10 Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Wisata Alam di Bogor – Halo sobat petualang! Udah pernah ke Bogor belum nih? Kalau belum, wah sayang banget deh. Soalnya Bogor itu surganya wisata

kirno

IndoHolidayTourGuide | 10 Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Wisata Alam di Bogor – Halo sobat petualang! Udah pernah ke Bogor belum nih? Kalau belum, wah sayang banget deh. Soalnya Bogor itu surganya wisata alam lho! Gak percaya? Yuk, simak 10 wisata alam di Bogor yang wajib banget kamu kunjungi.

Dijamin bikin kamu makin cinta sama alam Indonesia!

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah destinasi wisata alam yang wajib banget kamu kunjungi kalau lagi di Bogor. Lokasinya yang berada di tengah kota bikin tempat ini gampang banget dijangkau. Tapi jangan salah, meski berada di tengah kota, Kebun Raya Bogor tetap menawarkan suasana alam yang asri dan menyegarkan lho.

Kebun Raya Bogor pertama kali didirikan pada tahun 1817 oleh Caspar Georg Carl Reinwardt, seorang ahli botani dari Jerman. Awalnya, kebun raya ini digunakan sebagai tempat penelitian dan pengembangan tanaman perkebunan. Namun seiring berjalannya waktu, Kebun Raya Bogor juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Kebun Raya Bogor memiliki koleksi tanaman yang sangat beragam, mulai dari tanaman hias, tanaman obat, hingga tanaman langka. Total ada sekitar 13.983 spesies tanaman yang tumbuh di sini. Wah, banyak banget ya!

Nah, buat kamu yang suka sama tanaman, jangan sampai melewatkan koleksi tanaman langka di Kebun Raya Bogor. Ada Amorphophallus titanum yang merupakan bunga bangkai terbesar di dunia, lho! Selain itu, ada juga Raflesia arnoldii yang dikenal sebagai bunga terbesar di dunia.

Selain tanaman, Kebun Raya Bogor juga menjadi rumah bagi beragam fauna endemik. Ada rusa timor, kancil, hingga beragam jenis burung yang bisa kamu temui di sini. Seru banget kan bisa wisata sambil belajar tentang keanekaragaman hayati Indonesia?

Gak cuma bisa menikmati pemandangan alam yang indah, di Kebun Raya Bogor juga ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa bersepeda mengelilingi kebun raya, piknik di bawah pohon-pohon rindang, atau sekadar bersantai sambil menikmati udara segar. Pilihan ada di tangan kamu!

2. Curug Bidadari

IndoHolidayTourGuide | 10 Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Masih di Bogor nih, ada lagi wisata alam yang gak kalah seru, namanya Curug Bidadari. Curug ini berlokasi di Sentul, Bogor. Meski lokasinya agak jauh dari pusat kota, tapi keindahan alamnya bikin perjalanan kamu gak sia-sia deh!

Konon katanya, Curug Bidadari ini dulunya adalah tempat para bidadari mandi. Makanya, air terjunnya jernih banget dan dipercaya bisa bikin awet muda. Mau coba berenang di sini gak nih?

Curug Bidadari menawarkan pesona alam yang memukau. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini mengalir deras di antara bebatuan yang ditumbuhi lumut hijau. Sekelilingnya dipenuhi pepohonan rindang yang bikin suasana makin asri. Cocok banget buat kamu yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk kota.

Meski lokasinya di tengah hutan, tapi fasilitas di Curug Bidadari cukup lengkap lho. Ada tempat parkir, toilet, mushola, hingga warung makan. Jadi kamu gak perlu khawatir kelaparan atau kebelet pipis saat lagi asik menikmati keindahan alam di sini.

3. Gunung Pancar

IndoHolidayTourGuide | 10 Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Buat kamu yang suka mendaki gunung, Gunung Pancar bisa jadi pilihan yang tepat nih. Gunung ini berlokasi di Babakan Madang, Bogor. Dengan ketinggian 800 mdpl, mendaki Gunung Pancar bisa jadi tantangan yang seru buat kamu.

Gunung Pancar menawarkan keindahan alam yang masih asri. Di sepanjang jalur pendakian, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan pinus yang menyegarkan mata. Sesekali, kamu juga akan melewati aliran sungai kecil dengan air yang jernih. Seru banget kan?

Selain mendaki, ada banyak aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di Gunung Pancar. Kamu bisa berkemah, bermain flying fox, atau sekadar bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka, Gunung Pancar punya camping ground yang cocok banget nih. Lokasinya berada di tengah hutan pinus yang sejuk dan jauh dari keramaian kota. Dijamin bikin tidur kamu nyenyak deh!

