Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional tempat perlindungan dan pelatihan gajah Sumatera.

Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional tempat perlindungan dan pelatihan gajah Sumatera. Reviewed by evacation on . This article We found is mainly about the info of Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional tempat perlindungan dan pelatihan gajah Sumatera.

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) adalah salah satu Taman Nasional yang di miliki oleh Indonesia yang berada dalam wilayah Provinsi Lampung. Luas area Taman Nasional ini mencapai 1.300 km² dan berada di sekitar sungai Way Kambas dan pantai timur Lampung serta di dominasi oleh dataran rendah. Taman Nasional ini merupakan tempat perlindungan bagi Gajah terutama Gajah Sumatera yang akhir-akhir ini semakin terdesak keberadaanya, akibat dari semakin luasnya hutan yang beralih Read More…

Rating: 4

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) adalah salah satu Taman Nasional yang di miliki oleh Indonesia yang berada dalam wilayah Provinsi Lampung. Luas area Taman Nasional ini mencapai 1.300 km² dan berada di sekitar sungai Way Kambas dan pantai timur Lampung serta di dominasi oleh dataran rendah. Taman Nasional ini merupakan tempat perlindungan bagi Gajah terutama Gajah Sumatera yang akhir-akhir ini semakin terdesak keberadaanya, akibat dari semakin luasnya hutan yang beralih fungsi serta gesekan dengan pemukiman penduduk.

Selain sebagai rumah perlindungan bagi Gajah, Taman Nasional ini juga di berdayakan sebagai tempat pelatihan bagi Gajah-Gajah tersebut agar lebih berguna untuk manusia, seperti mengangkut kayu di medan yang sulit untuk di lalui alat pengangkut kayu biasa. Di perkirakan sekitar 200 ekor Gajah Sumatera hidup di dalam hutan Taman Nasional Way Kambas yang lebat.

way kambas 02 » Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional tempat perlindungan dan pelatihan gajah Sumatera.Sejarah Taman Nasinal Way Kambas di mulai pada tahun 1978, dimana di tahun tersebut Way Kambas di usulkan menjadi Taman Nasional melalui surat keputusan sementara pada tahun 1989 serta surat keputusan akhir yang keluar pada tahun 1997. Sementara Pusat pelatihan Gajah  sendiri mulai di resmikan pada tahun 1985, letak tempat pelatihan ini berada 9 km dari pintu masuk Palng ijo. Dengan tujuan menciptakan keuntungan antar Gajah dan Manusia.

Di pusat pelatihan ini para pengunjung juga dapat melihat berbagai atraksi Gajah yang menarik seperti mengangkut kayu yang besar, membajak sawah yang biasanya di lakukan oleh manusia, maupun kegiatan hiburan seperti bermain sepakbola, berjoget dan lain sebagainya. Selain Gajah, di Taman Nasional Way Kambas ini juga terdapat satwa lain yang yang di lindungi dan di biarkan lepas bebas terbuka di alam bebas agar bisa semakin meningkatkan perkembang biakannya.

Satwa-satwa tersebut antara lain Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Tapir, Siamang, berbagai jenis Burung, Anjing Hutan, berbagai jenis Reptil, hewan Amifbi, Ikan dan lain sebagainya. Satwa-satwa tersebut adalah satwa yang langka dan di lindungi  sehingga dengan keberadaanya yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas, diharapkan bisa lebih terlindungi dan terperhatikan. Selain satwa berbagai tumbuhan unik dan langka juga terdapat di Taman Nasional ini seperti api-api, pidada, ketapang, cemara laut, meranti, ramin, puspa dan lain-lain.

Di Way Kanan pengunjung bisa melihat Burung yang langka melaui tempat pemgamatan Burung. Selain itu pengunjung juga bisa melakukan kegiatan mengelilingi hutan yang indah, untuk memasuki dan menjelajahi hutan, maka pengunjung harus di dampingi oleh para pemandu agar tidak tersesat dan menghindari gangguan hewan liar yang hidup di Taman Nasioanal.

Untuk mengunjungi Taman Nasional Way kambas yang indah, maka pengunjung dari kota Bandar lampung bisa menuju arah ke kota  Kota Bumi utara, perjalanan cukup mudah di tempuh karena terdapat marka-marka penunjuk jalan bergambar gajah sampai area Taman Nasional.