiatan sampai penunjang dapat dinikmati oleh pengunjung yang datang untuk menonton. Fasilitas pendukung misalnya saja seperti alat untuk lomba, pentas pertunjukan seni serta pemilihan putra-putri yang tersedia dengan baik.

👉 BACA JUGA  Mengetahui Jadwal Festival Bunga Tomohon Tahun 2022

Penunjang umum juga telah tersedia misalnya saja seperti toilet, warung, dan juga mushola. Sarana prasarana ini biasanya akan dikelola dengan baik, agar pengunjung merasa nyaman beraktivitas saat festival digelar.

Beberapa gambaran keindahan dan keunikan yang akan ditawarkan di festival ini bisa kamu nikmati dengan mudah. Kegiatan-kegiatan tersebut telah disusun secara matang oleh panitia untuk memeriahkan acara sampai malam penutupan.

Upaya untuk pengenalan wisata bahari dan budaya Saronde saat ini sudah resmi menjadi agenda tahunan wajib Gorontalo Utara. Jadi festival Pesona Saronde ini akan diadakan tiap tahunnya, kamu bisa datang kesana untuk menikmati berbagai kegiatan.

Originally posted 2022-08-13 00:41:58.