Nah, buat kamu yang suka tantangan, coba deh hiking di Gunung Pancar. Ada beberapa jalur hiking dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Mulai dari yang santai sampai yang bikin kaki kamu pegal-pegal. Tapi tenang aja, pemandangan alam yang indah bakal bikin rasa lelah kamu terbayar kok!

4. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Masih seputar gunung nih, ada lagi wisata alam di Bogor yang wajib kamu kunjungi, yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman nasional ini mencakup dua gunung kembar, yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Ada sekitar 1.000 spesies tumbuhan dan 250 spesies burung yang bisa kamu temui di sini. Beberapa di antaranya bahkan termasuk spesies langka dan endemik, lho!

Buat kamu yang suka mendaki, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango punya beberapa jalur pendakian populer yang bisa kamu coba. Ada jalur pendakian Gunung Gede dan jalur pendakian Gunung Pangrango.

Jalur pendakian Gunung Gede dimulai dari Cibodas. Jalur ini cocok buat kamu yang baru pertama kali mendaki gunung karena medannya gak terlalu sulit. Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati hutan tropis yang rimbun dan menyegarkan.

Nah, kalau kamu sudah berpengalaman mendaki gunung, coba deh jalur pendakian Gunung Pangrango. Jalur ini dimulai dari Selabintana dan medannya lebih menantang dibandingkan jalur pendakian Gunung Gede. Tapi tenang aja, pemandangan alam yang spektakuler bakal bikin rasa lelah kamu terbayar kok!

5. Curug Nangka

Masih di Bogor, ada lagi wisata alam yang gak kalah seru, namanya Curug Nangka. Curug ini berlokasi di Sukajaya, Bogor. Meski gak sepopuler Curug Bidadari, tapi keindahan Curug Nangka gak kalah memukau lho!

Curug Nangka memiliki air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter. Air yang mengalir deras dari atas tebing jatuh ke kolam di bawahnya, menciptakan pemandangan yang memukau. Sekelilingnya dipenuhi pepohonan hijau yang bikin suasana makin asri dan sejuk.

Selain menikmati keindahan air terjun, ada banyak aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di Curug Nangka. Kamu bisa berenang di kolam alami di bawah air terjun, atau mencoba sensasi river tubing yang menantang.

Buat kamu yang suka tantangan, coba deh river tubing di Curug Nangka. Kamu akan diajak menyusuri aliran sungai dengan menggunakan ban dalam bekas. Seru dan menantang banget deh pokoknya!

Buat kamu yang hobi foto-foto, Curug Nangka juga punya banyak spot foto instagramable lho. Ada jembatan gantung yang menghubungkan kedua sisi air terjun, atau batu-batu besar di tengah sungai yang bisa jadi latar belakang foto kamu. Dijamin feed Instagram kamu bakal makin kece deh!

6. Situ Gede

Kalau kamu lagi jenuh sama suasana air terjun dan gunung, coba deh main ke Situ Gede. Situ ini berlokasi di Bogor Barat dan merupakan danau alami terbesar di Bogor, lho!

Situ Gede pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Sultan Agung dari Kesultanan Mataram. Awalnya, situ ini digunakan sebagai tempat penampungan air untuk mengairi sawah-sawah di sekitarnya. Namun seiring berjalannya waktu, Situ Gede juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Situ Gede. Kamu bisa memancing, bersepeda mengelilingi situ, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan danau yang indah.

Buat kamu yang hobi mancing, Situ Gede adalah tempat yang tepat nih. Danau ini dikenal sebagai surganya ikan, lho! Ada banyak jenis ikan yang bisa kamu pancing di sini, mulai dari ikan mas, nila, hingga ikan gabus. Seru banget kan bisa mancing sambil menikmati pemandangan danau yang indah?

Kalau kamu lebih suka olahraga ringan, coba deh bersepeda mengelilingi Situ Gede. Ada jalur khusus sepeda yang mengelilingi danau, jadi kamu bisa bersepeda dengan aman dan nyaman. Sambil bersepeda, kamu juga bisa menikmati udara segar dan pemandangan alam yang menyegarkan mata.

7. Taman Wisata Matahari

Buat kamu yang lagi liburan bareng keluarga, Taman Wisata Matahari bisa jadi pilihan yang tepat nih. Tempat wisata yang berlokasi di Puncak, Bogor ini punya banyak wahana seru yang cocok buat segala usia.

