Daya Tarik Festival Pesona Selat Lembeh di Kota Bitung
image source: ig @fpslvirtual2021

Daya Tarik Festival Pesona Selat Lembeh di Kota Bitung

Festival Pesona Selat Lembeh dikenal sebagai salah satu festival yang sengaja diselenggarakan oleh pemerintah Bitung. Dalam acara ini banyak sekali perlombaan dan kegiatan-kegiatan menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Festival Pesona Selat meriah ini dikenal sebagai acara tahunan yang rutin digelar sejak tahun 2013 dan tetap berjalan sampai saat ini. Ada banyak hal menarik yang akan ditemukan di festival ini.

Daya Tarik Festival Pesona Selat Lembeh

Festival ini dikenal sebagai acara unggulan kota Bitung yang diramaikan dengan berbagai jenis lomba. Lomba kapal hias termasuk perlombaan yang paling ditunggu di acara ini. Hal ini karena kamu akan melihat kreativitas para nelayan dalam menghias kapalnya.

Selain kapal hias, juga ada lomba lari 10 km. Alasan kenapa kamu harus menghadiri festival ini, yakni adanya perhelatan pentas budaya sangat sayang untuk dilewatkan. Pada pentas seni budaya ini akan langsung ditampilkan tari tradisional daerah, yakni tari kebesaran dan tarian khas dari suku Minahasa.

Selain lomba dan pentas seni budaya, terdapat juga atraksi jet ski yang menarik perhatian para wisatawan. Kegiatan ini akan memacu adrenalin di atas laut ini banyak menyedot perhatian.

Hal ini karena cukup menegangkan baik yang menyaksikan atau yang melakukan atraksi. Selat Lembeh juga merupakan perairan Bitung yang mempunyai beragam biota laut unik dan cantik.

Ada berbagai macam bentuk terumbu karang yang menawan dan menghiasi alam bawah laut Selat lembeh ini. Jadi tidak heran bila festival Pesona Selat Lembeh menjadi pilihan wisatawan baik lokal dan mancanegara untuk menyaksikan biota laut yang unik.

👉 BACA JUGA  Mengetahui Jadwal Festival Bunga Tomohon Tahun 2022

Selain itu, tidak heran bila kawasan wisata Selat Lembeh mempunyai alam yang memukau. Bentangan laut yang biru, pepohonan rindang, pasir putih serta dan suasana masih asri.

Sehingga menjadikan tempat ini sangat istimewa. Belum lagi bersamaan dengan Festival Pesona Selat, maka pemandangan indah serta suasana ramai akan langsung menghiasi tempat ini.

Waktu dan Lokasi Digelarnya Festival

Festival Pesona Selat Lembeh termasuk kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Festival ini akan rutin digelar setiap bulan Oktober. Sama seperti dengan namanya, festival promosi pariwisata ini akan berlangsung di kota Bitung, Sulawesi Utara.

Apabila berada di Manado, kamu dapat mampir sebentar ke kota Bitung untuk menyaksikan Festival Pesona Selat ini. Kamu dapat langsung berangkat dengan kendaraan pribadi dari Manado menuju pelabuhan Kota Bitung selama kurang lebih 40-60 menit.

Kamu juga dapat menaiki bus atau taksi menuju pelabuhan. Sesampainya di pelabuhan, kamu bisa langsung menaiki kapal menuju kawasan wisata Selat Lembeh. Festival Pesona Selat Lembeh ini terbuka untuk umum dan memang harus meramaikan acara tersebut.

Pengunjung tidak perlu membayar harga tiket masuk karena gratis. Pengunjung hanya perlu membayar harga dari transportasi perahu menuju ke Selat Selat Lembeh sekitar Rp 8.000. Selebihnya tidak akan dikenakan biaya apapun selain biaya transportasi.

Fasilitas di Festival Pesona Selat

Festival ini biasanya akan diadakan di Pulau lembeh yang termasuk salah satu Pulau di Sulawesi Utara yang menawan. Meski luasnya tidak seberapa, namun sudah ada fasilitas yang dapat menunjang kegiatan para pengunjung.

Khususnya ketika Festival Pesona Selat tersebut akan digelar. Sebagian besar fasilitasnya seperti gazebo, jembatan yang menghubungkan antara pulau, di dermaga serta juga berbagai warung.

👉 BACA JUGA  Daya Tarik Festival Danau Poso, Waktu dan Lokasinya

Ketika Festival Pesona Selat Lembeh akan selalu ramai apalagi di bagian selat. Ada berbagai macam sarana prasarana yang hadir yakni kamar mandi, tempat berteduh, tempat makan serta penjual oleh-oleh. Selain itu, juga sudah ada juga pentas pertunjukan untuk menampilkan pentas seni budaya.

Beberapa acara menarik Festival Pesona Selat akan bisa kamu nikmati dengan mudah. Kamu dapat langsung menyaksikan berbagai macam kegiatan menarik dan langka tersebut pada bulan Oktober.

Bagi kamu yang ingin mengetahui kegiatan ini bisa langsung cari di website lainnya. Jadi jangan sampai ketinggalan karena acaranya sangat menarik diikuti dan pastinya tidak akan membuat kamu menyesal nantinya.

Sebagai festival yang sudah diakui oleh CoA, Festival Pesona Selat selalu membuat siapa saja tidak untuk melewatkannya. Festival Pesona Selat Lembeh juga diadakan dengan konsep yang menarik.

Originally posted 2022-08-12 23:59:50.