Pura Besakih: Eksotisme Bali Untuk Wisatawan

Pura Besakih adalah salah satu tujuan wisata eksotis di pulau Bali. Terletak di lereng Gunung Agung yang merupakan gunung terbesar di Bali, Pura Besakih menawarkan panorama yang indah. Gunung Agung yang menjulang tinggi berpadu dengan megahnya kompleks pura. Suasana yang tenang ciri khas pedesaan, serta segarnya udara khas pegunungan semakin menambah religius suasana yang di ciptakan oleh Pura yang merupakan Pura terbesar di Bali ini.

Untuk menuju desa besakih yang terdapat di kecamatan rendang kabupaten Karangasem, tempat Pura Besakih ini berada tidaklah terlalu sulit. Dari ibu kota provinsi, Denpasar hanya berjarak 25 kilometer, Sementara dari Kuta di butuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dan dari Klungkung cukup di tempuh dengan 20 kilometer dari utara kota.

Di pura Besakih ini terdapat banyak kegiatan besar yang di lakukan, seperti contohnya Hari Siwaratri yang merupakan acara perenungan doa yang diselnggarakan tiap 420 hari sekali  dan bertepatan dengan hari ke-14 patuh gelap bulan ketujuh atau panglong ping 14 sasih kepitu kegiatan Siwaratri ini mengandung makna untuk memburu kebaikan atau biasa di sebut juga dengan Dharma.

Ritual berskala besar lain adalah “Betara Turun Kabeh” (BTK) yang jatuh pada Jumat (6/4) lalu. Kegiatan ini di ikuti oleh puluhan pendeta dan ribuan warga Bali termasuk gubernur dan kepala daerah. Dan di selenggarakan tiap satu tahun sekali. Selain Betara Turun Kabeh masih ada juga acara lain seperti upacara Panca Bali Krama yang di selenggarakan setiap sepuluh tahun sekali sementara upacara Eka Dasa Rudra di selenggarakan tiap seratus tahun sekali.

Sedikit tips untuk wisatawan untuk memakai sepatu yang nyaman karena tempat yang di kunjungi akan banyak mengharuskan anda berjalan, lalu siapkan kacamata hitam dan topi untuk menghindari panas, dan disarankan memakai t-shirt untuk kenyamanan. Selain itu disarankan agar mengunjungi pura dengan orang bali asli yang anda kenal atau bisa juga secara rombongan kalau tidak bisa berombongan bisa bergabung dengan wisatawan lain yang bertemu di pura.

Ini untuk mengantisipasi karena sudah banyak kejadian dimana pengunjung yang hanya berjalan berduaan di dekati para ‘oknum’ pemuda setempat yang meminta sumbangan uang untuk pemeliharaan pura secara paksa. Ini jelas tidak di benarkan, jika menemukan hal itu segera hubungi bagian kemananan setempat atau hubungi nomor yang membidangi pengurusan pura.

Memang sangat di sayangkan destinasi wisata seindah Pura Besakih harus di kotori oleh ulah oknum yang kurang bertanggung jawab. Tapi terlepas sisi negatif yang mungkin bisa anda temui, Pura Besakih adalah tetap pura yang indah yang pesonanya tidak akan melunturkan para pecintanya untuk berkunjung.

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,