Ada banyak wahana seru yang bisa kamu coba di Taman Wisata Matahari. Mulai dari flying fox, sepeda gantung, hingga arena bermain anak-anak. Seru banget deh pokoknya!

Selain wahana seru, Taman Wisata Matahari juga punya banyak spot foto instagramable lho. Ada taman bunga yang cantik, atau rumah hobbit yang unik. Dijamin feed Instagram kamu bakal makin kece deh kalau foto-foto di sini!

8. Curug Cigamea

Masih di Bogor nih, ada lagi wisata alam yang gak kalah seru, namanya Curug Cigamea. Curug ini berlokasi di Megamendung, Bogor. Meski gak sepopuler Curug Bidadari atau Curug Nangka, tapi keindahan Curug Cigamea gak kalah memukau lho!

Curug Cigamea memiliki air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter. Air yang mengalir deras dari atas tebing jatuh ke kolam di bawahnya, menciptakan pemandangan yang memukau. Sekelilingnya dipenuhi pepohonan hijau yang bikin suasana makin asri dan sejuk.

Selain menikmati keindahan air terjun, ada banyak aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di Curug Cigamea. Kamu bisa berenang di kolam alami di bawah air terjun, atau berpiknik di tepi sungai yang sejuk.

Buat kamu yang suka berenang, Curug Cigamea punya kolam alami yang cocok banget nih. Airnya jernih dan sejuk, dijamin bikin segar! Tapi ingat ya, tetap hati-hati dan jaga keselamatan saat berenang.

Kalau kamu lebih suka suasana yang santai, coba deh piknik di tepi sungai Curug Cigamea. Suasananya sejuk dan menenangkan, cocok banget buat melepas penat dari hiruk-pikuk kota. Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman ya!

9. Danau Quarry Jayamix

Buat kamu yang suka wisata anti-mainstream, coba deh main ke Danau Quarry Jayamix. Danau ini berlokasi di Rumpin, Bogor dan merupakan bekas galian tambang yang sudah tidak digunakan lagi.

Danau Quarry Jayamix dulunya adalah area pertambangan batu split. Setelah tambang ini ditutup, lubang bekas galian tambang terisi air dan membentuk danau yang indah. Kini, danau ini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Meski lokasinya agak tersembunyi, tapi Danau Quarry Jayamix punya banyak aktivitas seru yang bisa kamu coba. Kamu bisa berenang, cliff jumping, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan danau yang unik.

Buat kamu yang suka berenang, Danau Quarry Jayamix punya air yang jernih dan segar banget. Tapi ingat ya, tetap hati-hati saat berenang karena kedalamannya bisa mencapai 5 meter lebih.

Nah, buat kamu yang suka tantangan, coba deh cliff jumping di Danau Quarry Jayamix. Ada beberapa titik lompatan dengan ketinggian yang berbeda-beda. Mulai dari yang santai sampai yang bikin jantung deg-degan. Seru banget deh pokoknya!

10. Curug Leuwi Lieuk

Last but not least, ada Curug Leuwi Lieuk yang gak kalah seru nih. Curug ini berlokasi di Ciampea, Bogor dan menawarkan pesona alam yang masih asri dan alami.

Curug Leuwi Lieuk memiliki air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter. Air yang mengalir deras dari atas tebing jatuh ke kolam di bawahnya, menciptakan pemandangan yang memukau. Sekelilingnya dipenuhi pepohonan hijau yang bikin suasana makin asri dan sejuk.

Selain menikmati keindahan air terjun, ada banyak aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di Curug Leuwi Lieuk. Kamu bisa trekking menyusuri hutan, atau berenang di kolam alami di bawah air terjun.

Buat mencapai Curug Leuwi Lieuk, kamu harus trekking dulu menyusuri hutan selama kurang lebih 30 menit. Tapi tenang aja, pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan bakal bikin rasa lelah kamu terbayar kok!

Setelah capek trekking, kamu bisa berenang di kolam alami di bawah air terjun Curug Leuwi Lieuk. Airnya segar banget, dijamin bikin badan kamu rileks seketika!Gimana, seru banget kan wisata alam di Bogor? Jadi tunggu apa lagi, ayo segera rencanakan liburan kamu ke Bogor dan jelajahi 10 wisata alam yang udah disebutin di atas. Dijamin liburan kamu bakal berkesan banget deh! Jangan lupa ajak teman atau keluarga kamu ya, biar makin seru!

Tags

Related Post